Setiap bisnis pasti membutuhkan strategi pemasaran untuk dapat menarik banyak orang agar mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Apa itu strategi pemasaran dan contohnya?
Pada pembahasan dari Modalku kali ini, Anda akan mempelajari banyak hal seputar strategi pemasaran mulai dari pengertian dan juga manfaatnya. Anda juga dapat melihat berbagai contoh strategi pemasaran yang dapat diterapkan ke dalam bisnis.
Apa Itu Strategi Pemasaran?
Bagaimana cara orang dapat mengetahui bisnis Anda? Anda tentu harus melakukan sebuah usaha yang bertujuan untuk menarik perhatian orang agar mengenal bisnis yang dijalankan. Usaha tersebut yang disebut dengan strategi pemasaran.
Singkatnya, strategi pemasaran merupakan upaya yang dilakukan oleh pebisnis untuk dapat meningkatkan penjualan. Anda dapat memasarkan produk atau jasa dengan berbagai macam cara yang mampu menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian.
Dalam menyusun strategi pemasaran, ada berbagai proses yang perlu Anda lalui agar strategi tersebut dapat berjalan efektif dan tepat sasaran. Rangkaian proses tersebut terdiri dari menentukan segmentasi pasar, menyusun perencanaan, mengeksekusi strategi pemasaran, hingga evaluasi.
Tahapan yang paling penting dan perlu Anda perhatikan adalah menentukan segmentasi pasar. Banyak pebisnis yang melakukan kesalahan dengan tidak menentukan segmentasi pasar.
Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pebisnis yaitu melakukan strategi pemasaran untuk semua orang, tanpa adanya segmentasi pasar. Cara ini memang mampu mengenalkan bisnis Anda ke lebih banyak orang, akan tetapi hasil akhir yang ingin dicapai menjadi bias. Strategi pemasaran yang dijalankan akan menjadi kurang efektif dan membuang banyak tenaga, uang, serta waktu di dalam prosesnya.
Segmentasi pasar dapat membantu Anda dalam mengenali siapa target kelompok konsumen yang ingin dituju. Anda perlu mencari tahu produk atau jasa yang dijual dapat ditawarkan kepada kelompok konsumen yang seperti apa.
Apa Manfaat Strategi Pemasaran?
Strategi pemasaran tentu memiliki beragam manfaat di dalam bisnis Anda. Manfaat yang dapat Anda rasakan melalui penerapan strategi pemasaran ialah sebagai berikut:
- Anda akan merasakan peningkatan penjualan yang signifikan
- Bisnis yang Anda jalankan dapat terus tumbuh dan berkembang
- Anda mampu memahami apa yang pelanggan inginkan
- Hubungan dengan pelanggan dapat terjalin dengan baik
- Membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis jangka panjang
4 Macam Strategi Pemasaran
Berikut ini, ada 4 macam strategi pemasaran yang dapat diterapkan di dalam bisnis Anda, yaitu:
1. Direct Selling
Strategi pemasaran pertama yang dapat Anda coba adalah direct selling. Strategi ini dapat dikategorikan sebagai metode konvensional. Anda hanya perlu melakukan penjualan produk secara langsung kepada pelanggan.
Ketika melakukan direct selling, Anda dapat membangun komunikasi 2 arah dengan pelanggan. Mereka bisa langsung menanyakan informasi yang dibutuhkan seputar produk yang Anda jual.
Ada berbagai macam cara untuk menerapkan direct selling di dalam bisnis Anda. Contohnya seperti melakukan promosi door-to-door, membuat janji panggilan telepon, atau bahkan menemui pelanggan secara langsung.
Baca Juga: Beragam Fungsi Strategi Pemasaran yang Harus Diketahui
2. Social Media Marketing
Social media marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan oleh para pebisnis selama beberapa tahun terakhir ini. Media sosial memang menjadi wadah yang dapat membantu pebisnis dalam memasarkan bisnis mereka.
Anda dapat menerapkan social media marketing untuk meningkatkan brand awareness. Apa itu brand awareness? Singkatnya, brand awareness merupakan kemampuan pelanggan dalam mengenali brand hingga produk atau jasa apa yang Anda tawarkan.
Setelah pelanggan mampu mengenali suatu brand, maka diharapkan akan terjadi peningkatan penjualan yang signifikan. Lalu, bagaimana caranya agar pelanggan mampu mengenali brand Anda?
Pengguna media sosial terus meningkat selama beberapa tahun terakhir sehingga Anda dapat aktif dalam membuat konten yang mampu menarik perhatian mereka. Buatlah konten yang kreatif, edukatif, dan informatif agar audiens tertarik untuk mengikuti media sosial bisnis yang Anda miliki. Dari sanalah Anda bisa meningkatkan penjualan secara soft selling.
Baca Juga: Strategi Pemasaran Word of Mouth, Strategi yang Efektif Dalam Bisnis
3. SEO
SEO atau Search Engine Optimization merupakan strategi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan website bisnis Anda agar dapat muncul di halaman pertama Google. Apabila website Anda berhasil muncul di halaman pertama Google, maka akan ada banyak pengguna internet yang tertarik untuk berkunjung ke website tersebut.
Sama seperti social media marketing, Anda perlu membuat konten-konten yang memiliki manfaat bagi pengunjung website. Anda dapat membuat konten dalam bentuk artikel, gambar, hingga video.
4. Referral Program
Strategi pemasaran referral program sangatlah efektif untuk meningkatkan penjualan. Anda perlu bekerja sama dengan banyak orang untuk menjalankan strategi ini.
Referral program merupakan strategi pemasaran yang melibatkan pelanggan untuk melakukan promosi bisnis Anda ke lebih banyak orang lagi. Mereka akan menerima imbalan berupa uang atau hadiah lainnya sesuai dengan kesepakatan atau penawaran yang Anda berikan.
Sekian informasi yang perlu Anda pahami mengenai strategi pemasaran mulai dari pengertian, manfaat, hingga contohnya. Ini saat yang tepat untuk Anda melakukan pengembangan bisnis dengan menerapkan strategi pemasaran.
Untuk melakukan strategi pemasaran, Anda tentu akan membutuhkan tambahan modal. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan layanan pinjaman online tanpa agunan dari Modalku.
Layanan pinjaman yang kami berikan dapat Anda manfaatkan untuk segala hal yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis. Silakan hubungi Modalku sekarang juga untuk mengajukan pinjaman yang Anda butuhkan.
Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!
Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.
Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.
Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.
Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.