5 Resolusi Tahun Baru untuk Bisnis Online Anda

Resolusi tahun baru tidak melulu tentang diri sendiri. Sebagai pemilik bisnis online, Anda dapat memanfaatkan waktu akhir tahun sebagai momen untuk mengevaluasi serta membuat resolusi bisnis di tahun mendatang. Apalagi, di tahun ini ada banyak hal terjadi. Pastinya bisnis online Anda perlu evaluasi dan strategi baru untuk bisa bertahan dan berkembang lebih besar. Lalu, hal apa saja yang bisa jadi pertimbangan resolusi bisnis ke depannya?

Mampu Membagikan Tugas ke Karyawan

Sebagai pemilik bisnis, wajar jika Anda turun langsung dan ikut serta dalam setiap proses operasionalnya. Namun, ingat bahwa sebuah bisnis bisa besar dan berkembang bila ada struktur serta pembagian kerja yang tepat. Apalagi bila bisnis Anda sudah benar-benar terdiri dari banyak karyawan. Harusnya, Anda bisa mendelegasikan pekerjaan kepada orang-orang tepat agar proses bisnis berjalan lancar.

Hindari mengerjakan seluruh proses bisnis sendirian. Bagi pekerjaan tersebut dengan karyawan atau orang-orang yang dapat membantu Anda menjalankan bisnis. Delegasikan tugas sesuai posisi dan porsi masing-masing serta pertimbangkan kapasitas dan kemampuan setiap orang. Untuk resolusi tahun baru, cobalah delegasikan sebagian tugas kepada para karyawan supaya Anda bisa fokus dalam aspek bisnis lainnya.

Up-to-date dengan Tren Baru

Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang bisa mengikuti tren. Logikanya, bagaimana bisnis bisa berkembang dan menyesuaikan dengan zaman kalau tidak bisa up-to-date dan menyesuaikan dengan tren? Sudah pasti akan ketinggalan. Maka dari itu, buatlah resolusi bisnis tahun depan untuk bisa mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu, setidaknya bisnis Anda akan bertahan, dan bisa semakin besar dengan mengikuti perubahan.

Untuk mulai catching-up dengan tren dalam bisnis, Anda bisa berlangganan blog atau majalah yang menyajikan informasi perkembangan bisnis. Lalu, ikuti trendsetter top melalui media sosial. Lakukan pertemuan dengan orang-orang di industri yang sama dengan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan info ter-update dari perkembangan industri.

Merancang Strategi Bisnis Baru yang Lebih Efektif

Sebuah rancangan strategi bisnis baru yang membuat operasional berjalan lebih efektif merupakan sebuah resolusi tahun baru yang baik untuk Anda. Hal ini akan sangat membantu dalam proses pengembangan bisnis ke depannya. Dengan strategi bisnis, Anda tahu hal apa yang ingin dicapai tahun depan, kendala yang mungkin dihadapi, dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Jangan lupa, lakukan pula evaluasi terhadap strategi ini setiap bulan agar tahu sejauh mana bisnis Anda berjalan maju.

Lihat juga: Strategi Sukses Bisnis Online di Tahun Pertama

Perluas Koneksi Bisnis

Kalau saat ini Anda belum tergabung pada sebuah grup atau komunitas yang fokus membahas bisnis, maka jadikan hal ini sebagai resolusi tahun baru. Dengan bergabung ke komunitas atau grup bisnis, Anda akan menemukan orang-orang baru yang akan menambah luas koneksi. Siapa tahu, orang-orang ini adalah calon pelanggan, calon klien, atau calon partner bisnis di masa depan.

Kalaupun tidak menemukan calon pembeli maupun partner, setidaknya Anda mendapatkan insight baru dari orang-orang ini. Akan lebih mudah juga bagi Anda mengetahui tren dan strategi bisnis dari koneksi yang luas. Contoh grup atau komunitas yang Anda ikuti bisa dari jejaring LinkedIn. Di sana, ada banyak orang membagikan banyak informasi pengembangan bisnis maupun tren-tren terbaru yang sedang disukai oleh masyarakat.

Untuk langkah mudah membangun koneksi bisnis, bisa Anda temukan di sini.

Semakin Gencar Promosi

Di tahun ini, berbagai sektor industri dan bisnis mengalami penurunan penjualan. Beberapa dari mereka bahkan tidak bisa bertahan akibat pandemi. Oleh sebab itu, Anda patut bersyukur bila bisnis yang dimiliki masih bisa bertahan dan bisa melakukan penjualan kepada pembeli. Pertahankan pula pencapaian ini sampai ke tahun depan.

Anda bisa menggunakan evaluasi tahun ini untuk membuat promosi yang lebih gencar di tahun depan. Cari tahu promosi model apa yang efektif menarik pelanggan. Lalu, hilangkan atau modifikasi model promosi yang kurang efektif. Intinya, Anda harus lebih gencar berpromosi di tahun depan agar semakin banyak orang tahu soal bisnis Anda.

Anda mungkin tertarik: Cara Promosi Offline Paling Menarik

Resolusi tahun baru untuk sebuah bisnis sangatlah penting. Dengan membuat resolusi, Anda sudah memiliki panduan tentang hal-hal yang harus dilakukan di masa depan. Bagi yang resolusi bisnisnya adalah memulai sebuah usaha baru, ada penawaran produk pinjaman usaha tanpa agunan untuk UMKM dan pengusaha online hingga Rp 2 miliar dari Modalku. Ajukan pinjamanmu dengan klik tombol di bawah ini:

Ajukan Pinjaman


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply