6 Tips Sukses dalam Merintis Olshop Baju

Merintis bisnis dari nol memang bukan hal yang mudah. Banyak orang yang mencari peluang bisnis dengan keinginan mendapatkan modalnya kembali dalam waktu singkat. Bisnis baju menjadi salah satunya. Sebagian dari Anda mungkin sudah memulai bisnis dengan membuka olshop baju. Saat ini, olshop baju memang menjadi bisnis yang bagus untuk meningkatkan pendapatan.

Pasalnya, baju merupakan kebutuhan utama setiap orang. Ditambah lagi, tren baju terus berubah sehingga setiap pemilik olshop baju tentu tidak akan kehabisan peminat. Untuk membantu olshop baju Anda terus berkembang, berikut tips jualan online yang bisa Anda terapkan!

Fokus pada Satu Kategori Baju

Mengetahui target pasar dan identitas merek pakaian yang akan Anda jual adalah hal yang utama. Sebelum memulai olshop baju, Anda perlu menentukan produk baju seperti apa yang cocok untuk dijual. Cukup lakukan riset kecil-kecilan tentang baju seperti apa yang akan populer dalam jangka panjang dan mempunyai peluang disukai banyak orang secara terus menerus. Kembangkan model baju tersebut dan tentukan segmentasinya.

Usahakan untuk tetap fokus pada satu kategori baju agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan konsumen. Dengan menerapkan cara ini, konsumen akan lebih mudah menemukan apa yang sedang mereka cari dan terus kembali ke olshop baju Anda.

Cari Supplier yang Tepat dan Terpercaya

Cara ini sudah pasti wajib Anda lakukan apabila Anda tidak bertindak sebagai produsen baju. Ketika Anda sudah mendapatkan bayangan baju seperti apa yang sesuai untuk dijual kembali, saatnya Anda mencari supplier atau pemasok. Pilah, pilih, dan jalin kerjasama dengan pemasok baju yang bagus dan tepercaya. Pastikan bahwa supplier mudah dihubungi, mampu menepati janji, menawarkan harga yang bersaing, serta memberikan stok baju dengan kualitas yang baik. 

Lebih lanjut: Cara Mencari Supplier untuk Kualitas & Harga Terbaik

Jangan Lupa Share Foto Produk yang Menarik

Olshop baju tidak akan menarik tanpa visualisasi produk yang tepat, jelas, dan menarik. Oleh karena itu, sebarkanlah iklan olshop baju Anda dengan foto yang menarik. Cara ini sangat krusial, apalagi mengingat calon pembeli tidak dapat menyentuh langsung baju yang dijual. Pastikan lighting foto cukup bagus untuk menampilkan warna asli baju. Tambahkan juga props serta pakaikan baju ke model untuk foto produk yang lebih menarik.

Anda mungkin tertarik: Trik Foto Produk untuk Memasarkan Bisnis Anda 

Buat Toko Online dengan Konsep yang Senada

Setelah memiliki foto produk yang menarik dan bagus, Anda bisa menggunakan konsep tertentu untuk olshop baju Anda. Pilihlah tema yang sesuai dan sangat menggambarkan produk Anda. Misalnya Anda ingin menjual baju muslimah, maka buat toko online baju Anda dengan nuansa dan desain yang lebih feminin dan soft

Dengan begitu, olshop baju yang Anda buat akan lebih terlihat rapi, menarik, dan enak dipandang karena kesesuaian konsep dan temanya yang sangat membantu Anda. Tentu saja, kesesuaian konsep ini akan membawa konsumen melihat konsistensi toko Anda dalam berbisnis dan akhirnya yakin untuk berbelanja di olshop baju Anda. Jangan lupa, pelayanan yang baik juga menentukan pembelian pelanggan dalam jangka panjang!

Gencar Melakukan Pemasaran Secara Online

Selanjutnya tips jualan online yang harus Anda terapkan adalah dengan membuat website dan media sosial resmi terkait olshop Anda. Mengapa? Website adalah hal penting dalam proses iklan produk. Melalui website, seorang pemasar mampu menggunakan fitur-fitur yang memaksimalkan iklan produknya. 

Nah, untuk memulai membuat website olshop baju, Anda bisa menggunakan beberapa fitur seperti WordPress, Wixsite, Woocommerce, atau CMS lainnya. Setelah menentukan CMS apa yang akan digunakan, Anda tinggal mendesain tampilan web untuk handphone dan PC agar lebih menarik pembeli online. Ingat, desain yang menarik bisa meraih hati calon pelanggan dan membuat mereka percaya akan kredibilitas olshop baju!

Lebih lanjut: Ini Dia! 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai

Bangun Partnership dengan Reseller atau Dropshipper

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan agar olshop baju Anda terus berkembang pesat adalah dengan mencoba membangun sistem kemitraan seperti dengan reseller atau dropshipper. Anda bisa membangun sistem kemitraan dengan membuat beberapa kategori kerjasama. Misalnya dengan paket harga khusus untuk distributor yang melakukan kerjasama dalam jumlah yang cukup besar. Lalu, ada harga khusus lain untuk agen yang bekerjasama dengan jumlah sedang dan seterusnya. 

Itu dia sejumlah tips mengembangkan olshop baju yang bisa Anda coba. Walaupun terlihat mudah, olshop baju juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagi Anda yang membutuhkan pinjaman modal  untuk mengembangkan bisnis online, bergabung saja dengan Modalku! Anda bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp250 juta tanpa agunan dengan bunga kompetitif. Tunggu apa lagi? Mari sukseskan bisnis olshop baju Anda bersama Modalku. 

Ajukan Pinjaman di sini


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply