Strategi Menyikapi Persaingan Ketat dalam Bisnis F&B

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian bagi banyak orang. Apalagi kini bisnis F&B (Food and Beverage) semakin menggiurkan untuk diselami. Bahkan, beberapa selebriti di Indonesia semakin tak ragu untuk memiliki bisnis F&B. Melihat perkembangan F&B yang terbilang cepat, semakin banyak orang yang ingin terjun di bisnis ini. 

Bisnis F&B juga semakin menjamur diiringi dengan kemajuan teknologi internet. Kini, kita tak perlu kedai fisik, cukup menjajakan makanan dan minuman via toko online. Sayangnya bisnis satu ini juga dipenuhi oleh kompetitor. Salah langkah sedikit saja, bisnis F&B Anda bisa gulung tikar. Karena itu, Anda harus mempelajari strategi menyikapi  kompetitor bisnis dengan strategi F&B yang pas. Apa saja, ya?

Lihat juga: “Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner”

Selalu up-to-date dengan Kondisi Keuangan Bisnis

Membangun bisnis F&B tidak hanya sebatas memiliki laba yang besar. Anda harus selalu up-to-date dengan kondisi keuangan bisnis. Banyak pelaku bisnis F&B lupa untuk memiliki arus kas yang sehat, apalagi jika mereka sudah membuka cabang lain.

Semakin banyak cabang, pemilik bisnis kadang tidak mampu untuk melacak laba dan rugi dari setiap lokasi. Hal ini membuat sulit untuk melacak sejauh mana keuntungan yang didapat. Untuk itu, Anda perlu sistem keuangan yang baik dan tentunya yang selalu up-to-date dengan kondisi keuangan bisnis.

Saat arus kas bermasalah, gunakan 3 cara ini untuk mengatasinya!

Promosi Pintar Lebih Baik dari Promosi Ramai

Agar bisnis F&B Anda mendapat pengakuan brand dari masyarakat luas, penting untuk Anda melakukan promosi yang tepat. Banyak pelaku bisnis mengambil langkah agresif dalam promosi. Meski dilakukan secara agresif, percuma bila promosinya tidak pintar. 

Misalnya, Anda bisa memberikan diskon jangka panjang dengan menu tertentu berdasarkan jam. Atau, Anda bisa mengadakan paket kombo atau paket hemat yang menggiurkan. Agar tidak merugi, pilih masakan yang  mudah Anda peroleh dari pemasok. Harga makanannya cukup murah namun disukai oleh konsumen.

Tahukah Anda, inilah kelebihan bisnis online dibanding bisnis offline!

Bentuk Loyalitas Konsumen

Salah satu tantangan bisnis F&B adalah mendapatkan konsumen yang loyal. Anda bisa saja terus menginovasi produk, namun menjadi percuma bila tidak ada konsumen yang selalu menunggu terobosan bisnis Anda. Karena itu, tidak ada salahnya dengan memperbaiki kualitas layanan dan produk kita. Semakin baik kualitasnya, otomatis loyalitas konsumen pun makin terbangun. Jika kita memiliki konsumen yang loyal, para kompetitor bisnis pun semakin sulit untuk mengungguli Anda.

Jangan Lelah Berinovasi

Sebagai pemilik bisnis F&B, jangan pernah sekalipun Anda lelah berinovasi! Pelanggan loyal memang suka dengan rasa makanan kita yang tidak berubah, namun bagaimana caranya untuk Anda menghadirkan konsumen baru? Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda menghadirkan inovasi pada bisnis F&B Anda. 

Anda bisa memulai inovasi dari mana saja. Misalnya dari makanan, hadirkan makanan dengan rasa yang sedang ngetren dan digandrungi. Selain menu, cara Anda mempromosikan produk juga bisa diinovasi. Contoh, Anda bisa melakukan promosi kombo menu lama yang dicampur dengan menu baru.

Inovasi merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. Ingin tahu lebih banyak, klik di sini!

Jadikan Bisnis F&B Anda Beda dari yang Lain

Kesuksesan pelaku bisnis F&B yang sering kita dengar sebenarnya terletak dari keunikan produk makanan yang mereka jual. Karena itu, Anda harus berani untuk keluar dari zona nyaman untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Jangan takut untuk menciptakan produk yang terlihat tidak biasa. Semakin unik dan otentik makanan yang Anda jual, semakin konsumen tertarik untuk membelinya. Ciptakan rasa masakan sendiri yang tidak bisa didapatkan di tempat lain agar konsumen terus repeat order di toko Anda.

Membangun bisnis F&B sendiri memang tidak pernah ada kepastian. Tidak pasti Anda untung, tidak pasti pula Anda merugi. Itulah mengapa kita harus banyak mempelajari strategi menyikapi persaingan F&B untuk meminimalisir kemungkinan kerugian.

 



Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply