Mengenal Karakteristik dan Kelebihan Bank Digital yang Kini Populer

Mengenal Karakteristik dan Kelebihan Bank Digital yang Kini Populer

Beberapa tahun belakangan ini, kehadiran bank digital menjamur dan semakin populer. Bukan sekadar mobile banking, ia merupakan layanan online banking yang dilakukan memakai alat digital. Untuk lebih jelasnya, mari simak informasi tentang karakteristik dan kelebihan bank digital yang kini populer berikut ini!

Apa itu bank digital?

Bank digital merupakan bank yang memfasilitasi seluruh fungsi bank (head office, branch office, online service, bank cards, ATM and point of sale machines) dalam layanan platform digital. Layanan yang ditawarkan lebih dari sekadar perbankan digital dan biasanya juga menawarkan tools manajemen keuangan yang unik di aplikasinya.

Melalui bank digital, nasabah bisa memperoleh kemudahan dalam menabung atau mengatur perputaran uang bulanan. Anda juga bisa menikmati fitur yang memudahkan akses terhadap tabungan, mengajukan pinjaman, dan berinvestasi untuk masa depan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bank digital merupakan bank yang sepenuhnya berbasis online dalam menyelenggarakan dan menawarkan jasa perbankan, serta memanajemen keuangan nasabah. Kehadirannya dapat memudahkan nasabah melakukan kegiatan perbankan karena seluruh layanan, mulai dari pembukaan rekening, deposit, transfer, dan sebagainya bisa dilakukan secara online tanpa harus mengunjungi bank.

Bank digital berbeda dari digital banking

Apa itu bank digital berbeda dari digital banking. Bank digital hanya perlu mempunyai satu kantor pusat untuk menjalankan kegiatan usahanya secara digital, sedangkan digital banking merupakan bank konvensional yang dilengkapi dengan kemampuan digital banking seperti mobile banking. Bank digital menawarkan produk dan layanan perbankan tradisional secara online, sementara digital banking memanfaatkan layanan perbankan melalui aplikasi mobile yang terpasang dalam smartphone nasabah.

Karakteristik bank digital

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu bank digital, Anda juga perlu memahami karakteristiknya. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Lebih dari sekadar aplikasi perbankan

Berbeda dari mobile banking yang menawarkan berbagai fitur dalam satu aplikasi untuk transaksi seperti yang bisa dilakukan lewat ATM (pembayaran tagihan, transfer dana, pembelian voucher pulsa, dan sebagainya), bank digital memungkinkan nasabah melangsungkan aktivitas perbankan yang biasa dilakukan di kantor cabang (membuka akun deposito, mengisi e-wallet, dan sebagainya).

2. Tidak perlu kantor cabang

Bank digital tidak perlu kantor cabang yang beroperasi lewat jalur distribusi fisik atau tersebar di pelosok daerah untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Layanan perbankan diberikan melalui sarana elektronik atau digital milik bank sehingga nasabah bisa melangsungkan aktivitas perbankan secara mandiri. 

3. Berbasis biometrik e-KTP

Karakteristik yang terakhir adalah layanan berbasis biometrik e-KTP. Jadi, teknologi biometrik pada e-KTP tidak hanya dipakai untuk pencatatan sipil, namun juga sebagai database dalam industri perbankan. Verifikasi dan keamanan data nasabah pun dapat tercatat dan terintegrasi lewat teknologi biometrik berupa sidik jari. Itulah mengapa bank digital mempersingkat waktu dalam membuka rekening, saat login, atau setiap melakukan transaksi.

Manfaat bank digital

Popularitas bank digital tidak terlepas dari berbagai manfaat yang diberikan. Berikut ini sejumlah manfaat tersebut:

1. Transaksi di mana saja dan kapan saja

Sejak kemunculannya, bank satu ini memberikan semua layanan secara online dan tidak mengandalkan kantor cabang fisik. Dengan demikian, nasabah bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. 

2. Bunga lebih besar

Bank digital pada umumnya berani menawarkan bunga lebih besar daripada bank konvensional, baik untuk produk tabungan maupun deposito. Rata-rata, mereka menawarkan bunga tabungan dan deposito di atas 4%, sementara bank konvensional di bawah 3%.

3. Biaya admin lebih kecil

Operasional yang serba online berpotensi membuat biaya administrasi lebih kecil. Hal ini mungkin terjadi karena bank digital tidak perlu membangun atau mengelola sejumlah kantor cabang di berbagai wilayah yang notabene membutuhkan biaya besar.

4. Promo dan reward khusus

Berbagai promo dan reward khusus yang ditawarkan bank bisa dimanfaatkan oleh nasabah, seperti diskon, cashback, hingga poin yang dikumpulkan untuk ditukar dengan voucher diskon atau produk. Manfaat ini membuat nasabah semakin senang bertransaksi menggunakan bank digital. 

5. Layanan 24 jam

Bank digital bisa memberikan layanan 24 jam karena semua layanan sudah serba online sehingga meningkatkan efisiensi nasabah saat melakukan aktivitas keuangan. Layanan perbankan secara online membuat nasabah hanya perlu memakai ponsel dan koneksi internet untuk membuka rekening atau mengakses layanan keuangan lain.

Setelah mengetahui apa itu bank digital dan berbagai karakteristik serta kelebihannya, tidak heran jika kehadirannya kini semakin populer. Apabila belum, Anda bisa menggunakan bank digital sekarang untuk mendapatkan semua manfaat yang ditawarkan. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan