5 Elemen Strategi Pemasaran yang Harus Ada

5 Elemen Strategi Pemasaran yang Harus Ada

Sebuah bisnis bisa berkembang dengan menjual produk dan jasanya sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Hal ini mungkin terdengar sangat sederhana, tidak sulit untuk dilakukan, dan bisa dijalankan oleh siapa saja. Namun pada kenyataannya, untuk dapat menjual satu produk saja diperlukan proses panjang. Salah satunya pemasaran agar produk dilirik oleh calon pembeli. Dalam menyukseskan kegiatan ini, ada beberapa elemen strategi pemasaran yang tidak boleh dilewatkan.

Apa sajakah elemen strategi pemasaran tersebut? Bagaimana pengaruhnya terhadap strategi Anda? Mari mengenal berbagai macam bentuk elemen penting dari pemasaran yang dapat membantu Anda meraih keuntungan sehingga bisnis bisa menjadi sukses.

Mengenal Berbagai Macam Elemen Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang efektif dapat menjadi kunci penting penting bagi setiap bisnis yang ingin meraih kesuksesan. Sebuah kesalahan yang sering dijumpai adalah ketika pemilik usaha tidak menganggap serius pemasaran meskipun mereka tahu betapa pentingnya hal tersebut untuk membantu pertumbuhan dari bisnis atau usahanya.

Kesalahan lainnya juga terjadi dalam bentuk branding, periklanan, dan penjualan di berbagai saluran, tetapi tidak memiliki banyak gagasan tentang dampak dari kegiatan yang dilakukan. Gagal dalam mengatur elemen rencana pemasaran Anda dapat menyebabkan pemborosan sumber daya dan modal. 

Oleh karena itu, di saat baru mulai menulis strategi pemasaran maka fokus pada elemen utama merupakan hal terpenting. Elemen ini biasanya berasal dari prinsip pemasaran dan berlaku untuk berbagai macam jenis bisnis. Mulai dari usaha kecil seperti berjualan roti hingga perusahaan besar.

Berikut ini penjelasan tentang 5 elemen penting yang harus menjadi perhatian utama ketika menyusun sebuah strategi pemasaran.

1. Riset Pasar

Melakukan riset pasar bisa memberikan Anda keuntungan yang dirasakan selama bertahun-tahun setelahnya. Ada berbagai macam bentuk hal yang harus diriset, mulai dari ukuran pasar, standar dari industri bisnis Anda, bagaimana dinamika pasar, apakah produk/layanan Anda musiman? Kapan orang cenderung membeli lebih banyak dan kapan lebih sedikit? 

Selanjutnya lakukan analisis kompetitor. Cari tahu bagaimana produk/layanan mereka berbeda dari Anda. Terakhir ada analisis produk/layanan untuk melihat bagaimana perbandingannya dengan yang lain, apa yang membuatnya menonjol? Meneliti hal di atas akan bisa membantu untuk mempersiapkan strategi pemasaran mumpuni bagi bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Strategi Pemasaran dan Manfaatnya?

2. Target Pasar

Mengetahui target pasar menjadi elemen penting ketika memulai aktivitas pemasaran. Tanpa mengetahui hal ini maka setiap usaha pemasaran seperti melewati gua gelap tanpa membawa sumber cahaya. Anda tidak akan tahu harus berjalan ke mana. Cara yang baik untuk mengidentifikasi target pasar yaitu dengan melihat basis pelanggan yang sudah Anda miliki. Gunakan pertanyaan berikut guna mempermudah hal ini:

  • Berapa rentang usia rata-rata dari pelanggan Anda?
  • Apakah pelanggan Anda laki-laki/perempuan atau keduanya?
  • Bahasa apa yang digunakan pelanggan Anda?
  • Apakah ada kesamaan antara pelanggan Anda dalam hal minat mereka?
  • Dalam tahap kehidupan apa pelanggan Anda? Misalnya, mereka bisa menjadi mahasiswa atau orang tua.

3. Tujuan Akhir

Untuk menjadikan strategi pemasaran yang sudah dibuat menjadi semakin bagus, maka strategi tersebut harus bisa diukur. Menetapkan tujuan akhir atau goals yang realistis serta dapat diukur merupakan elemen utama yang penting. Sebuah tujuan yang realistis bisa dihasilkan dengan menyatakan apa yang ingin dicapai melalui rencana pemasaran. Contohnya untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan. Memiliki tujuan akhir juga membantu dalam menciptakan fokus agar kegiatan pemasaran tidak menyimpang ke mana-mana.

Baca Juga: 7 Tujuan Manajemen Keuangan

4. SWOT

Analisis SWOT bisnis yang jujur mampu menciptakan strategi pemasaran yang berguna bagi bisnis Anda. Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats bisa memetakan bagaimana potensi dan berbagai tantangan dari sebuah bisnis. Contoh dari hasil analisis ini terhadap pemasaran Anda adalah ketika biaya memproduksi barang yang kurang populer semakin tinggi, namun analisis SWOT menunjukkan jika produk tersebut masih mampu bersaing, maka pemasaran diperlukan untuk membuatnya semakin dilihat banyak orang.

5. Bujet atau Modal

Seberapa besar kegiatan pemasaran yang ingin dijalankan, semuanya akan tergantung dari bujet Anda. Pada skala besar tentu saja biaya yang dikeluarkan jumlahnya banyak. Namun bukan berarti untuk bisa mendapatkan kesuksesan Anda harus menggelontorkan dana yang besar. Kegiatan pemasaran menggunakan modal kecil juga mampu memberikan hasil yang memuaskan. Semuanya tergantung dari cara Anda menyusunnya melalui riset dan pertimbangan matang.

Baca Juga: 5 Macam Sumber Modal Usaha yang Wajib Anda Ketahui

Itulah 5 macam elemen strategi pemasaran yang penting diperhatikan demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Berbicara soal modal untuk kegiatan pemasaran, Anda tidak perlu pusing mencarinya.

Pinjaman modal usaha dari Modalku akan memberikan pembiayaan tanpa jaminan untuk digunakan dalam mengembangkan usaha Anda menjadi lebih baik lagi. Tunggu apalagi, yuk dapatkan modal yang dibutuhkah hanya di sini!

Hubungi Modalku sekarang juga dan dapatkan informasi lebih lanjut mengenai pinjaman modal usaha ini.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan