Kuliah Sambil Cari Uang, Berikut 6 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Siapa bilang kuliah sambil cari uang itu mustahil? Modal kreativitas dan keberanian untuk mengambil risiko akan memudahkan Anda dalam sukses mengelola berbagai macam bisnis sambil sibuk berkuliah. Selain bisa mengisi waktu luang dan menambah pundi-pundi uang, nyatanya ada berbagai macam bisnis untuk mahasiswa yang bisa dicoba. Tidak perlu lagi hidup pas-pasan dari uang saku yang dikirimkan orang tua. 

Jangan takut bisnis malah akan membuat kuliah terbengkalai. Usia yang masih muda membuat mahasiswa menjadi profil pebisnis yang mampu meraih peluang-peluang bisnis yang unik, lho! Jika peluang-peluang tersebut dapat Anda manfaatkan dengan baik, tidak hanya ilmu saja yang bisa Anda raih, keuntungan pun bisa Anda hasilkan. Berikut ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa Anda lakukan secara online sambil kuliah!

Olshop 

Anda bisa menghasilkan uang tambahan sambil kuliah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Contohnya dengan berjualan baju, barang elektronik, dan berbagai produk lainnya di e-commerce. Selain menawarkan barang Anda kepada teman kampus, Anda bisa menawarkannya kepada pelanggan lain yang ada di internet. 

Jika Anda tertarik untuk mengenalkan produk atau jasa yang Anda jual ke publik, Anda bisa membuka toko online melalui marketplace yang tersedia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk mengandalkan media sosial sebagai branding produk atau alat komunikasi dengan pelanggan. Produk atau jasa yang dijual tentu tergantung pada pilihan Anda sendiri. Anda bisa memilih produk yang Anda sukai atau jasa yang sesuai dengan keahlian Anda 

Lihat juga: 6 Tips Sukses dalam Merintis Olshop Baju

Fotografer Freelance

Nah, ini dia bisnis untuk mahasiswa yang lagi populer. Ya, menjadi pekerja lepas atau freelance begitu diminati karena Anda bebas mengatur jam kerja. Anda bisa menemukan info freelance di berbagai situs lowongan kerja, terkhusus situs yang menghubungkan klien dengan pekerja lepas seperti Sribulancer atau Upwork. 

Jika Anda memiliki kamera DSLR dan hobi di bidang fotografi, Anda bisa terjun menjadi fotografer freelance untuk acara-acara seperti pesta pernikahan, seminar, atau talk show di kampus. Minimal, Anda bisa menjual foto-foto terbaik Anda ke website penyedia stok foto yang tersedia di internet.

Tak hanya sebatas sampingan, lambat laun bisnis ini tentu sangat berpotensi untuk menjadi pekerjaan utama Anda karena memang kebutuhan akan jasa fotografer begitu besar di Indonesia. Jika Anda berkomitmen dalam mengerjakannya, Anda bisa mendapatkan standar harga yang cukup tinggi. 

Jual Makanan Kekinian 

Berjualan makanan menjadi bisnis untuk mahasiswa yang tidak akan pernah sepi pelanggan karena makanan adalah kebutuhan setiap orang. Apalagi kalau Anda berhasil menemukan ide menu makanan yang beda dari yang lain, alias punya potensi untuk menjadi viral di internet. Sebut saja makanan seperti es kepal Milo yang sempat booming

Nah, bidang kuliner bisa menguntungkan bagi mahasiswa yang memiliki keterampilan masak, tetapi juga bisa dijalankan oleh mahasiswa yang tidak punya background memasak. Anda bisa membuka jasa catering dengan teman-teman kampus yang lebih mahir memasak. Keren, kan

Anda mungkin tertarik: Tingkatkan Pendapatan Bisnis Makanan dengan Bantuan Ojek Online

Jual Buku Bekas

Siapa bilang menjual barang bekas tidak layak menjadi bisnis untuk mahasiswa? Ya, bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa, kegiatan ini tentu bisa jadi pilihan! Menjual barang-barang bekas yang kondisinya masih terbilang baik dan punya nilai jual yang tinggi tentu akan menghasilkan uang  bagi Anda. 

Jika Anda memiliki sepasang sepatu bermerek yang masih dalam kondisi bagus atau pakaian bekas maupun laptop bekas, Anda bisa menjualnya dengan harga lebih murah daripada harga produk baru. Selain itu, Anda juga bisa menjual kembali buku-buku kuliah dari semester lalu ke adik tingkat. 

Jasa Web Designer 

Bisnis untuk mahasiswa selanjutnya yang bisa Anda lakukan tanpa memakan waktu adalah dengan membuka jasa pembuatan website. Tak diragukan, saat ini banyak orang yang membutuhkan desain website menarik untuk kebutuhan dagang. Sayangnya, untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan keahlian khusus. Jika Anda memilikinya, Anda bisa membuatnya menjadi sumber penghasilan baru!

Kaos Hasil Desain Sendiri

Menjual kaos hasil desain sendiri juga bisa menjadi pilihan Anda untuk mencari uang sambil kuliah. Dengan modal kemampuan dalam bidang desain, Anda bisa membuat desain kaos sendiri untuk dijual. Jika Anda berhasil menemukan sablon kaos yang cocok untuk menjalin kerjasama, Anda tinggal mendesain dan menjualnya. Tidak perlu keluar uang untuk jasa desainer, Anda bisa menjual kaos sendiri. Sungguh menarik, ya? 

Itulah 6 ide bisnis untuk mahasiswa yang layak jadi pertimbangan Anda. Tertarik untuk memulai bisnis online sendiri tetapi tidak punya modal yang cukup? Tenang saja! Ada Modalku yang siap memberikan pinjaman tanpa agunan hingga Rp250 juta. Klik di bawah untuk informasi selengkapnya. 

Ketahui lebih lanjut!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform pendanaan digital bagi UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply