7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Anak Muda

7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Anak Muda

Ide bisnis rumahan modal kecil dapat menjadi sumber penghasilan tambahan atau passive income yang menjanjikan bagi anak muda. Keputusan mereka sangat tepat apabila mereka memilih menjalankan bisnis dibandingkan menghamburkan uangnya untuk kepuasan pribadi. Bisnis rumahan yang dibangun sejak dini dapat berkembang menjadi perusahaan besar dan membawa lebih banyak keuntungan bagi anak muda.

Angan-angan tersebut terlihat indah di benak anak muda. Mereka mencapai usia produktif dan ingin melakukan berbagai hal untuk mencapai kesuksesan masa depan. Bisnis menjadi salah satu langkah yang dipilih dan mereka ingin memulainya dari langkah terkecil. Pertanyaannya, ide bisnis rumahan apa yang cocok dijalankan untuk memulai perjalanan mewujudkan impian tersebut?

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil nan Menjanjikan bagi Anak Muda

Anda tidak perlu bingung mencari ide usaha rumahan untuk dieksekusi. Modalku memberikan sejumlah ide bisnis modal kecil yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan. Anak muda yang berkuliah atau bekerja dapat menghabiskan waktu luangnya untuk mengelola ide usaha di bawah ini.

1. Jasa Cuci Motor atau Mobil

Jumlah pengguna kendaraan bermotor semakin meningkat setiap tahunnya. Mereka ingin kendaraan tetap bersih dan bebas kotoran, terutama saat musim hujan. Anda bisa menangkap peluang ini dengan membuka usaha cuci motor atau mobil.

Space yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak perlu besar, jadi tidak perlu mengalokasikan dana untuk sewa tempat. Mulailah dari garasi atau lahan kosong di sekitar rumah Anda. Lakukan riset mengenai peralatan cuci kendaraan bermotor yang berkualitas dengan harga grosir. Semua persiapan di atas cukup menjadi bekal untuk mulai usaha mencuci kendaraan bermotor.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

2. Usaha Kerajinan Tangan

Bentuk kerajinan tangan sangat bervariasi, mulai dari rajutan, merangkai bunga, hingga proyek besar seperti schedule board dari papan akrilik. Apapun keahlian Anda dalam kerajinan tangan, gunakan untuk menghasilkan keuntungan besar. Peluangnya juga cukup besar, terutama di kalangan anak muda yang menyukai barang-barang unik.

Anda dapat menerima pesanan pelanggan yang ingin menggunakan keterampilan ini. Contohnya, Anda sebagai florist atau perangkai bunga dapat bekerja sama dengan party planner untuk membuat dekorasi yang cantik. Intinya, cari kesempatan bisnis yang menguntungkan berbekal kreativitas.

3. Jasa Fotografi atau Videografi

Peluang usaha ini cukup menjanjikan, mengingat banyak orang yang ingin mengabadikan momen bahagianya. Bagi mahasiswa, Anda dapat menangkap peluang ini saat ada momen wisuda di kampus. Anda bisa meraup untung besar apabila terdapat beberapa sesi wisuda dalam satu hari.

Jika ada ruang kosong di rumah atau kos, cobalah membuka studio foto estetik yang digemari anak muda seusia Anda. Hias ruangan tersebut secantik mungkin dan lakukan renovasi apabila diperlukan. Modal usaha lainnya dapat dialokasikan untuk membeli lisensi audio dan desain grafis untuk keperluan edit video.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Online Pemula yang Menjanjikan untuk 2022

4. Penyewaan Barang

Apabila memiliki barang elektronik yang tidak rutin digunakan, sewakan saja kepada orang lain. Kamera, sound system, laptop, dan lain-lain merupakan sejumlah barang yang dicari untuk disewa. Selain barang elektronik, Anda bisa menyewakan barang lainnya yang dibutuhkan orang lain.

Hasil keuntungan yang didapatkan cukup tinggi, tergantung kualitas barang yang disewakan. Potensi keuntungannya semakin besar jika barang yang disewakan memiliki peralatan pendukung yang lengkap. Contohnya, harga sewa sound system lebih tinggi kalau dilengkapi dua mikrofon.

5. Reseller Buku Kuliah

Peluang ini cukup menjanjikan bagi mahasiswa yang mewajibkan buku teks dalam kegiatan perkuliahannya. Lihatlah teman-teman satu jurusan Anda dan cari tahu berapa orang yang membutuhkan buku kuliah, tapi tidak sempat membeli karena kesibukannya. Anda bisa mencari supplier buku perkuliahan terlengkap, kemudian menjual produknya dengan mengambil sedikit keuntungan dari hasil penjualan.

Beli buku kuliah bekas dari senior atau junior di kampus yang tidak lagi membutuhkannya. Cara ini lebih praktis dan lebih menguntungkan apabila Anda menjual buku tersebut ke supplier buku kuliah bekas. Anda pun berkontribusi mengurangi jumlah buku bekas yang tidak terpakai jika mengaplikasikan cara ini.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Di Masa Pandemi yang Bisa Anda Lakukan

6. Guru Les

Manfaatkan waktu luang dan ilmu yang dimiliki untuk menghasilkan keuntungan. Anda tidak hanya mengajarkan pelajaran sekolah kepada anak-anak jika ingin berbisnis di bidang ini. Guru les juga bisa mengajar bidang lain sesuai ilmu atau keterampilan yang dimilikinya.

Jika Anda memiliki kemampuan di digital marketing, tawarkanlah kepada fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan. Tips ini berlaku pula pada bidang keterampilan lainnya. Modal yang tersedia dapat digunakan untuk upgrade ilmu dan mengambil ujian sertifikasi, sehingga bisnis Anda lebih kredibel pada masa depan.

7. Thrift Shop

Modal untuk bisnis thrift shop lebih kecil daripada membuka bisnis fashion. Satu bal atau karung pakaian thrift bisa didapatkan mulai Rp200.000,- sampai Rp2.000.000,-. Modal usahanya dapat ditekan karena Anda tidak harus membuka toko fisik untuk usaha ini.

Anda cukup mempromosikan dagangan secara live streaming di media sosial atau situs jual beli. Pilih jam yang tepat dan berpotensi mendatangkan banyak penonton video live streaming Anda. Bisnis ini dapat berkembang menjadi supplier bal thrift dan menjual paket usaha kepada toko thrift lainnya.

Masih banyak ide usaha rumahan lainnya yang dapat dipilih. Kunci agar bisnis rumahan berkembang besar cukup sederhana, yakni lakukan secara konsisten dan bersabarlah dalam hasilnya. Semakin cepat bisnis rumahan ini dieksekusi, Anda akan menuai hasil yang manis pada waktunya.

Bila bisnis Anda berkembang suatu saat nanti, tentu akan dibutuhkan sejumlah dana agar tetap beroperasi. Di sinilah peran Modalku, yakni menawarkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan bisnis Anda. Persyaratannya mudah dan sudah banyak UMKM yang menggunakan program pinjaman ini. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!

Manakah ide bisnis rumahan modal kecil di atas yang ingin Anda eksekusi?


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan