4 Strategi Kerja Sama Bisnis yang Saling Menguntungkan

Kerja sama bisnis dengan badan usaha lain bisa menjadi solusi bagi Anda sedang ingin membangun bisnis. Tentunya di tengah masa krisis seperti sekarang ini, Anda lebih membutuhkan pemasukkan lebih. Meskipun sudah memiliki banyak ide untuk berbisnis, tetapi mungkin saja Anda masih merasa kurang mampu membangun bisnis impian. Karena itu kerja sama bisnis dapat menjadi solusi bagi Anda.

Kerja sama bisnis diartikan sebagai kegiatan usaha di mana pihak lain diperbolehkan untuk ikut serta dalam pengelolaan bisnis Anda. Dari namanya saja, Anda bisa menarik kesimpulan bahwa kerja sama ini ditujukan untuk mendulang keuntungan bagi Anda dan mitra bisnis Anda. Untuk itu, diperlukan pengetahuan khusus agar Anda bisa membangun kerja sama bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Kira-kira, apa saja strategi yang harus Anda lakukan?

Jika bisnis Anda masih tergolong baru, Anda mungkin tertarik untuk melihat cara manajemen bagi bisnis yang baru dirintis di sini.

Cari Mitra Bisnis yang Punya Visi dan Misi Serupa

Hal pertama yang harus Anda tanamkan sebelum menjalin kerja sama bisnis adalah mencari mitra bisnis yang punya visi dan misi serupa. Visi sendiri artinya tujuan yang akan dicapai bisnis, sedangkan misi adalah cara bagaimana bisnis tersebut bisa mencapai visi. Setelah memutuskan visi dan misi serupa, barulah Anda dan mitra bisnis dapat fokus menuju tujuan yang sama meski pada praktiknya mungkin ada sedikit perbedaan. Itu pun tak jadi masalah, mungkin saja perbedaan ini bisa saling memberikan insight yang efektif untuk menjadikan Anda selangkah lebih dekat dengan tujuan.

Jika Anda dan mitra bisnis Anda tidak memiliki visi dan misi yang serupa, maka jangan heran jika di kemudian hari akan sering timbul konflik. Konflik-konflik inilah yang perlahan dapat membunuh bisnis yang sudah lama Anda kembangkan. Untuk itu, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk berdiskusi mengenai visi dan misi dengan mitra bisnis Anda.

Anda mungkin tertarik: Strategi Menjalankan Bisnis Keluarga Agar Semakin Sukses

Jelaskan Secara Gamblang Proposal Kerja Sama Bisnis

Di saat membuat proposal bisnis, jangan ragu untuk menjelaskan secara gamblang proposal kerja sama bisnis rancangan Anda. Tentukan jenis perusahaan yang akan diajak kolaborasi, lalu pertimbangkan apakah sistem yang diinginkan bersifat sementara atau berlanjut untuk jangka panjang. Sebisa mungkin buatlah proposal kerja sama bisnis yang mendukung peningkatan produktivitas kedua belah pihak.

Dengan menjelaskannya secara terbuka di awal, tujuan kerja sama bisnis tentunya akan lebih mudah tercapai, bahkan bisa lebih cepat dari target yang sudah ditentukan. Namun ingat, apapun keputusan yang diambil, jangan lupa soal visi dan misi yang sudah ditentukan jauh-jauh hari.


Jabarkan Hak dan Kewajiban Masing-masing Pihak

Dalam berbisnis, semua orang tentu punya hak dan kewajiban tersendiri. Kewajiban adalah tugas yang harus dikerjakan masing-masing pihak. Sedangkan hak baru akan didapat apabila masing-masing pihak telah memenuhi kewajibannya. Untuk menentukan kewajiban bisnis, pilih kewajiban sesuai dengan kemampuan pihak lainnya.

Jangan memaksakan kewajiban itu jika pihak lain tidak setuju atau merasa kurang mampu. Hal terpenting dalam menentukan kewajiban dan hak adalah kedua belah pihak mendapatkan porsi tanggung jawab yang sama. Usahakan mereka memahami dulu apa kewajiban yang harus dikerjakan dan apa hak yang bisa mereka dapatkan.

Jangan sampai porsi kewajiban pihak lain lebih besar, sedangkan hak yang didapatkannya lebih sedikit, begitu pun sebaliknya. Ingat, selalu bersikap adil dan objektif dalam kerja sama bisnis adalah kunci untuk kesuksesan jangka panjang.


Jaga Komunikasi dengan Baik

Strategi selanjutnya dalam menjalin kerja sama bisnis yang sukses adalah menjaga komunikasi dengan baik. Komunikasi yang baik tentunya membantu memperlancar misi agar visi bisnis bisa cepat terwujud. Lalu, bagaimana cara menjaga komunikasi dengan baik? Anda bisa memulainya dengan menciptakan komunikasi yang positif dengan mitra bisnis.

Luangkan waktu untuk saling bertukar pikiran soal pencapaian yang sudah dihasilkan. Selalu hargai kerja keras mitra bisnis Anda dalam mencapai tujuan. Jangan lupa, pasang telinga Anda agar selalu siap menerima kritikan atau saran dari pihak lain. Ingat, jadikan kritikan itu sebagai alasan untuk bekerja lebih keras lagi.

Lebih lanjut: Langkah Mudah Membangun Koneksi Bisnis

Itulah strategi-strategi dalam membangun kerja sama bisnis yang saling menguntungkan. Jika Anda ingin membangun atau mengembangkan bisnis namun tersangkut minimnya dana, Anda bisa bergabung dengan Modalku. Modalku menjadi sarana sebagai penghubung UKM berpotensi dengan pemberi pinjaman tanpa agunan, dengan total pinjaman hingga Rp2 miliar.

Lalu, bagaimana dengan bisnis online? Tenang, Modalku juga memiliki program pinjaman untuk pemilik bisnis online. Pengajuan pinjamannya pun 100% online. Jadi, jangan patah semangat bila ingin membangun atau mengembangkan bisnis Anad! Bergabunglah dengan Modalku, membangun bisnis idaman pun bukan lagi impian!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply