Strategi Pemasaran Word of Mouth, Strategi yang Efektif Dalam Bisnis

pemasaran word of mouth adalah

Dari manakah Anda bisa tahu jika ada bisnis yang baru buka di sekitar Anda? Apakah dari orang lain? Jika iya, maka ini merupakan salah satu strategi pemasaran “lama” yang masih efektif digunakan hingga saat ini. Strategi pemasaran word of mouth adalah di saat ketertarikan konsumen terhadap produk atau jasa perusahaan masuk dalam dialog mereka sehari-hari. Pada dasarnya, ini adalah iklan gratis yang dipicu oleh pengalaman pelanggan. Ini memang strategi yang sudah ada sejak lama, namun di zaman teknologi seperti sekarang ini, strategi tersebut berkembang agar bisa digunakan secara efektif. 

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan strategi ini dalam bisnis Anda, maka ada baiknya untuk mempelajarinya. Mulai dari pengetahuan dasar, hingga beragam hal yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya menjadi lebih efektif untuk bisnis Anda. Yuk mari kita perhatikan secara seksama informasi-informasi berikut ini.

Memahami Strategi Pemasaran Word of Mouth

Secara tradisional, pemasaran word of mouth disebarkan dari satu orang ke orang lain berbentuk rekomendasi terhadap suatu produk atau jasa. Hal ini biasanya dipicu oleh rasa kepuasan yang mereka dapatkan dan ingin membagikannya kepada orang lain.

Jika sebelumnya hanya disebarkan melalui komunikasi langsung, kini word of mouth marketing menggunakan beragam platform dan bentuk. Hal ini juga memiliki bentuk yang menggambarkan upaya yang ditargetkan dan kejadian yang terjadi secara alami di mana pengguna berbagi kepuasan mereka dengan suatu merek.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran

WOM modern bisa berbentuk buzz, video viral, blog, konten emosional, dan social media marketing. Banyak praktik dan taktik pemasaran yang mendorong promosi dalam bentuk mulut ke mulut, namun kampanye melalui media sosial dapat memiliki tujuan eksplisit untuk mempromosikan eksposur sosial bisnis secara online.

Untuk memudahkan Anda, kini keduanya bisa dikenal dengan bentuk Organic Word of Mouth dan Amplified Word of Mouth.

Organic Word of Mouth

WOM organik terjadi secara alami ketika seseorang mendapatkan rasa senang atau kepuasan dengan suatu produk dan memiliki keinginan alami untuk berbagi dukungan dan antusiasme mereka.

Amplified Word of Mouth

WOM yang diperkuat terjadi ketika pemasar meluncurkan kampanye yang dirancang untuk mendorong atau mempercepat WOM di komunitas yang sudah ada atau yang baru.

Keunggulan dari Pemasaran Word of Mouth

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika melaksanakan strategi inilah. Hal berikut ini juga yang akan mendorong para pebisnis untuk menggunakan WOM sebagai cara untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Apa saja manfaat tersebut? Mari mengenalnya di sini.

1. Meningkatkan Penjualan Tanpa “Iklan”

Banyak merek menggunakan pemasaran dari mulut ke mulut daripada harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat iklan dalam usaha untuk meningkatkan penjualan dan basis pelanggan.

Baca Juga: 8 Macam-Macam Strategi Pemasaran yang Efektif

2. Membantu Dalam Membangun Komunitas

Pemasaran dari mulut ke mulut sangat membantu dalam proses membangun basis pelanggan yang lebih terlibat daripada hanya sekedar membeli. Pelanggan yang terlibat secara lebih lanjut akan sering merekomendasikan apa yang mereka beli kepada teman-teman atau keluarga. Hal ini tentunya sangat membantu untuk meningkatkan laba serta menghasilkan loyalitas pelanggan yang tinggi.

Mengimplementasikan WOM Dengan Efektif

Untuk bisa mengimplementasi kampanye WOM dengan baik. Ada dua komponen penting yang harus menjadi perhatian lebih. Yaitu menciptakan sesuatu yang bisa memberikan buzz dan kemudian mendorongnya untuk bisa dibicarakan oleh orang banyak.

Kunci dari strategi word of mouth yang sukses adalah mengidentifikasi sesuatu tentang brand yang dapat menghasilkan buzz secara organik, atau membuat sesuatu yang akan menghasilkan buzz itu.

Selain dua faktor di atas, Anda juga harus bisa melakukan beberapa hal yang ada di bawah ini.

1. Jualah Produk Berkualitas

Jika ingin dibicarakan dan direkomendasikan, maka Anda harus bisa menawarkan kualitas yang lebih baik dibanding pesaing. Jika pelanggan mendapatkan rasa puas, maka mereka akan menyebarkannya kepada orang lain. Lakukan inovasi untuk bisa menerapkan kualitas pada produk Anda.

Baca Juga: 7 Langkah Memilih Jenis Strategi Pemasaran yang Tepat

2. Beri Pelayanan Terbaik Untuk Pelanggan

Selain menawarkan kualitas dalam bentuk produk atau jasa, Anda juga harus bisa memberikan layanan terbaik yang sangat memuaskan untuk para pelanggan. Setiap interaksi pelanggan bisa berbeda, namun Anda tetap harus bisa menciptakan standar  terbaik agar bisa memuaskan mereka. Tanamkan pola pikir berjuang untuk keunggulan dalam setiap situasi dan selalu mengutamakan pelanggan.

Itulah beragam informasi mengenai strategi ini. Pemasaran word of mouth adalah “senjata” yang akan bisa selalu Anda asah untuk bisa mendapatkan hasil terbaik. Jangan sampai Anda lalai dan tidak memanfaatkan hal ini. Selain dengan strategi, tentu saja dana adalah hal lainnya yang penting dalam bisnis. JIka Anda membutuhkan dana untuk membantu perkembangan bisnis Anda, maka Modalku akan siap membantu. Dapatan pinjaman dana tunai sekarang juga hanya di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan