Kenali Bisnis Thrifting yang Populer dan Bermodal Kecil!

Thrifting adalah istilah untuk kegiatan jual beli barang bekas pakai sehingga barang yang ada memiliki harga yang lebih murah. Karena barang yang dijual adalah barang bekas pakai, maka tentu saja modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis thrift memiliki modal yang kecil. Namun bukan berarti membeli barang bekas menurunkan kualitas barang yang ada loh! Beberapa barang yang dijual di thrift shop justru masih memiliki kualitas yang baik. Barang-barang sehabis pakai yang dijual kembali disebut dengan istilah preloved. Bisnis thrifting ini memiliki banyak keuntungan sebagai berikut.

Modal Kecil Untung Besar

Karena barang yang dijual adalah barang-barang bekas pakai atau preloved, maka modal yang Anda butuhkan juga tidak begitu besar. Namun bukan berarti keuntungan yang didapat dari barang-barang preloved juga jadi terbatas. Menurut Kompas barang-barang preloved yang dihasilkan dari thrift shop bisa meraup omzet hingga belasan juta rupiah lho! Karena itu thrifting adalah bisnis yang cukup menguntungkan di era sekarang tanpa perlu modal yang besar.

Untuk memulai bisnis thrift, Anda tidak perlu merogoh kocek yang besar. Cukup kumpulkan barang-barang bekas pakai Anda yang masih baik dan berkualitas sehingga bisa segera dipasarkan. Untuk meningkatkan nilai jual barang bekas Anda, Anda bisa melakukan reworked atau melakukan usaha tertentu yang dapat meningkatkan nilai jual barang preloved Anda. Reworked dapat berupa design ulang pada barang, seperti menambahkan ornamen tertentu pada barang yang polosan. Selain reworked, pastikan untuk mencuci dan memoles barang preloved Anda sesuai kebutuhan.

Lihat juga: 7 Bisnis Online Modal Kecil yang Menggiurkan di Tahun 2021

Mendukung Slow-Movement Item

Keawetan barang dari thrift tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah dibuktikan oleh pengguna sebelumnya. Selain itu, thrifting mendukung kelestarian lingkungan melalui slow-movement item, yaitu di mana barang preloved yang digunakan akan berguna lebih lama karena disalurkan dari orang yang tidak membutuhkan ke orang yang membutuhkan sehingga tidak diperlukan pembuatan barang baru yang membutuhkan sumber daya alam lebih banyak.

Unik

Barang-barang hasil thrift beberapa adalah barang yang sudah tidak dipasarkan lagi sehingga dengan melakukan thrifting, Anda akan memiliki barang unik yang hanya dimiliki oleh Anda tanpa harus melakukan customization. Selain itu, barang yang sudah tidak diproduksi lagi juga memberikan keuntungan untuk Anda sebagai pemegang bisnis, yaitu harga jual yang tinggi karena barang tersebut susah untuk didapatkan karena tidak diproduksi lagi.

Nah, banyak kan keuntungan dari bisnis thrifting? Karena itu jangan ragu untuk memulai bisnis thrifting yang minim modal ini. Simak macam-macam barang yang bisa Anda mulai kumpulkan untuk memulai bisnis thrift Anda.

Pakaian

Thrifting bisa dilakukan melalui segala jenis barang. Thrifting yang sangat populer di sosial media Instagram adalah thrifting barang fashion seperti pakaian. Fashion sangat populer dalam bisnis thrifting karena menunjukkan bahwa untuk tampil modis tidak memerlukan modal yang besar. Namun pastikan pakaian yang ingin Anda jual direndam air hangat terlebih dahulu ya agar lebih higienis.

Buku

Thrifting lainnya yang populer adalah penjualan buku preloved klasik yang banyak dicari. Banyak orang memilih untuk membeli buku preloved dengan cetakan keluaran terdahulu jika dibandingkan keluaran baru karena isinya sama namun dapat dijangkau dengan harga yang lebih murah. 

Anda mungkin tertarik: Strategi Sukses Bisnis Online di Tahun Pertama

Barang Elektronik dan Digital

Barang digital yang masih dapat beroperasi dengan baik banyak dicari karena barang yang masih baru mahal harganya. Memang banyak anggapan bahwa barang elektronik lebih baik membeli yang baru, namun perlu diingat bahwa barang-barang preloved yang dijual di thrift shop masih layak digunakan dan memiliki kualitas yang baik. Namun meskipun masih dalam kualitas yang baik, barang preloved elektronik banyak diincar karena harganya yang jauh lebih murah seperti contohnya pada handphone dan kamera preloved.

Barang Koleksi

Barang koleksi seperti action figure atau merchandise dari suatu fanbase dapat menjadi barang yang dicari terlepas dari kondisi barang apakah baru atau preloved. Hal ini dikarenakan kelangkaan barang-barang koleksi tersebut yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Selain itu, barang koleksi biasanya jarang untuk dimainkan dan hanya berfungsi sebagai pajangan sehingga keawetan barang koleksi terjaga dengan baik. 

Itulah barang-barang yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi dalam membuka bisnis thrift. Jangan lupa untuk selalu membersihkan barang bekas pakai sesuai dengan kebutuhan agar kehigienisan barang tetap terjaga dan pelanggan senang. Modalku juga siap membantu Anda dalam menyiapkan modal untuk menjalankan bisnis thrift Anda, cukup klik tombol di bawah untuk mempelajarai lebih lanjut.

Klik di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply