Mengenal Lebih Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran

strategi komunikasi pemasaran

Satu hal yang turut dipersiapkan saat membangun bisnis adalah merancang strategi komunikasi pemasaran (marketing communication). Peningkatan angka penjualan produk dipengaruhi oleh kesuksesan strategi pemasaran yang diterapkan. Strategi yang tepat akan membangun kepercayaan target pasar terhadap bisnis Anda.

Anda harus memasukkan pemasaran sebagai bagian dari business plan yang sudah dibuat jika ingin bisnisnya berhasil. Modalku akan memberikan penjelasan lengkap mengenai strategi komunikasi pemasaran di artikel ini.

Pengertian Strategi Komunikasi Pemasaran

Definisi komunikasi pemasaran berbeda dengan pengertian pemasaran pada umumnya. Komunikasi pemasaran berfokus pada pesan dan media yang disampaikan untuk mempromosikan produk atau bisnis. Bisnis juga memikirkan upaya dan cara untuk menyampaikan pesan tersebut atau berkomunikasi dengan target pasar dalam strategi pemasaran.

Implementasi strategi komunikasi pemasaran bertujuan untuk memengaruhi target pasar atau masyarakat untuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis tersebut. Komunikasi pemasaran melibatkan proses branding untuk membangun citra bisnis atau perusahaan.

Selain mendatangkan calon konsumen, strategi ini berfungsi agar pelanggan terus membeli produk suatu perusahaan. Komunikasi pemasaran memiliki fungsi untuk menjaga hubungan baik antara bisnis dan pelanggan yang sudah membeli produknya. Target implementasi pemasaran bisnis tidak hanya mencari calon pelanggan, tapi menciptakan pelanggan setia yang terus menggunakan produknya.

Komunikasi pemasaran berguna untuk membantu konsumen. Baik pelanggan tetap maupun calon pelanggan, mereka bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk yang ditawarkan. Prosedur penggunaan, keamanan produk, dan informasi lainnya, semuanya dituangkan lewat strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan. Akhirnya, konsumen terpengaruh dan mulai membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Berbagai Strategi Komunikasi Pemasaran yang Bisa Anda Terapkan

Komunikasi pemasaran memiliki banyak strategi yang dijalankan. Strategi komunikasi pemasaran yang dipilih harus mempertimbangkan skala bisnis dan rencana anggarannya. Strategi ini melibatkan media atau saluran penyampaian informasi, jadi sesuaikan juga dengan target pasar yang dituju.

Anda bisa mengimplementasikan salah satu strategi komunikasi pemasaran di bawah ini.

1. Iklan (Advertising)

Komunikasi pemasaran media iklan diterapkan melalui desain atau pesan yang disampaikan dalam desainnya. Anda harus membuat copy dan kalimat call-to-action (CTA) yang sesuai dengan target pasar. Citra perusahaan dikomunikasikan lewat desain iklan yang digunakan, seperti warna, font, gambar, dan lain-lain. Riset pasar yang dilakukan sebelumnya ternyata berguna untuk mengetahui jenis pesan yang ingin disampaikan kepada target konsumen.

Baca Juga: 6 Tujuan Strategi Pemasaran yang Bisa Dicapai

2. Promosi Penjualan

Strategi ini bersifat jangka pendek dan bertujuan untuk meningkatkan jumlah konsumen yang membeli produk. Promosi penjualan ini biasanya berupa diskon, cashback, produk gratis, dan lain-lain. Strategi ini melibatkan perencanaan yang matang karena harus menjaga harga produknya. Optimalkan strategi ini dengan menambahkan material pendukung, seperti banner, poster, atau stiker yang dipajang di toko agar lebih banyak target pasar yang mengenal produknya.

3. Hubungan Masyarakat dan Publisitas

Sasaran strategi ini tidak hanya target pasar, tapi masyarakat umum dari berbagai segmentasi. Di strategi ini, pihak hubungan masyarakat (humas) bisnis mengadakan program menarik untuk meningkatkan citra produk atau perusahaan. Contohnya, mengadakan acara sosial, membagikan press release, dan lain-lain. Agar lebih dikenal luas, strategi ini dilancarkan dengan mengundang media massa untuk meliput acaranya, kemudian diberitakan kepada khalayak.

Baca Juga: Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

4. Pemasaran Langsung

Bisnis mempromosikan produknya langsung kepada pelanggan lewat media komunikasi non-personal, seperti telepon, SMS, e-mail dan lain-lain. Digital marketing yang berkembang sekarang ini menciptakan banyak media untuk promosi, seperti media sosial dan website. Strategi ini berhasil dilancarkan jika Anda menguasai teknik copywriting dan mengenal target pasar agar bahasa yang disampaikan dalam pesan tersebut bisa mereka pahami.

5. Kemasan Produk

Packaging termasuk media komunikasi pemasaran mengenai informasi produk kepada konsumen. Strateginya, buatlah desain produk atau kemasan yang menarik sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Di label produk tersebut, ciptakan rangkaian kata yang menarik dan mampu membujuk orang agar membeli produk tersebut. Misalnya, produk hand sanitizer memiliki peluang besar untuk dibeli kalau di labelnya tertulis “membunuh 99,9% kuman di tangan”.

Baca Juga: 4 Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Dipraktikkan

6. Sponsorship

Bisnis yang memberikan sponsor kepada penyelenggara kegiatan berpotensi meningkatkan brand awareness di mata masyarakat. Reputasi perusahaan juga meningkat jika perusahaan mengikuti program sponsorship suatu kegiatan. Buktinya bisa Anda lihat saat pertandingan sepak bola. Anda akan melihat beberapa brand yang dipajang di banner lapangan atau digunakan oleh atletnya, itu adalah produk sponsor perusahaan yang digunakan sebagai bahan promosi produk mereka.

Strategi pemasaran di atas tetap membutuhkan biaya untuk implementasinya. Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana tunai langsung cair dari Modalku untuk pendanaan bisnis dan menjalankan strategi di atas. Hubungi tim Modalku segera dan rasakan kemudahan program pinjaman dana dari kami. Modalku hadir untuk pebisnis yang ingin meningkatkan peluang keberhasilan usahanya pada masa depan.

Tinggalkan Balasan