Ciri-ciri Strategi Pemasaran yang Efektif Dilakukan

Ciri-ciri Strategi Pemasaran yang Efektif Dilakukan

Strategi pemasaran dipersiapkan dalam upaya membantu bisnis dan usaha ketika memasarkan produk serta jasa mereka. Agar mampu mencapai hasil yang diinginkan, maka diperlukan perencanaan yang matang melalui riset dan berbagai macam pertimbangan lainnya. Kapan sebuah pemasaran dikatakan berhasil dan mampu membantu bisnis? Jika ingin mengetahui jawabannya, maka Anda harus memperhatikan ciri-ciri strategi pemasaran yang efektif berikut ini.

Mengenal seperti apa ciri dari strategi yang sukses dapat membuat Anda mampu menciptakan strategi serupa untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan. Mari cari tahu informasi tersebut di sini!

Inilah Ciri-ciri Strategi Pemasaran yang Efektif

Apa ciri-ciri yang digunakan ketika mendefinisikan sebuah strategi pemasaran sukses? Ada banyak karakteristik dari sebuah strategi pemasaran yang mampu memberikan Anda hasil sesuai keinginan. Berikut adalah beberapa diantaranya untuk dijadikan sebagai panduan para pemasar di luar sana agar dapat menghasilkan strategi terbaik.

1. Strategis

Ciri-ciri yang pertama yang harus dimiliki yaitu strategis. Artinya rencana yang dibuat haruslah mudah dipahami dan juga mampu membantu bisnis mendapatkan panduan terarah yang terorganisir secara menyeluruh dalam upaya pemasaran. Strategi pemasaran yang dibuat harus bisa mencapai goals-nya. Untuk membantu Anda dalam menentukan tujuan akhir yang tepat, gunakan kerangka SMART yaitu:

  • Specific atau spesifik: Menentukan target seperti apa yang ingin dicapai.
  • Measurable atau terukur: Tentukan target yang bisa diukur. Baik diukur dari waktu dan hasil, maupun dampak yang diakibatkan. 
  • Attainable atau tercapai: Tentukan tujuan yang realistis dan bisa dicapai dari segi sumber daya yang ada, seperti dana, tenaga kerja, dan waktu. 
  • Relevant atau relevan: Tentukan tujuan akhir yang berpengaruh untuk bisnis. Contohnya, jika tujuan Anda hanya akan meningkatkan awareness tanpa meningkatkan penjualan, maka bisa menggantinya dengan tujuan yang lain. 
  • Time-bound atau batasan waktu: Tentukan kapan tujuan akan tercapai. Tenggat waktu sangat berguna ketika memastikan semua rencana berada pada jalan yang tepat. Waktu juga akan membuat seluruh anggota termotivasi dan dapat bekerja maksimal. 

Selanjutnya strategi pemasaran harus dibuat berdasarkan riset, mulai dari riset pasar seperti apa ukuran pasar serta standar dari industrinya. Lalu juga harus memperhatikan siapa saja yang akan menjadi target audiensnya. Berapa rentang usia rata-rata mereka? Apakah pelanggan Anda laki-laki/perempuan? Seperti apa minat mereka dan berbagai macam hal penting lainnya.

Baca Juga: Kompetitor adalah Saingan yang Harus Dikalahkan, Ini Caranya!

2. Kreatif

Sebuah strategi pemasaran juga harus kreatif. Jangan sampai hanya Anda sekadar memberikan informasi yang hanya didengar atau dilihat namun tidak diperhatikan. Temukan ide-ide unik yang akan membedakan pesan Anda dari yang lain, sehingga bisa memberikan kesan yang tertanam di benak para calon konsumen. Tapi jangan hanya sekadar “beda” saja, pastikan ada hal menarik yang bisa Anda tawarkan dalam sebuah strategi pemasaran.

3. Dapat Diukur

Mengukur performa dari strategi pemasaran yang sudah dijalankan bisa memberikan Anda insight dan gambaran mengenai performanya. Hal ini berfungsi agar dapat menghasilkan strategi yang lebih baik di kemudian hari.

Saat ini Anda sudah dipermudah dengan banyaknya platform media sosial dan data untuk melacak kesuksesan strategi pemasaran. Anda dapat melacak engagement, jangkauan, dan feedback terhadap upaya pemasaran dengan mudah. Rancanglah strategi yang realistis dan dapat diukur kesuksesannya agar membantu Anda dalam memproduksi hasil yang diinginkan.

Baca Juga: Apa Itu Reksa Dana Syariah dan Cara Membelinya

4. Inovatif

Melalui data dan juga riset, sebuah strategi pemasaran haruslah punya inovasi untuk bisa tampil beda. Menampilkan hal yang sebelumnya tidak pernah terlihat merupakan cara efektif dalam menarik perhatian banyak orang. Usahakan membuat strategi pemasaran yang tidak takut mengambil risiko atau mencoba hal baru.

Baca Juga: 6 Tujuan Pinjaman Tanpa Jaminan untuk Kelancaran Usaha

5. Kredibel

Strategi yang efektif perlu kredibel, artinya tujuan perusahaan dapat dicapai secara berkelanjutan dalam waktu dan jumlah yang ditentukan. Jangan sampai strategi yang disusun hanya dapat digunakan dalam waktu yang singkat dan tidak mampu mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Strategi pemasaran merupakan cara terbaik bagi pemasar ataupun pemilik bisnis dalam mencapai tujuan mereka. Anda dapat mencari engagement, membangun citra, hingga mencari calon pelanggan. Jangan sampai hal ini dianggap sebagai afterthought. Usahakan pemasaran menjadi hal pertama yang Anda pikirkan. Jika ingin menjadi pebisnis yang andal, maka Anda sangat perlu memasarkan produk dan jasa dengan benar demi mendapatkan penghasilan yang akan menjadi modal dalam pengembangan usaha.

Selain dari penjualan, modal untuk menjadikan usaha Anda menjadi lebih maju juga bisa didapatkan dari sumber lain. Salah satunya layanan pinjaman online tanpa agunan dari Modalku. Layanan ini dapat digunakan saat ingin mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Semuanya aman dan sudah diawasi oleh OJK sehingga Anda tidak perlu ragu lagi. Hubungi Modalku sekarang juga untuk mendapatkan pinjaman hingga 2 miliar dan berbagai macam informasi lainnya. Jangan lupa menerapkan ciri-ciri strategi pemasaran yang efektif di atas dalam usaha Anda!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan