Kiat Memilih Jasa Pengiriman Barang Online yang Buat Pelanggan Puas

Bisnis online erat kaitannya dengan jasa pengiriman barang. Tanpanya, Anda tidak bisa memberikan barang yang sudah dibeli kepada pelanggan. Kualitas pengiriman barang juga jadi salah satu komponen penentu apakah seorang pembeli akan kembali membeli barang dari toko Anda atau tidak. Optimalkan proses bisnis penjualan online Anda dengan memilih jasa pengiriman barang yang cepat, aman, dan memberikan kemudahan bagi Anda dan pembeli.

Perbedaan Jasa Pengiriman Langsung dengan Tidak Langsung

Sesuai dengan namanya, jasa pengiriman barang langsung menjanjikan barang bisa sampai ke tangan pembeli hanya dalam hitungan jam. Memang sangat cepat, tetapi harganya jelas jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan jasa pengiriman barang tidak langsung. Selain itu, jasa pengiriman barang ini hanya bisa dilakukan apabila Anda tinggal di satu kota yang sama dengan pembeli. Jadi, ada batasan jarak untuk bisa memanfaatkan jasa pengiriman barang langsung. Biasanya jasa pengiriman langsung menggunakan motor, mobil, bahkan sepeda.

Untuk jasa pengiriman barang tidak langsung memang tidak bisa sampai hanya dalam hitungan jam. Namun, ada juga yang menawarkan pengiriman instan, yakni hanya dalam rentan waktu 24 jam saja. Harganya juga cukup bersahabat dan dapat mengirimkan barang antar pulau. Jasa pengiriman barang tidak langsung ini juga jadi standar untuk e-commerce.

Apapun pilihan Anda, tetap harus mengutamakan kelancaran proses bisnis penjualan online demi kepuasan pembeli. Berikut ini kiat-kiat dalam memilih jasa pengiriman barang yang tepat untuk bisnis online Anda.

Tersedia di Berbagai Pelosok Daerah

Salah satu keuntungan dari berbisnis online adalah jumlah pembeli yang lebih banyak karena kemampuan Anda dalam menjangkau pasar di berbagai pelosok Indonesia. Tentunya Anda tidak mau kehilangan calon pembeli hanya karena terhalang jarak, bukan? 

Maka dari itu, pilihlah jasa pengiriman barang yang populer dengan pilih rute yang lengkap, dari Sabang sampai Merauke. Pastikan juga bahwa jasa pengiriman ini bisa mengantarkan barang tidak hanya di kota-kota besar saja, tetapi juga sampai ke desa-desa.

Sistem Tracking Online

Banyak pembeli yang merasa tidak sabar ketika membeli barang secara online. Daripada Anda harus menjawab pesan dari pelanggan yang menanyakan kapan barangnya akan sampai setiap satu jam sekali, lebih baik memilih jasa pengiriman barang yang menawarkan sistem tracking online

Setelah Anda sudah mengirimkan barang lewat cabang atau kurir sudah menjemput barang dari tempat Anda, segera kirimkan nomor resi ke pembeli. Dengan begitu, mereka tinggal mengakses website dari jasa pengiriman barang, memasukkan nomor resi, dan melihat sendiri barangnya sudah sampai di mana. 

Tanpa adanya sistem tracking online ini, pembeli jelas akan meragukan kredibilitas Anda sebagai penjual. Imbasnya malah ke proses bisnis penjualan online yang semrawut.

Menawarkan Jaminan Keamanan

Jaminan keamanan sangat penting bagi barang apa saja. Sebagai pembeli, Anda pasti tidak ingin barang yang sampai ke rumah sudah dalam keadaan penyok, sobek, atau tergores bukan? Pembeli tidak hanya akan menyalahkan kurir, tetapi juga Anda sebagai penjual. Pembeli tersebut akan berpikir dua kali bila ingin membeli barang dari toko online Anda.

Pilih jasa pengiriman barang yang menawarkan asuransi untuk barang yang akan dikirim. Stiker “FRAGILE” tidak cukup, maka dari itu asuransi ini akan sangat berguna. Kemudian, pilih jasa pengiriman barang yang memberikan bungkus kayu untuk barang-barang yang pecah belah atau mudah rusak, misalnya seperti barang elektronik, alat musik, dan lain sebagainya.

Punya Beragam Paket Pengiriman dengan Standar Ongkos Kirim

Kebutuhan pengiriman barang bermacam-macam, tergantung pada jenis barang yang dikirim dan keinginan dari pembeli. Ada saja pembeli yang rela mengeluarkan ongkos lebih banyak untuk proses pengiriman barang yang instan. Namun, ada juga pembeli yang tidak masalah dengan pengiriman barang reguler. 

Agar tidak merepotkan proses bisnis penjualan online Anda, maka lebih baik memilih jasa pengiriman barang yang menawarkan beragam paket pengiriman, tentunya dengan ongkos kirim sesuai standar. Pastikan biayanya transparan, sudah terpampang jelas di website mereka tanpa biaya tambahan lain. Ini juga bisa jadi pertimbangan untuk Anda. Pilihlah jasa pengiriman barang dengan harga standar, tidak terlalu murah, tetapi juga tidak mahal.

Selesai memilih jasa pengiriman barang, Anda pun sudah siap untuk kembali menjalankan bisnis online Anda. Berikan pelayanan berkualitas bagi pembeli. Dari sana, sudah bisa dipastikan reputasi toko online Anda akan terbangun. Bila Anda ingin memasarkan bisnis online Anda dalam skala yang lebih besar, manfaatkan saja pinjaman modal dari Modalku. Cepat, aman, dan mudah, tanpa persyaratan rumit dan bunga yang kompetitif. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply