12 Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil

usaha makanan unik dengan modal kecil

Kuliner sering dipilih untuk berbisnis, ini karena membuatnya tidak sesulit yang dibayangkan. Jika ingin membuatnya, Anda hanya tinggal mencari resep di internet dan media sosial. Tentu saja hal seperti ini bisa Anda jadikan ide usaha makanan yang akan digemari oleh semua orang.

Namun mungkin Anda masih ragu mencoba resep makanan tersebut, karena membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika ini masalah Anda, maka Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah beberapa usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa Anda coba. 

Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil

Untuk menjual makanan dengan modal yang sedikit sebenarnya sangat mungkin untuk dilakukan. Semua bisa dimulai dari makanan yang Anda suka, misalnya makanan ringan yang cocok sebagai camilan. Yuk simak beberapa usaha makanan unik dengan modal kecil di bawah ini.

1. Keripik

Keripik memang bukan makanan ringan yang baru muncul di masyarakat, sudah banyak yang mencoba menjual makanan ringan ini dengan kreasi mereka sendiri yang laris terjual. Meskipun sudah banyak yang menjualnya, Anda masih tetap bisa mencoba berjualan keripik.

Carilah varian lainnya yang belum banyak dijual, misalnya dari rasa yang Anda tawarkan, atau dengan kemasan yang menarik dan cantik. Membuat makanan ringan seperti keripik tentu saja tidak membutuhkan modal yang banyak, Anda hanya perlu membeli bahan untuk keripik Anda seperti kentang atau ubi dan bumbu rasa serta kemasan. 

Baca Juga: Jastip adalah Usaha Menguntungkan Tanpa Modal Besar, Pahami Hal ini Sebelum Memulai

2. Permen Cokelat

Anda juga pasti sudah tidak asing dengan permen cokelat. Permen cokelat sudah sering kita lihat, khususnya mendekati hari Valentine. Untuk membuat permen cokelat yang laris terjual dan digemari oleh masyarakat, Anda harus membuat permen cokelat yang cantik dan estetik saat dilihat.

Tidak hanya enak untuk dilihat tetapi rasa dari permen cokelat juga harus enak. Sebagai percobaan awal, Anda bahkan hanya membutuhkan cetakan dan satu cokelat batang untuk dilelehkan. Setelah dilelehkan, Anda bisa mulai menuang cokelat ke dalam cetakan dan menunggu hingga cokelat mengeras. Lalu Anda bisa langsung mengemasnya dan menjualnya di media sosial. 

3. Churros

Seperti membuat kue, dalam membuat churros Anda hanya perlu membuat adonan yang terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, gula, susu, minyak untuk menggoreng dan cokelat untuk saus. Sangat mudah, bukan? Bahan-bahan yang dibutuhkan juga bahan-bahan yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah. 

4. Corn Dog

Makanan yang mulai viral di kalangan masyarakat ini juga bisa Anda jadikan usaha makanan yang akan laris. Sebab, membuatnya tidak sulit, di mana Anda hanya memerlukan sosis, tusukan sate, tepung roti dan tepung yang sudah dicampur air, setelah itu hanya perlu digoreng. Saat sudah selesai, Anda tinggal menuangkan berbagai saus, agar saat dimakan semakin nikmat. 

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Online Pemula yang Menjanjikan untuk 2022

5. Tahu dan Jamur Kriuk

Ada yang berkata bahwa semua bahan yang digoreng tidak akan pernah tidak enak. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya jenis varian makanan yang enak digoreng seperti tahu dan jamur kriuk yang hanya perlu Anda goreng. Lalu tambahkan rasa asin dari garam atau varian rasa lainnya dan voila! Tahu dan jamur kriuk siap untuk dijual. 

6. Cheese Ball

Cheese ball juga merupakan varian yang mulai dicari oleh banyak orang. Pembuatan cheese ball tidak sulit dan tidak membutuhkan bahan yang banyak. Anda hanya perlu membeli keju dan memotongnya kecil-kecil seukuran gigitan. Setelah itu masukan keju ke dalam tepung dan goreng hingga kecokelatan, maka cheese ball Anda sudah jadi. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pinjaman Kredit Tanpa Agunan di Tengah Pandemi

7. Dessert Jar

Ada juga dessert kecil yang juga bisa Anda coba jual, yaitu dessert jar. Saat ini tren masyarakat, khususnya anak muda sedang menggemari dessert jar dengan kemasan yang estetik. Selain penasaran dengan rasanya, mereka ingin memiliki kemasan yang estetik untuk disimpan. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, Anda hanya membutuhkan bahan untuk membuat puding dan buah-buahan. Setelah itu tinggal Anda masukan ke dalam jar yang cantik dan kemas sedemikian rupa. 

8. Salad Buah

Usaha makanan unik dengan modal kecil selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk membuat makanan ringan lain seperti salad buah yang segar. Kunci dari ide usaha makanan unik dengan modal kecil ini adalah, Anda harus menyajikannya dengan buah segar untuk membangun kepercayaan pelanggan.

9. Rice Box

Usaha makanan unik dengan modal kecil lainnya adalah rice box yang sudah sangat familiar di kalangan pekerja kantoran dan anak muda. Mereka biasanya lebih senang memilih makanan yang praktis dengan harga ekonomis.

Ide usaha makanan rice box bisa menjadi pilihan bisnis makanan yang bisa berkembang dengan cepat. Anda juga bisa bebas menentukan lauk yang akan disajikan dalam rice box. Seperti contoh, rice box ayam krispi sambal matah, dori hingga daging dengan variasi sambal. Anda bisa menambahkan menu tambahan seperti telur dan sebagainya.

10. Aneka Sambal Rumahan

Ide usaha makanan unik dengan modal kecil selanjutnya adalah ide usaha makanan aneka sambal rumahan. Anda tidak bisa memungkiri kalau mayoritas masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari menu persambalan. Tentu saja ini dapat menjadi ide usaha makanan yang sangat menguntungkan. Anda bisa menjual aneka sambal nusantara yang dikemas di dalam bentuk botol literan hingga botol yang kecil.

11. Makanan Khas Mancanegara

Selain makanan khas lokal, Anda bisa mencoba untuk membuka ide bisnis makanan dengan modal kecil dengan menu makanan khas mancanegara. Orang Indonesia sendiri dikenal mudah beradaptasi dengan makanan-makanan asing. Inilah mengapa kuliner mancanegara sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Seperti jajanan Korea (K-Food Street), sushi Jepang, pizza khas Italia, pasta seperti Mac and Cheese khas Inggris, Tom Yum khas Thailand, nasi kebuli dari Arab dan lain-lainnya.

12. Bomboloni

Ide bisnis makanan selanjutnya adalah menjual bomboloni yang mirip donat. Bedanya, bomboloni tidak memiliki bagian yang bolong di tengahnya. Melainkan diisi dengan berbagai pilihan rasa vla atau krim yang banyak digemari oleh banyak orang.

Hidangan donat yang berasal dari Italia ini bisa menjadi ide bisnis makanan yang mendatangkan cuan. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan donat. Usaha cemilan ini bisa Anda kreasikan sekreatif mungkin. Seperti menerima pesanan untuk ulang tahun atau semacamnya.

Bagaimana? Apakah ada makanan yang ingin Anda coba buat sebagai usaha? Semoga beberapa contoh usaha makanan unik dengan modal kecil di atas bisa membuat Anda terinspirasi, ya! Saat Anda sudah bertekad untuk membuat usaha menjadi lebih besar dan membutuhkanpinjaman dana tunaidalam waktu yang cepat, jangan lupa untuk mengunjungi Modalku. Modalku sebagai platform pendanaan digital bagi UMKM, siap membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

Tinggalkan Balasan