Cara Mencari Supplier untuk Kualitas & Harga Terbaik

Agar bisnis online yang Anda kelola tetap lancar, salah satu kuncinya adalah memiliki supplier yang berkualitas dan terpercaya. Kalau distributor hanya sebatas pengedar produk ke konsumen, supplier berarti pihak yang menyediakan produk langsung dari produsen, atau bahkan pihak yang memproduksi produk tersebut.

Bila Anda mengambil produk langsung dari supplier tangan pertama, tentu akan lebih menguntungkan bagi Anda. Ini dikarenakan Anda dapat memperoleh produk dengan kualitas terbaik untuk harga beli yang paling murah. Berikut cara mencari supplier tangan pertama yang bisa Anda ikuti.

Tentukan Produk Seperti Apa yang Diinginkan

Cara mencari dimulai dengan menentukan produk seperti apa yang Anda ingin jual. Tentukan kebutuhan yang sesuai dengan bisnis online yang akan Anda jalankan sendiri. Jika bisnis online yang Anda kerjakan akan memproduksi barang sendiri, maka produk yang dibutuhkan sudah tentu material yang diperlukan untuk produksi.

Sebaliknya, jika bisnis online yang Anda kerjakan ini bersifat reseller atau dropshipper, maka yang Anda butuhkan adalah penghasil produk siap pakai. Dengan begini, Anda tahu produk seperti apa yang dibutuhkan dan klasifikasi jenis supplier yang hendak dicari pun sudah semakin spesifik.

Mau Lokal atau Internasional

Berikutnya, tentukan juga apakah Anda akan memakai supplier tangan pertama dari dalam atau luar negeri. Tentunya pilihan ini punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Untuk supplier lokal semisal, dari segi komunikasinya lebih menguntungkan karena tidak terdapat kendala berarti dan bisa meminimalisir kesalahpahaman yang tidak perlu.

Selain itu, lebih mudah bagi Anda untuk melacak keberadaan supplier, termasuk memeriksa kualitas produk dari supplier sendiri. Dari segi ongkos kirim dan waktu pengiriman, supplier lokal juga jauh lebih murah dan cepat. Keamanannya dan sistem pembayarannya juga terbilang lebih mudah diurus karena masih di dalam negeri.

Sebaliknya untuk supplier luar negeri, bisa jadi Anda mendapat produk dengan kualitas yang lebih bagus daripada supplier lokal, sekaligus harga pokok yang lebih murah. Tetapi, tetap saja ada risiko perihal pengecekan kredibilitas supplier, kualitas barang, serta ada biaya lebih untuk pengiriman dan butuh waktu sedikit lebih lama untuk mendatangkan produk tersebut.

Cari di Sentra Industri atau Online Marketplace

Selain mencari secara manual, cara mencari supplier tangan pertama yang juga patut Anda coba adalah mengulik dari sentra industri atau online marketplace. Jika Anda berada di salah satu kota besar di Indonesia, Anda patut mencoba berkunjung di sentra industri di kota Anda.

Mengunjungi sentra industri memungkinkan Anda untuk membandingkan kualitas dan harga barang. Bertatap muka langsung dengan supplier tangan pertama akan sangat menguntungkan karena Anda dapat langsung menjalin komunikasi yang baik di awal. Tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda untuk melakukan beberapa penawaran-penawaran kerjasama bisnis ke depannya.

Selain berkunjung langsung ke sentra industri, cara mencari supplier tangan pertama lainnya juga dapat dilakukan melalui online marketplace. Untuk supplier tangan pertama dari luar negeri, Anda bisa mengandalkan platform seperti Aliexpress.

Hubungi Calon-calon Supplier dan Negosiasi

Begitu mendapatkan informasi, jangan lupa untuk langsung menghubungi supplier tersebut. Mulailah interaksi dengan memperkenalkan diri dan bisnis tujuan Anda menghubungi mereka. Lalu, mintalah informasi yang Anda butuhkan terkait produk, sistem pemesanan, serta layanan yang dimiliki mereka untuk menyediakan produk.

Setelah mendapat informasi tersebut dan Anda merasa tertarik, cobalah mulai melakukan negosiasi. Negosiasinya tentu saja dengan tujuan untuk mendapatkan penawaran yang akan menguntungkan Anda. Namun ingat, pastikan tawaran negosiasi Anda juga terdengar rasional dan tidak terlalu memberatkan.

Lihat juga: Ingin Memulai Bisnis? Miliki 5 Skill Ini!

Jalin Kerja Sama dengan Perjanjian Tertulis

Setelah sukses menjalankan beberapa cara mencari supplier tangan pertama di atas, pastikan Anda memulai jalinan kerja sama dengan membuat perjanjian tertulis. Ini berupa kontrak kerja yang harus dipenuhi kedua belah pihak, yakni pihak Anda dan pihak supplier sendiri.

Pastikan kedua belah pihak sudah setuju dengan setiap poin perjanjian dan menandatangani kontrak yang terikat hukum tersebut. Setelah itu, Anda bisa memulai kerjasama dengan pemesanan dan pengadaan produk-produk dari supplier Anda ini.

Anda mungkin tertarik: 4 Strategi Kerja Sama Bisnis yang Saling Menguntungkan

Jika Anda salah satu pebisnis online yang baru saja memulai bisnis dengan bekerja sama dengan supplier, pastinya Anda membutuhkan modal untuk pemesanan produk. Anda dapat mengambil pinjaman online dari Modalku dengan sistem registrasi serta pengajuan yang aman dan cepat. Anda pun berkesempatan untuk mendapat pinjaman online hingga Rp500 juta!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply