Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Banyak perusahaan yang mulai menerapkan strategi pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis mereka. Apakah Anda sudah mulai menerapkan strategi pemasaran digital di dalam bisnis yang tengah dijalankan saat ini?

Strategi pemasaran digital dapat disebut juga dengan digital marketing. Seluruh bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan di dalam dunia digital, mulai dari pembuatan konten di media sosial, website, YouTube, dan lainnya termasuk ke dalam strategi pemasaran digital.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari berbagai macam strategi pemasaran digital yang populer saat ini. Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, mari pahami terlebih dahulu pengertian dari digital marketing.

Apa Itu Strategi Pemasaran Digital?

Strategi pemasaran digital merupakan kegiatan promosi yang menggunakan media digital. Tujuan dari dilakukannya strategi ini adalah untuk membangun brand awareness agar masyarakat luas dapat mengenali bisnis yang sedang dipasarkan.

Anda tentu menyadari bahwa perkembangan dunia digital sangatlah pesat. Jumlah pengguna internet terus meningkat setiap tahunnya. Segala informasi yang dibutuhkan dapat dicari melalui internet.

Di dalam menjalankan pemasaran digital, konsep soft selling lebih menonjol dibandingkan dengan hard selling. Soft selling merupakan pendekatan kepada pelanggan dengan cara yang perlahan tapi pasti.

Pendekatan yang terlalu agresif atau hard selling melalui digital marketing akan membuat pelanggan kurang tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, hampir sebagian besar strategi pemasaran yang dilakukan di dalam dunia digital bersifat narasi atau menjual cerita yang mampu menarik emosi pengguna internet hingga akhirnya mereka ingin melakukan transaksi pembelian.

5 Strategi Pemasaran Digital yang Populer Pada Tahun 2022

Di bawah ini, Anda dapat melihat 5 strategi pemasaran digital yang populer pada tahun 2022, yaitu:

1. Social Media Marketing

Contoh strategi pemasaran digital pertama yang dapat diterapkan dalam bisnis Anda adalah social media marketing. Anda dapat melakukan kegiatan pemasaran di berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga LinkedIn.

Media sosial sudah banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki. Anda pun juga dapat menggunakan media sosial untuk melakukan kegiatan pemasaran di dunia digital.

Penggunaan media sosial sangatlah mudah. Anda tentu sudah familier dengan media sosial. Akan tetapi sebagai seorang pebisnis, Anda tidak dapat menggunakan media sosial bisnis seperti akun pribadi.

Di dalam akun media sosial pribadi, Anda pasti sering membagikan hal-hal yang bersifat personal dan tidak perlu mempedulikan jumlah likes dan comments. Lain halnya dengan media sosial bisnis di mana likes dan comments memengaruhi performa strategi pemasaran yang sedang Anda jalankan.

Supaya media sosial bisnis Anda dapat menarik perhatian audiens, maka diperlukan konten-konten yang interaktif dan kreatif. Anda perlu aktif dalam mengisi konten yang mampu menarik audiens untuk melakukan pembelian.

Baca Juga: Ingin Bisnis Sukses? Coba 6 Strategi Pemasaran Online Ini!

2. SEO (Search Engine Optimization)

Platform yang ada di dunia digital tidak sebatas pada penggunaan media sosial saja. Ada juga website yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat penjualan online sehingga Anda perlu melakukan optimasi website.

Optimasi website ini dinamakan dengan SEO atau Search Engine Optimization. Tujuan dari dilakukannya optimasi website supaya website bisnis Anda dapat muncul di halaman pertama Google dan menarik banyak pengguna internet untuk mengunjungi website tersebut.

Sama seperti media sosial, Anda juga perlu menyuguhkan berbagai konten yang informatif dan edukatif yang dibutuhkan oleh pengunjung website. Konten-konten tersebut dapat berupa artikel, video, gambar, dan masih banyak lagi.

3. Email Marketing

Anda dapat melakukan kegiatan pemasaran melalui dengan mengirimkan promosi ke email masing-masing pelanggan. Strategi ini disebut dengan email marketing.

Di dalam email marketing, Anda tidak hanya dapat mengirimkan konten promosi saja. Ada begitu banyak konten yang dapat Anda sajikan di dalam email marketing seperti newsletter, email yang bersifat informasi transaksional, peluncuran produk terbaru, dan lainnya.

Baca Juga: 8 Macam-Macam Strategi Pemasaran yang Efektif

4. Video Marketing

Video merupakan media promosi yang sangat efektif untuk menarik perhatian banyak orang. Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang menggunakan media video untuk mempromosikan bisnis.

Strategi video marketing memang memakan banyak waktu dan biaya. Namun, hasil akhir yang Anda dapatkan tentu akan sebanding dengan sumber daya yang dikeluarkan.

5. Referral Program

Strategi pemasaran digital yang terakhir adalah referral program. Strategi ini melibatkan pelanggan untuk melakukan kegiatan promosi kepada rekan, keluarga, dan orang lain. Pelanggan akan menerima bayaran sebagai bentuk komisi karena telah mempromosikan bisnis Anda.

Jadi, dari kelima strategi pemasaran digital di atas, mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Seluruh strategi pemasaran digital yang telah Anda baca melalui artikel ini sangat mudah untuk dijalankan dan membutuhkan biaya yang tidak besar.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran

Jika Anda ingin menyusun strategi pemasaran digital yang bersifat kampanye atau campaign, maka tentu saja ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan pendanaan online dari Modalku.

Layanan pendanaan online yang kami berikan dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Hubungi Modalku sekarang juga untuk informasi lebih lanjut terkait dengan layanan kami.


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan