Kredit Modal Kerja untuk Suntik Perkembangan Bisnis Anda

kredit modal kerja

Saat ingin memulai usaha, Anda perlu menyiapkan modal. Jika besaran modal yang Anda punya tidak cukup, ada beberapa jenis pinjaman yang bisa membantu, salah satunya Kredit Modal Kerja. Kredit Modal Kerja adalah jenis kredit untuk pelaku usaha agar modal tercukupi dan biasanya diberikan oleh pihak bank. Anda bisa mengandalkan Kredit Modal Kerja untuk suntik perkembangan bisnis Anda. Berikut informasinya!

Apa itu kredit modal kerja?

Kredit Modal Kerja adalah jenis kredit yang khusus diberikan untuk membiayai usaha, biasanya oleh lembaga keuangan (umumnya bank) kepada UMKM dan bisnis perorangan. Fasilitas kredit ini umum dijadikan sumber dana utama untuk membiayai usaha, terutama untuk membayar utang dagang atau membeli kebutuhan operasional, karena bunga per tahunnya relatif rendah dan pengajuannya cukup mudah.

Namun, kredit ini bukan jenis pinjaman jangka panjang karena biasanya memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun. Jika butuh pembiayaan modal usaha dengan tenor lebih panjang, Anda bisa mempertimbangkan Kredit Modal Kerja Permanen.

Apa itu kredit modal kerja permanen?

Kredit Modal Kerja Permanen adalah jenis pinjaman modal yang tenornya lebih panjang dibanding Kredit Modal Kerja, biasanya hingga tiga tahun. Tujuan dari diberikannya pinjaman ini adalah untuk menutup biaya produksi perusahaan. Jadi, jika Anda sedang mencari tambahan modal untuk biaya produksi, seperti iklan dan promosi, pengemasan produk, pembelian bahan baku, distribusi, gaji karyawan, hingga sewa tempat usaha, maka Kredit Modal Kerja permanen bisa jadi pilihan. 

Bunga Kredit

Berbicara soal bunga kredit, setiap lembaga keuangan menetapkan suku bunga yang berbeda-beda. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada November 2021 menunjukkan bahwa rata-rata suku bunga pinjaman untuk modal kerja bank umum mencapai 8,72% per tahun. Adapun rentang nilai bunga yang berlaku adalah dari 6,18%-9,9%. Lembaga keuangan yang mencatatkan bunga dengan nilai terbesar adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan suku bunga 9,9%. Sementara itu, bank asing atau campuran justru memberikan suku bunga terendah.

Lihat juga: Kelebihan pinjaman modal usaha tanpa jaminan

4 Jaminan yang biasanya dibutuhkan untuk kredit

Perlu Anda ketahui, Kredit jenis ini memerlukan agunan atau jaminan. Beberapa jaminan yang biasanya diperlukan untuk Kredit Modal Kerja adalah:

1. Kendaraan

Anda bisa menjadikan kendaraan bermotor sebagai jaminan. Untuk mengajukan kredit menggunakan jaminan ini, Anda perlu menyediakan beberapa dokumen sebagai persyaratan pengajuan pinjaman. Dokumen yang dimaksud adalah BPKB, STNK, faktur pembelian kendaraan, blanko kuitansi pembelian yang ditandatangani oleh pemilik sebelumnya (jika bekas) di atas materai, serta KTP sebagai bukti identitas.

2. Tanah dan bangunan

Tanah dan bangunan bisa menjadi salah satu jaminan untuk Kredit Modal Kerja. Ada sejumlah dokumen yang perlu Anda siapkan jika ingin mengambil kredit dengan agunan ini, di antaranya adalah gambar tanah, bangunan, sertifikat tanah atau akta jual beli, izin mendirikan bangunan, serta Pajak Bumi Bangunan (PBB) terbaru.

3. Inventaris perusahaan

Inventaris perusahaan merupakan stok atau persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan yang bisa membantu produktivitas bisnis. Beberapa contoh inventaris perusahaan termasuk komputer, CPU, keyboard, speaker, kendaraan perusahaan, dan lain-lain. Memiliki nilai ekonomi yang cukup besar, inventaris perusahaan juga bisa dijadikan jaminan. Anda hanya perlu menyerahkan surat inventory sebagai dokumen yang dibutuhkan.

4. Surat-surat berharga

Anda bisa menggunakan surat berharga, dokumen yang punya nilai, dilindungi oleh hukum, dan diakui oleh negara sebagai jaminan kredit ini. Salah satunya adalah piutang. Anda hanya perlu menyerahkan dokumen daftar piutang yang dimiliki oleh perusahaan. Beberapa bentuk surat berharga lainnya adalah wesel, cek, hingga kuitansi. 

Kredit Modal Kerja adalah jenis kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk suntik perkembangan bisnis Anda. Jika Anda butuh jenis pinjaman lain yang tidak memerlukan agunan, Anda bisa mengajukan pinjaman di Modalku. Selain sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), platform pembiayaan modal usaha ini juga memiliki reputasi dan pelayanan yang baik bagi nasabahnya. Klik di sini untuk dapatkan informasi lebih lengkap tentang berbagai layanan Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan