10 Ide Bisnis Di Masa Pandemi yang Bisa Anda Lakukan

bisnis di masa pandemi

Pandemi Covid-19 memang belum selesai dan Anda masih bisa memanfaatkannya untuk berbisnis. Peluang bisnis di masa pandemi cukup besar, apalagi kebutuhan orang yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Hampir setiap saat orang mencari barang yang dibutuhkan di situs jual beli atau makanan di aplikasi delivery.

Kebutuhan pasar yang kian meningkat hendaknya dijadikan sebagai peluang meraup keuntungan. Anda harus pintar memahami kebutuhan masyarakat di sekitar dan menyediakan produknya supaya kebutuhan mereka terpenuhi. Pelanggan puas, Anda pun senang karena berhasil mendapatkan laba dan pemasukan di masa pandemi.

Pilihan Bisnis di Masa Pandemi yang Layak Dicoba

Banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda coba di masa pandemi ini, mulai dari bidang kuliner hingga digital. Anda harus mengelola bisnis ini secara tepat supaya keuntungan yang dihasilkan pun tidak sedikit. Sesuaikan pula ide bisnis dengan kebutuhan masyarakat atau target pasar Anda.

Apa saja ide bisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan di masa pandemi? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Kursus Online

Anda tidak harus mengajarkan mata pelajaran sekolah, bisa pula keterampilan atau skill yang dimiliki. Mulai dari skill desain grafis, content writing, memasak, dan lain-lain, Anda dapat menyasar pasar yang lebih luas hanya dengan mengajarkan skill. Jumlah pengangguran yang kian meningkat akibat pandemi bisa jadi peluang bisnis yang bagus karena mereka butuh mempelajari skill yang relevan.

2. Berjualan Aset Digital

Aset digital seperti foto, video, atau desain grafis bisa Anda jual secara online kepada website yang menjual foto atau video online. Anda akan mendapatkan komisi yang bervariatif, tapi harganya bisa naik kalau kualitas fotonya bagus. Komisi ini dihitung berdasarkan jumlah orang yang membeli atau mengunduh karya Anda.

3. Tanaman Hias

Budidaya tanaman hias menjadi hal yang populer di masa ini. Minat masyarakat terhadap tanaman hias meningkat lantaran mereka banyak menghabiskan waktunya di rumah. Selain sebagai hiasan, tanaman hias pun berguna sebagai sarana pelepas penat saat merawatnya.

Baca Juga: 4 Alasan Bisnis Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

4. Jasa Desain Grafis

Banyak bisnis yang ingin mempromosikan dagangannya secara digital seiring perkembangan digital marketing yang pesat. Jika Anda memiliki kemampuan mendesain, gunakan skill ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda dapat mematok sendiri harga jasanya sesuai tingkat kesulitan tugas yang diberikan.

5. Jasa Konten Kreator

Selain desain grafis, bisnis pun memerlukan konten video untuk media sosial mereka. Gunakan kemampuan video editing Anda untuk menghasilkan video yang memiliki daya tarik saat dipromosikan. Modal yang diperlukan tidak besar, Anda cukup membeli lisensi aplikasi serta peralatan untuk rekaman video.

6. Jasa Pembuatan Website

Website menjadi sarana informasi sekaligus marketing bagi bisnis saat ini. Pembuatan website sebenarnya tidak sederhana, diperlukan beberapa keahlian khusus untuk merancangnya. Semakin banyak fitur yang diminta, Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi. Tawarkan keahlian membuat website kepada pelanggan dan Anda akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis ini.

7. Makanan Beku

Frozen food atau makanan beku menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang tidak sempat memasak. Pengolahannya mudah dan daya simpannya pun cukup lama. Anda dapat membuat menu frozen food yang bervariasi, seperti nugget, dimsum, dan lain-lain. Keuntungan berjualan makanan beku pun tidak sedikit, jadi tidak mengherankan apabila banyak restoran yang mulai menyediakan menu frozen food.

Baca Juga: 6 Tips dan Cara Memulai Usaha Dari Nol

8. Delivery Bahan Makanan

Kesibukan bekerja di rumah alias WFH membuat orang tidak sempat berbelanja bahan makanan di pasar. Tawarkan saja jasa pengantaran bahan atau suplai makanan dari pasar tradisional. Keuntungan yang dihasilkan dari usaha ini cukup menjanjikan. Anda pun dapat membantu penjual di pasar yang sepi pembeli akibat masa pandemi.

9. Produk Kesehatan Tubuh

Masker, hand sanitizer, dan vitamin adalah tiga produk yang paling dicari selama masa pandemi. Gunakan kesempatan ini untuk meraih laba besar dengan berjualan tiga barang tersebut. Anda pun dapat melayani jasa pembuatan hampers berisi tiga produk tersebut agar minat pasar semakin besar.

Baca Juga: Ciri-ciri Wirausaha Sukses yang Harus Anda Tanamkan Dalam Diri

10. Bisnis Thrift Pakaian

Salah satu nilai bisnis thrift di mata pelanggan yakni mereka bisa mendapatkan harta karun berupa pakaian branded atau memiliki model unik. Usaha thrift ini sangat laris dan menjanjikan keuntungan besar, apalagi kalau Anda mengadakan live shopping. Anda tidak membutuhkan modal besar karena bisnis ini cukup menggunakan media sosial sebagai sarana pemasarannya.

Apa pun pilihan bisnis di masa pandemi yang ingin dijalankan, gunakan strategi yang tepat agar tidak tumbang sewaktu-waktu. JIka ingin mengembangkan bisnis, jangan bingung tentang modalnya, ajukan pinjaman tanpa agunan dari Modalku sebagai sumber dana bisnis Anda. Rasakan berbagai keuntungan pinjaman online tanpa agunan di Modalku, mulai dari plafon besar hingga tenor yang fleksibel. Segera download aplikasinya di Google Play Store atau App Store dan kembangkan bisnis Anda bersama Modalku.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan