Belakangan ini, istilah digital banking makin sering terdengar. Disebut-sebut, layanan ini akan menggeser perbankan konvensional, bahkan mengubah keseluruhan industri perbankan. Namun, sebenarnya apa itu digital banking? Apakah ini merupakan layanan yang sama dengan mobile atau internet banking? Lalu, apa saja layanan yang ditawarkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut!
Apa Itu Digital Banking?
Menurut penjelasan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), digital banking adalah layanan perbankan yang menggunakan sarana elektronik atau digital milik bank, dan/atau melalui media digital milik nasabah yang dilakukan secara mandiri. Dengan begitu, nasabah akan lebih mudah memperoleh informasi, melakukan komunikasi, sekaligus melaksanakan transaksi perbankan.
Teknologi ini muncul karena berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah masalah keamanan. Sekarang ini, ancaman keamanan yang mengintai sektor perbankan semakin canggih dan bermacam-macam jenisnya. Bertahan pada sistem lama hanya akan membuat celah keamanan semakin longgar.
Perlu diingat, digital banking tidak sama dengan mobile atau internet banking. Berbeda dengan bank konvensional yang menawarkan layanan secara langsung di lokasi (on-site), layanan yang ditawarkan bank digital hadir dalam format digital sehingga memungkinkan nasabah untuk bisa bertransaksi dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor cabang.
Sejarah Singkat Digital Banking
Munculnya digital banking sebenarnya sudah dimulai sejak kehadiran mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Mesin ATM lahir pada 1960-an dan dirancang untuk memberikan layanan perbankan di luar kantor cabang. Dengan hadirnya mesin ATM ini, nasabah tidak perlu lagi ke bank untuk bisa mendapatkan informasi rekening mereka atau untuk melakukan transaksi.
Sejak saat itu, industri perbankan terus mengembangkan layanan agar nasabah bisa bertransaksi dari mana saja. Hingga akhirnya, penggunaan internet meluas. Industri perbankan pun kemudian memanfaatkan inovasi tersebut untuk memberikan layanan internet banking pada 1990-an. Tak berhenti sampai di situ, perbankan pada 2010-an masuk ke era baru yaitu digital banking.
Di Indonesia sendiri, sudah banyak bank konvensional yang menghadirkan digital banking. Beberapa bahkan beroperasi dalam format digital secara keseluruhan. Data yang dihimpun dari PwC Indonesia bahkan menemukan bahwa 66 persen penyedia layanan perbankan telah menetapkan digital banking sebagai bagian dari strategi perusahaan.
Baca juga: Mengenal Bank Digital yang Kini Marak di Indonesia
4 Jenis Layanan Digital Banking
Sekarang mari membahas tentang layanan digital banking. Sama halnya dengan bank konvensional, digital banking pun menawarkan beberapa layanan untuk para nasabah, di antaranya:
- SMS Banking
Layanan digital banking yang satu ini diberikan melalui SMS atau Short-Message Service. Melalui layanan ini, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan mengirimkan SMS dengan kode khusus ke nomor bank. Nantinya, pihak bank akan mengonfirmasi pesan tersebut sebelum menjalankannya.
- Phone Banking
Bagi Anda yang lebih suka berinteraksi langsung dengan customer service bank, bisa mencoba layanan phone banking dari bank digital. Pada layanan ini, nasabah menghubungi pihak bank melalui nomor khusus. Dari situ, sistem akan mengarahkan nasabah hingga keperluan mereka selesai. Selain interaksi dengan customer service, terkadang phone banking juga dilakukan oleh sistem secara otomatis.
- Mobile Banking
Berikutnya, ada layanan mobile banking. Layanan bank digital yang satu ini dapat diakses melalui ponsel. Biasanya, bank akan meminta nasabah untuk mengunduh aplikasi bank. Nah, melalui aplikasi tersebut, nasabah bisa melakukan transaksi yang diinginkan, mulai dari pengecekan saldo, transfer, mengisi e-money, hingga melakukan investasi.
- Internet Banking
Terakhir ada internet banking. Sesuai namanya, layanan ini dijalankan dengan dukungan internet. Nasabah dapat mengakses layanan ini melalui web browser dan mengetikkan alamat bank. Lewat internet banking, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi, seperti transfer dana dan cek mutasi.
Baca Juga: Mengenal Karakteristik dan Kelebihan Bank Digital yang Kini Populer
Itu dia penjelasan mengenai digital banking beserta layanan yang ditawarkannya. Apakah Anda sudah pernah memanfaatkan layanan dari bank digital? Modalku sendiri mendukung pertumbuhan ekosistem bank digital di Indonesia. Sebab hingga sekarang, Modalku pun berjalan di jaringan digital. Selain itu, Modalku juga telah bekerja sama dengan bank digital untuk bisa memberikan layanan keuangan yang lebih mudah dijangkau.
Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!
Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.
Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.
Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.
Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.
Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).