Pinjaman Kredit Tanpa Agunan Bank dan Fintech, Pilih Mana?

pinjaman krefit tanpa agunan

Kadang kala, ada kebutuhan mendesak yang perlu segera dibayar, tetapi dana yang dibutuhkan belum tersedia. Selain itu, ada pula kondisi saat bisnis mulai meredup dan perlu tambahan modal. Kondisi-kondisi tersebut bisa diselesaikan salah satunya dengan meminjam dari layanan pinjaman dana. Seiring waktu, layanan pinjaman ini menyediakan layanan pinjam kredit tanpa agunan. Hal ini tentunya semakin meringankan masyarakat yang sedang membutuhkan. 

Apa Itu Pinjaman Kredit Tanpa Agunan?

Pinjaman kredit tanpa agunan atau yang biasa disebut KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah pinjaman dana yang dipinjam oleh suatu nasabah atau klien tanpa menggunakan agunan (jaminan). Saat ini, layanan pinjaman kredit tanpa agunan tersedia tidak hanya di bank, melainkan juga fintech.

Hadirnya pinjaman kredit tanpa agunan ini tentu memudahkan masyarakat untuk mengatasi masalah-masalah mendesak dalam hidupnya yang berkaitan dengan finansial. Bagi Anda yang membutuhkan modal usaha atau dana mendesak, Anda tidak perlu repot memberikan jaminan jika dana sudah disetujui dan cair. Syarat-syarat yang diberikan pun terbilang mudah.

Namun, dari kedua jenis layanan pinjaman kredit tanpa agunan, manakah yang perlu dipilih? Kredit Tanpa Agunan yang disediakan bank atau yang disediakan oleh fintech? Berikut adalah perbandingan keduanya.

KTA Bank vs KTA Fintech

Meski sama-sama berupa pinjaman kredit tanpa agunan, terdapat beberapa perbedaan antara KTA bank dengan KTA fintech. Hal ini juga biasanya akan bergantung pada kebutuhan Anda. Jika menggunakan layanan pinjaman tanpa jaminan dari bank, mereka biasanya memberikan plafon yang jauh lebih tinggi. Meski begitu, bunga cicilannya lebih rendah dan tenornya lebih panjang. 

Pinjaman kredit di bank sebagian besar digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan sangat penting yang muncul tidak setiap saat, seperti biaya sekolah, biaya liburan, biaya DP KPR, dan lain-lain. Kebutuhan yang lebih banyak dibiayai dengan pinjaman kredit ini umumnya berupa kebutuhan tersier.

Sementara itu, pinjaman kredit tanpa agunan di fintech juga bisa menjadi pilihan masyarakat. Jika layanan pinjaman kredit tanpa jaminan di bank menawarkan plafon yang jauh lebih tinggi, layanan pinjaman kredit di fintech umumnya jauh lebih rendah. Meski begitu, bunga cicilannya yang berupa nominal tambahan tiap bulan, terbilang lebih tinggi dengan tenor (jangka waktu) yang lebih pendek atau sebentar.

Pencairan dana yang telah disetujui ini umumnya digunakan untuk kebutuhan penting mendesak atau kebutuhan penting yang sering terjadi. Oleh karena itu, nominal dana pinjam yang ditawarkan tidak begitu besar.

Keuntungan ajukan pinjaman KTA di fintech

Berkat perkembangan teknologi dan finansial yang semakin pesat, pinjaman kredit tanpa agunan di fintech memiliki beberapa keuntungan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Bisa Dilakukan Secara Online

Satu hal yang sangat memudahkan masyarakat adalah kepraktisan dalam proses pendaftaran dan pengajuan dana. Jika sebelumnya Anda diharuskan pergi ke bank secara offline dan bertatap muka dengan pegawai bank dalam rangka mengajukan dana pinjaman, kini Anda tidak perlu pergi jauh dan bersusah payah. Anda cukup mengajukan secara online melalui website resmi fintech dan duduk manis di depan layar handphone atau gawai. Anda juga cukup mendaftar dengan mengisi data diri, melampirkan foto KTP secara online, dan lain-lain. 

2. Lebih Mudah dan Cepat

Selain dari segi kepraktisan, keuntungan menggunakan layanan pinjaman kredit tanpa agunan juga dapat dirasakan dari segi kecepatan. Anda tidak perlu lagi mengantre dan mengikuti satu demi satu tahapan dengan mengisi banyak formulir. Semua data yang perlu diisi dapat dikerjakan secara online, kapan pun dan di mana pun. Atas perkembangan teknologi pula, proses pengolahan pendaftaran dan pengajuan pinjaman seseorang dapat diproses dengan sangat cepat.

3. Proses Pengecekan Sederhana

Setelah mendaftar, data yang sudah Anda kirimkan akan dicek secara cepat, sederhana, dan aman. Misalnya, data diri yang Anda masukkan akan dicek dan disinkronkan dengan lampiran berkas-berkas yang dikirim juga secara online. Hal ini tentunya tidak akan membuat Anda menunggu lama dan melakukan proses-proses yang ribet.

4. Persyaratan Minim

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan, persyaratan yang diwajibkan umumnya tidak terlalu banyak dan mudah diberikan. Persyaratan tersebut beberapa di antaranya adalah perlu mengunduh aplikasi pinjaman online, upload foto KTP dan swafoto, memiliki NPWP, mencantumkan rekening bank selama tiga bulan, dan lain-lain. Anda tidak perlu repot lagi dalam mengurus berkas-berkas yang banyak dalam bentuk fisik.

Memilih penyedia layanan pinjaman kredit tanpa agunan tentunya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda dapat mengajukan pinjaman ke Modalku sebagai fintech penyedia pinjaman, terutama  bagi UMKM dan perusahaan bisnis. Yuk, daftar dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan