7 Tujuan Manajemen Keuangan

tujuan manajemen keuangan

Kita tahu bahwa manajemen keuangan adalah salah satu divisi atau bagian penting yang harus ada dalam suatu perusahaan. Melakukan pencatatan atas dana yang masuk dan keluar sangat penting, agar Anda bisa mengambil keputusan terbaik dari kondisi keuangan perusahaan yang telah tercatat. Manajemen keuangan yang dilakukan dengan baik dan teliti tentu akan sangat menguntungkan perusahaan. Jika ini begitu penting, jadi sebenarnya apa tujuan manajemen keuangan yang terdapat di dalam setiap perusahaan? 

Apa Tujuan Manajemen Keuangan?

Keberadaan manajemen keuangan dalam suatu perusahaan bisa kita artikan sebagai fondasi suatu bangunan. Jika fondasi suatu bangunan memiliki daya tahan yang lemah, tentu saja bangunan tersebut tidak akan bisa bertahan saat ada badai, gempa atau pun tsunami yang datang secara tiba-tiba. Fondasi yang dibangun untuk sebuah bangunan perlu menggunakan bahan-bahan yang kuat. Semakin kuat fondasi, bangunan tersebut akan semakin kuat berdiri. 

Hal ini serupa dengan manajemen keuangan, saat manajemen keuangan dilakukan dengan baik dan teliti maka perusahaan bisa terus menjalankan bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Untuk membuat Anda semakin memahami pentingnya keberadaan manajemen keuangan, coba perhatikan beberapa tujuan adanya manajemen keuangan dalam suatu perusahaan.

1. Menjaga Arus Keuangan

Manajemen keuangan bertujuan untuk memastikan bahwa arus keuangan yang berjalan di perusahaan tetap berada pada batas yang normal. Melakukan pencatatan secara rutin akan membantu Anda mengawasi keadaan perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan, agar tidak terjadi kerugian yang harus ditanggung di kemudian hari. 

2. Penggunaan Dana Efisien

Dengan adanya data arus keluar masuk dana perusahaan yang akurat, pengalokasian dana pun dapat dilakukan dengan efisien. Semua perhitungan dari perencanaan yang dilakukan, dapat membantu perusahaan menentukan mana yang harus diberikan dana lebih dan mana yang harus dikurangi. Dengan begitu semua keuangan yang dimiliki oleh perusahaan dapat digunakan dengan maksimal dan sesuai sasaran. 

Baca Juga:  Cari Modal Usaha Tanpa Jaminan? Ini Dia 5 Caranya

3. Mengurangi Risiko Operasional Perusahaan

Adanya manajemen keuangan yang baik akan membantu perusahaan melihat risiko-risiko yang ada dari setiap keputusan yang diambil. Dengan adanya data keuangan yang akurat, perusahaan dapat meminimalkan risiko-risiko tersebut, karena keputusan genting bisa langsung diambil. 

4. Memastikan Kelangsungan Hidup Perusahaan

Salah satu fungsi dari manajemen keuangan adalah reporting, di mana manajemen keuangan berfungsi untuk membuat laporan dan melaporkannya kepada pihak-pihak terkait agar mereka mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan ini, Anda juga bisa mengetahui bagaimana kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka waktu tertentu. 

Laporan keuangan akan memperlihatkan apakah keuangan perusahaan sedang berada dalam kondisi yang baik atau tidak. Jika laporan memperlihatkan kondisi keuangan yang buruk, maka kelangsungan hidup perusahaan bisa terganggu. Dengan begitu Anda langsung bisa mengambil tindakan untuk mencegah kebangkrutan yang akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. 

Baca Juga: Jastip adalah Usaha Menguntungkan Tanpa Modal Besar, Pahami Hal ini Sebelum Memulai

5. Bahan Pertimbangan Pengambilan Keputusan

Pencatatan dan perencanaan yang dilakukan dengan baik, akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat pada saat dihadapkan dengan masalah yang ada. Dengan adanya data yang bisa dipercaya, pengambilan keputusan dapat diambil sesuai dengan sasaran yang dituju. Tidak hanya untuk keputusan dalam jangka waktu pendek, tetapi juga dalam jangka waktu yang panjang. Dengan begitu perencanaan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan tepat dan dapat berjalan dengan baik. 

6. Memperkirakan Keuntungan yang Bisa Didapatkan

Adanya perhitungan dan pencatatan yang dilakukan setiap harinya, Anda jadi dapat melihat berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan. Perhitungan berdasarkan ketersediaan modal dan pengeluaran biaya produksi, akan membantu Anda dalam menentukan harga dari produk yang akan dijual. Dengan begitu Anda jadi bisa memperkirakan keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan.

Baca Juga:  5 Alasan Pentingnya Melek Digital Untuk Bisnis B2B

7. Mengatur Struktur Modal 

Keberadaan manajemen keuangan sangat penting, untuk memperkirakan apakah dana yang ada cukup membiayai pengeluaran perusahaan yang perlu dikeluarkan. Hal ini juga termasuk dalam menentukan apakah perusahaan membutuhkan suntikan dana dari investor atau kredit, yang berpengaruh pada kelangsungan hidup perusahaan. 

Itulah tujuan manajemen keuangan yang keberadaannya sangat penting dalam suatu perusahaan. Pastikan bahwa perusahaan Anda memiliki sistem keuangan yang baik dan memegang prinsip-prinsip yang sesuai dengan kaidah akuntansi, agar perusahaan bisa berjalan dengan baik. Kini Anda bisa membantu para pelaku UMKM yang membutuhkan suntikan dana untuk mengembangkan usaha mereka melalui Modalku. 

Modalku adalah platform pendanaan online yang sudah mendapatkan izin dari OJK serta telah mendapatkan berbagai penghargaan karena kinerja Modalku yang sangat baik. Jadi, Ini saatnya Anda berkontribusi sebagai pendana untuk mengembangkan bisnis UMKM di Indonesia bersama Modalku!

Tinggalkan Balasan