5 Peluang Bisnis Online Paling Menguntungkan di Tengah Pandemi

Ekonomi memburuk, bisnis merugi. Kata-kata ini yang sering terucap selama pandemi COVID-19 berlangsung. Tidak sepenuhnya salah, tetapi bukan berarti Anda harus mengubur keinginan untuk memulai bisnis online. Karena sekarang adalah momen tepat untuk memulai bisnis online paling menguntungkan. Terlebih lagi bila Anda sedang mencari kerja sampingan untuk menambah pendapatan per bulan. 

Berikut ini 5 rekomendasi usaha yang menjanjikan untuk dilakukan selama pandemi. Siap untuk mencobanya?

Frozen food Jadi Bisnis Online Paling Menguntungkan saat Ini

Salah satu akibat dari pandemi yang paling dirasakan banyak orang adalah keterbatasan ruang. Artinya, masyarakat tidak leluasa untuk beraktivitas di luar rumah sebagaimana sebelum pandemi dimulai. Kebiasaan hangout di kafe atau makan bersama di restoran jadi harus tertunda. Ini sebabnya mengapa bisnis frozen food atau makanan beku jadi usaha yang menjanjikan.

Bisnis ini juga sudah mulai menjadi kerja sampingan bagi sejumlah restoran ternama. Alih-alih pasrah dengan keadaan restoran yang semakin sepi, banyak pemilik usaha restoran yang akhirnya mengeluarkan frozen food dari menu-menu andalan mereka yang bisa diantarkan langsung ke rumah pembeli. 

Meskipun bisnis sampingan, Anda perlu merencanakan dengan baik agar berujung sukses! Mengapa? Simak alasannya di sini!

Alhasil, Anda dan pembeli lain pun bisa menikmati santapan ala restoran di rumah, cukup dengan memanaskan frozen food tersebut. Frozen food bisa jadi ide kerja sampingan yang mudah dan menguntungkan untuk Anda coba.

Produk Kebersihan

Adanya pandemi menyebabkan orang-orang semakin sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan. Bisa dipastikan bahwa produk kebersihan akan tetap merajai pasar Indonesia, baik selama pandemi maupun setelahnya. Anda bisa memulai usaha yang menjanjikan ini dengan menjadi reseller produk kebersihan dari brand ternama atau membuatnya sendiri. 

Produk kebersihan tersebut misalnya berupa hand sanitizer dan cairan disinfektan rumahan. Anda juga bisa mengakalinya dengan memproduksi produk kebersihan dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran jumbo sampai ukuran travel size yang mudah dibawa ke mana-mana. Pastikan saja Anda telah menggunakan bahan-bahan yang aman dengan kadar alkohol yang bisa membunuh virus dan kuman.

Pakaian dan Aksesoris

Kebijakan yang menyarankan agar orang-orang untuk tetap stay at home mungkin membuat bisnis pakaian dan aksesoris bukanlah ide yang bagus. Tetapi jangan salah, produk fashion seperti pakaian dan aksesoris nyatanya masih digandrungi masyarakat. Bukan hanya produk fashion wanita saja, tetapi juga fashion pria.

Lihat juga: “Peluang Ekonomi Kreatif di Tengah Revolusi Industri 4.0”

Untuk sebagian besar orang yang masih stuck di rumah, entah karena WFH atau belajar online, belanja pakaian dan aksesori bisa jadi salah satu retail therapy. Retail therapy ini merupakan rasa bahagia ketika Anda membeli barang yang Anda sukai, terlepas dari fungsinya. Apalagi mengingat kondisi di pandemi yang menyebabkan masyarakat merasa tertekan, belanja pakaian dan aksesoris membuat mereka merasa sedikit lebih senang. Lain halnya dengan orang-orang yang sudah mulai bekerja ke kantor, penampilan tetap harus ditunjang.

Bila Anda ingin memulai usaha yang menjanjikan ini sebagai kerja sampingan, sebaiknya menjual pakaian yang nyaman atau loose style yang sedang trending. Sementara untuk aksesoris, Anda bisa menjual masker kain dengan berbagai pola dan desain yang tidak kalah menarik.

Perabotan Rumah

Menjadi seorang reseller perabotan rumah merupakan salah satu usaha yang menjanjikan untuk Anda coba selama pandemi ini. Coba bayangkan, Anda dan jutaan orang lainnya di Indonesia kini menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Setiap hari, semakin terlihat jelas sudut-sudut rumah yang terlihat berantakan atau kurang rapi. 

Oleh sebab itu, bisnis perabotan rumah malah semakin untung di tengah pandemi. Orang-orang ingin menghias dan mendekorasi ulang rumah mereka agar menjadi lebih nyaman. Tidak terkecuali juga orang-orang yang sudah menyiapkan ruang kerja di rumah, mereka pasti membutuhkan tambahan meja dan kursi. Jika Anda ingin memulai usaha yang menjanjikan ini, jual perabotan rumah yang terbuat dari bahan yang cukup berkualitas dengan harga miring.

On Demand Services

Apa saja yang termasuk ke dalam on demand services? Cukup banyak, mulai dari aplikasi tutor online untuk murid, platform streaming online, hingga jasa-jasa yang bisa dipanggil ke rumah seperti cleaning service dan potong rambut.

Sesuaikan on demand services dengan skill Anda. Bagi yang suka memasak, mungkin bisa memulai usaha katering harian. Sementara bagi Anda yang punya pengetahuan lebih terhadap bahasa asing atau pelajaran Matematika, bisa memulai kursus online dengan harga yang lebih murah. 

Itulah kelima bisnis online paling menguntungkan untuk dijalankan selama pandemi. Hal yang menarik adalah lima peluang usaha di atas juga memiliki prospek cemerlang sesudah pandemi. Masalah modal bisnis online, bisa Anda atasi dengan bantuan pinjaman modal bisnis online dari Modalku. Caranya gampang! Klik saja tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply