9 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

ciri ciri peluang usaha yang baik

Mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah hal yang harus Anda pertama kali ketahui sebelum memutuskan untuk memulai bisnis baru. Jika Anda mengetahui hal tersebut, tingkat keberhasilan dari bisnis Anda akan semakin tinggi.

Apa Itu Peluang Usaha?

Peluang usaha merupakan semua ide, prospek, perencanaan, atau kesempatan untuk mengembangkan atau memulai usaha baru. Peluang memiliki sinonim kesempatan, jadi istilah peluang usaha lebih tepat diartikan sebagai identifikasi kesempatan untuk mencapai tujuan bisnis lewat sumber daya dan kondisi yang ada di masyarakat.

Tujuan bisnis yang dimaksud berbeda-beda setiap individunya. Pemilik bisnis tidak melulu mengejar uang atau kekayaan lewat usahanya. Ada yang ingin mencapai kepuasan batin, popularitas, status sosial, nama baik, dan sebagainya.

Sumber daya yang dimaksud untuk mencapai tujuan tersebut pun bervariasi. Selain modal berupa uang, bisnis juga membutuhkan sumber daya lainnya agar bisa bertahan. Misalnya, skill atau kompetensi, pengetahuan, relasi, pengalaman, dan sebagainya.

Peluang usaha menjadi sarana pemilik bisnis untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat, di samping menghasilkan profit. Peluang usaha juga melibatkan risiko yang mungkin terjadi, tapi harus diambil dan dihadapi jika Anda ingin mengelola sebuah bisnis.

Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri peluang usaha yang baik agar tingkat keberhasilan dari bisnis yang Anda jalankan akan semakin meningkat:

1. Modal yang Dibutuhkan Rendah

Modal usaha memang sangat diperlukan untuk memulai suatu usaha. Namun, masalah akan muncul jika Anda harus mengeluarkan modal secara terus menerus selama bisnis Anda berjalan.

Yang seharusnya terjadi adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya dari modal awal saja, selanjutnya dari keuntungan tersebut Anda dapat mengembangkan bisnis yang Anda jalankan tersebut. 

Jika hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus menganalisa kembali bisnis yang Anda jalankan sekarang, dari mulai rencana bisnis hingga keuangannya. Jika perlu, Anda dapat mengubah bisnis Anda atau mengubah cara kerja bisnis Anda secara menyeluruh.

2. Memiliki Risiko yang Kecil

Anda bisa melihat ciri-ciri peluang bisnis yang baik dari besar dan kecilnya risiko yang mungkin ada. Apalagi bagi pemula, hal yang paling menjadi momok saat menjalankan bisnis adalah kerugian. Untuk itu, Anda perlu menekan agar risiko kerugian tidak terlalu besar.

Bagi Anda yang masih pemula dalam berbisnis, guna mengurangi risiko kerugian yang besar, sangat penting untuk memilih dan memilah jenis bisnis yang akan Anda jalankan.

Untuk lebih amannya, pilihlah bisnis yang tingkat kesulitan atau levelnya ringan terlebih dahulu, agar ketika mendapatkan pesaing yang jauh lebih unggul, kerugian yang akan Anda alami tidak akan terlalu besar.

Baca Juga: 6 Contoh Peluang Usaha yang Bisa Diraih

3. Ketersediaan Sumber Daya

Ketersediaan sumber daya adalah salah satu kualitas paling penting dari peluang usaha yang baik dan layak dijalankan. Sumber daya yang dibutuhkan untuk bisnis terbagi dalam lima kategori: manusia, keuangan, pendidikan (skill), fisik, dan emosional.

Anda dapat mengkompilasi sumber daya bahkan setelah Anda memulai bisnis. Namun, ini harus menjadi hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya. Anda memang perlu memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis, namun Anda memerlukan sumber daya yang cukup untuk membuat bisnis Anda tumbuh pada masa depan.

4. Pasar Dapat Mengakomodasi Peluang

Saat melakukan evaluasi pada peluang bisnis yang baik, Anda harus mempertimbangkan ukuran pasar dari bidang bisnis yang Anda pilih. Lakukan riset untuk mengetahui apakah ada pasar untuk bisnis yang ingin Anda bangun dan seberapa besar pasarnya.

Sebelum Anda dapat melanjutkan bisnis tersebut, pastikan ada permintaan untuk produk yang akan Anda sediakan. Pahami pasarnya, ketahui seberapa banyak calon konsumen yang ada, dan seberapa besar kemungkinan calon konsumen tersebut bersedia membayar untuk apa yang ingin Anda jual.

Baca Juga: Perbedaan Ide dan Peluang Usaha yang Harus Dipahami

5. Sesuai dengan Kemampuan Anda

Saat melihat peluang usaha yang baik, Anda harus memperhatikan apakah Anda memiliki kemampuan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Jika Anda tidak memiliki kemampuan tersebut, tanyakan pada diri sendiri bagaimana Anda akan memanfaatkan peluang tersebut. Anda mungkin dapat mempekerjakan orang lain untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Keterampilan apa yang akan Anda cari dari seorang karyawan? Akankah karyawan tersebut cukup kompeten untuk memastikan peluang bisnis tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik? Pastikan untuk memperhatikan pertanyaan di atas ketika akan mempekerjakan orang lain.

6. Produk yang Dihasilkan Dibutuhkan Banyak Orang

Ciri peluang bisnis yang baik adalah produk bisnis yang Anda pilih dapat memenuhi kebutuhan banyak orang, misalnya kebutuhan primer atau sekunder. Oleh karena itu, Anda bisa menjual kebutuhan masyarakat berupa makanan, minuman, kebutuhan pokok lainnya, atau pakaian.

Hal ini akan meningkatkan keuntungan operasional Anda karena kedua jenis kebutuhan yang disebutkan di atas sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa memilih peluang bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Namun, jika Anda memilih peluang bisnis untuk kebutuhan tersier, kemungkinan besar Anda akan kesulitan untuk bertahan menjalankan bisnis ini. Mengapa? Karena kebutuhan tersier umumnya hanya dibutuhkan oleh kelompok masyarakat tertentu.

Oleh karena itu, pilihlah peluang bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan banyak orang karena hal ini juga akan membuat bisnis Anda bertahan lama.

Baca Juga: 7 Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil

7. Ide Bisnis Original atau Unik

Ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah orisinalitas dari ide bisnis tersebut, atau unik. Ide atau gagasan yang dihasilkan harus berbeda dan bukan hasil kecurangan karena menyontek usaha orang lain. Dalam berbisnis, ada baiknya jika Anda memiliki ciri dan keunikan tertentu. Mengapa? Karena belum tentu usaha yang Anda jalankan bisa membuahkan hasil sukses yang sama dari bisnis yang Anda tiru.

8. Skala industri yang dapat ditingkatkan

Peluang usaha yang potensial, merupakan ciri peluang usaha yang dapat berkembang dari waktu ke waktu. Hal yang terpenting adalah cara melihat potensi perkembangan bisnis di masa yang akan datang. Saat kamu memiliki ide usaha, coba pikirkan terlebih dahulu seberapa jauh usaha tersebut dapat berkembang dan ditingkatkan.

9. Tidak terus menghabiskan modal

Ciri peluang usaha yang baik ditandai dengan modal yang tidak digunakan secara terus menerus hingga habis. Menghabiskan modal secara terus menerus menandakan bahwa bisnis yang dijalani tidak berjalan dengan baik. Berikan target untuk pengelolaan modal dan lakukan evaluasi untuk memastikan usahamu berkembang.

Saat kamu terus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak tanpa adanya keuntungan, hal itu juga harus segera dievaluasi. Kamu perlu membuat rencana yang jelas terkait modal awal yang kamu butuhkan dan prediksi target balik modalnya.

Jika Anda sudah menemukan peluang usaha dengan ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas, maka sekarang saatnya Anda memanfaatkan peluang tersebut. Jika Anda membutuhkan modal untuk memulainya, Anda bisa menggunakan pinjaman dana tunai dari Modalku untuk mendapatkannya.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan