Strategi Sukses Bisnis Online di Tahun Pertama

Semakin berkembangnya zaman, bisnis online semakin kerap diminati banyak orang. Dimulai dari modal lebih kecil, internet yang semakin canggih dan lebih mudah menjangkau pembeli yang lebih luas. Meski banyak keuntungannya, tetap banyak yang ragu memulai berbisnis online. Ketakutannya adalah tidak balik modal atau tidak mendapatkan untung di tahun pertama.

Kesampingkan dahulu ketakutan Anda, mari belajar strategi bisnis online yang langsung bisa kita rasakan di tahun pertama. Apa saja, ya?

Tingkatkan Traffic Dahulu

Traffic adalah jumlah kunjungan pada toko Anda. Semakin banyak kunjungan, semakin baik prestige toko kita. Meningkatkan kunjungan ke toko merupakan langkah awal menuju bisnis yang untung. Namun, hal ini pula yang menjadi kesulitan bagi pemilik toko baru. Ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk meningkatkan traffic toko kita.

Caranya bisa dimulai dari mengenalkannya ke orang-orang terdekat, dari keluarga sampai ke teman-teman. Dari situ, Anda bisa meminta mereka untuk mempromosikan toko Anda ke orang lain. Jika Anda mempunyai dana lebih, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing untuk meningkatkan traffic pada toko.

Lihat juga: Cara Berbisnis Online dengan Bikin Konten Digital Marketing

Gencar Melakukan Promosi

Penting sekali bagi pelaku bisnis online untuk gencar melakukan promosi di tahun pertama toko berdiri. Anda bisa memulainya dengan membuat akun media sosial. Gunakan SEO (Search Engine Optimization) agar produk dan toko Anda lebih mudah ditemui calon pembeli.

Anda juga harus terus memantau trend yang sedang berkembang di dunia maya agar toko Anda tetap up to date. Buat media sosial Anda ramah pembeli dengan rajin mengunggah promosi produk-produk Anda disertai dengan gambar dan caption yang menarik perhatian. Ingat, meski sudah memiliki akun media sosial, Anda harus tekun agar calon pembeli makin mantap belanja di toko Anda.

Baca juga: “5 Panduan Media Sosial bagi UMKM”

Belajar dari Kegagalan

Meski menggiurkan, membangun bisnis online memang tidak langsung menghasilkan kesuksesan. Tidak jarang pelaku bisnis online langsung tumbang karena tidak sabar meraih keuntungan. Kegagalan janganlah jadi batu penghalang, Anda harus menyulapnya menjadi sebuah pembelajaran.

Pelajari lagi langkah-langkah mana yang membuat bisnis online Anda lesu. Gali lebih strategi bisnis online hingga pasar yang akan Anda tuju. Catat, pengalaman tidak akan mengkhianati hasil. Semakin Anda paham tentang kegagalan yang pernah Anda alami, semakin kecil kemungkinan hal tersebut untuk terulang kembali.

Raih Kepercayaan Pelanggan

Salah satu ciri bisnis untung adalah terbangunnya kepercayaan antar pembeli dan pelanggannya. Pelanggan yang sudah percaya dengan Anda pasti akan terus melakukan repeat order. Bagaimana sebenarnya cara membangun kepercayaan pelanggan? Anda bisa memulainya dengan menciptakan impresi pertama yang baik.

Jadilah penjual yang ramah dan selalu menjawab pertanyaan seputar produk dengan detail. Berusaha untuk terbuka tentang produk yang akan Anda jual disertai dengan penjelasan produk secara profesional. Terakhir, tepati janji yang Anda janjikan pada pelanggan dari pengerjaan produk hingga produk sampai di tangan pelanggan.

Baca juga: “Ini Dia, 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai”

Punya Target Konsumen yang Spesifik

Strategi bisnis online yang terakhir adalah punya target konsumen yang spesifik. Misalnya Anda menargetkan bisnis online kepada ibu-ibu muda. Maka, Anda harus up to date dengan topik yang sedang berkembang. Misalnya produk-produk yang menunjang perkembangan anak atau jasa pinjaman peralatan bayi.

Usahakan toko Anda menjadi jawaban dari apa yang dicari oleh konsumen Anda. Jika Anda tidak memiliki konsumen secara spesifik, maka produk yang dijual tidak akan laku dan memiliki bisnis untung hanya jadi impian belaka.

Bisnis online tidak hanya menjadi sumber penghasilan baru, tetapi juga investasi di hari tua nanti. Bahkan, bila bisnis online Anda makin berkembang, Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Jika Anda sudah memahami strategi bisnis online di atas, Anda tidak usah takut membuka bisnis online sendiri.

Ingin berbisnis online, tapi bingung mulai dari mana? Coba 5 peluang bisnis online ini!

Masih bingung dari mana mendapatkan modal untuk membuka bisnis online? Modalku memberikan pinjaman kepada pedagang online baru atau lama untuk mengembangkan bisnis online-nya. Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp25 miliar hanya dengan sekali klik. Tunggu apa lagi? Wujudkan bisnis online impian Anda bersama Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply