Apa itu Kompetitor? Seperti Apa Peran Mereka Untuk Bisnis Anda

apa itu kompetitor

Dalam menjalankan bisnis, tentu akan ada banyak pihak lainnya yang bisa terlibat. Baik secara langsung ataupun tidak langsung. Salah satunya adalah kompetitor. Mungkin Anda hanya menganggap mereka sebagai saingan yang sama-sama ada di di pasar atau niche yang sama dengan Anda. Namun pada kenyataannya mereka bisa punya peran yang lebih besar daripada hal tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda harus paham mengenai apa itu kompetitor dan apa yang bisa mereka bawa untuk Anda.

Temukan beragam informasi mengenai hal tersebut di sini. Mari kita sama-sama mempelajari peran kompetitor untuk perkembangan bisnis Anda.

Apa itu Kompetitor? 

Kompetitor adalah individu, bisnis, tim, atau organisasi yang bersaing dengan Anda atau perusahaan Anda. Mereka akan mencoba untuk mendapatkan pelanggan yang serupa dengan Anda dan menawarkan produk atau jasa yang mirip.

Kompetitor tidak hanya pesaing yang Anda temukan saat ini, namun bisa juga pesaing potensial yang mungkin memilih untuk bersaing di pasar atau niche bisnis Anda di masa depan. Mereka bisa berupa kompetitor dari segi lokasi geografis berbeda yang memperluas wilayah mereka atau pesaing yang memutuskan untuk memperluas penawarannya untuk menargetkan bagian dari pasar yang berbeda. 

Mengetahui siapa yang menjadi kompetitor Anda dan apa yang mereka tawarkan akan sangat membantu dalam membuat produk, layanan, dan pemasaran yang menonjol. Anda juga akan sangat terbantu perihal penetapan harga secara kompetitif dan membantu dalam menanggapi kampanye pemasaran yang dikeluarkan oleh kompetitor.

Anda dapat membuat strategi pemasaran yang memanfaatkan kelemahan pesaing sekaligus meningkatkan kinerja bisnis. Anda juga dapat menilai setiap ancaman yang akan ditimbulkan oleh pendatang baru ke pasar Anda dan pesaing saat ini. Sehingga Anda bisa mengambil langkah yang realistis untuk dapat bertahan atau mengungguli mereka.

Beberapa bentuk kompetitor yang akan Anda hadapi ketika menjalan bisnis adalah sebagai berikut ini.

1. Kompetitor Secara Langsung

Kompetitor jenis ini adalah merek atau bisnis yang menjual produk atau layanan yang sama kepada audiens target yang sama dengan bisnis Anda. Untuk memastikan apakah mereka adalah kompetitor Anda secara langsung, maka beberapa hal ini akan membantu Anda:

  • Beroperasi dalam industri yang sama
  • Mengeluarkan produk atau layanan yang sama atau serupa
  • Memiliki target audiens konsumen yang sama
  • Berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan yang sama
  • Saluran distribusi yang sama

Bila hal di atas dilakukan oleh pesaing Anda, maka mereka merupakan kompetitor secara langsung untuk bisnis yang Anda jalankan.

2. Kompetitor Secara Tidak Langsung

Kompetitor juga bisa secara tidak langsung menyediakan produk atau jasa yang berbeda, namun memenuhi kebutuhan konsumen yang sama. Contohnya adalah restoran. Misalnya, restoran cepat saji dan restoran biasa tidak menyediakan jenis produk yang sama, namun mereka akan mencoba memenuhi kebutuhan dari pelanggan yang lapar. Anda dapat mengetahui apakah dua bisnis merupakan pesaing tidak langsung jika:

  • Beroperasi di industri yang sama
  • Berusaha memenuhi kebutuhan yang sama
  • Memiliki target audiens yang sama

Baca Juga: Strategi Menyikapi Persaingan Ketat dalam Bisnis F&B

3. Kompetitor Pengganti

Kompetitor pengganti adalah merek dan bisnis yang memiliki kemampuan untuk sepenuhnya menggantikan organisasi yang ada, melalui cara memproduksi produk atau layanan baru yang bisa memuaskan kebutuhan audiens target mereka. Contohnya ketika produsen smartphone yang bisa menggantikan produsen telepon rumah. Mereka akan memenuhi kebutuhan yang sama namun memiliki solusi atau cara yang lebih baik dan lebih nyaman. Anda dapat mengetahui apakah suatu organisasi adalah kompetisi pengganti jika menawarkan produk atau layanan yang ada, namun memiliki cara atau solusi baru dan inovatif dan lebih berhasil memenuhi kebutuhan konsumen.

Manfaat Hadirnya Kompetitor Untuk Anda

Selain menjadi pesaing Anda, para kompetitor akan bisa membawa beragam manfaat baik lainnya untuk bisnis. Beberapa diantaranya adalah:

1. Menganalisis Kekuatan dan Kelemahan

Dengan hadirnya kompetitor, sebuah bisnis akan mendapatkan dorongan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka dan mengoptimalkan strategi berdasarkan hal ini. Sebuah bisnis akan bisa memaksimalkan bakat dari tim dan departemen mereka, membuat keputusan yang lebih tepat dalam strategi pemasaran dan penjualan mereka, sekaligus melakukan penyesuaian untuk produk dan jasa yang mereka tawarkan.

Baca Juga: 6 Tips Bisnis untuk Pemula agar Tidak Salah Langkah

2. Permintaan yang Meningkat

Persaingan dalam bisnis adalah cara yang efektif untuk meningkatkan permintaan akan suatu produk atau jasa. Semakin banyak perusahaan berinvestasi untuk pemasaran dan periklanan mereka, permintaan konsumen untuk produk dan layanan akan meningkat karena brand recognition terus tumbuh. 

3. Mendorong Terjadinya Inovasi

Bisnis juga akan bisa mendapatkan dorongan untuk berinovasi dalam strategi mereka dan meningkatkan produk atau layanan melalui cara yang kreatif dan revolusioner. Hal ini merupakan kontribusi penting bagi peningkatan kualitas barang dan jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, hal ini juga memiliki dampak dalam kemajuan teknologi produk dan jasa.

Baca Juga: Ciri-ciri Wirausaha Sukses yang Harus Anda Tanamkan Dalam Diri

Itulah informasi mengenai apa itu kompetitor, semoga hal ini dapat membantu Anda untuk membangun bisnis menjadi lebih baik lagi. JIka Anda membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha UMKM yang dijalankan, maka Modalku siap membantu Anda. Dapatan pinjaman dana tunai sekarang juga hanya di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan