5 Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

strategi pemasaran online

Bagi Anda yang baru saja membuka bisnis, penjelasan pada artikel ini akan membantu Anda dalam memasarkan produk yang dijual. Kami akan menjelaskan apa saja langkah-langkah yang perlu diambil dalam melakukan strategi pemasaran online bisnis Anda. Strategi pemasaran online sendiri berarti pemasaran dilakukan dengan menggunakan internet. Tidak peduli channel apa yang Anda gunakan, apabila itu terhubung dengan internet, maka hal itu disebut pemasaran online. Pelajari strategi pemasaran online yang lengkap untuk bisnis baru Anda di bawah ini. 

Strategi Pemasaran Online

Berikut ini adalah strategi pemasaran online yang bisa Anda lakukan. 

1. Gunakan Copywriting yang Tepat

Dalam memasarkan produk Anda secara online, copywriting yang tepat perlu digunakan. Jika copywriting terlalu panjang, bertele-tele dan tidak memiliki cerita menarik, produk Anda akan dilewati begitu saja oleh pelanggan. Anda perlu mendeskripsikan produk dengan tulisan yang singkat, jelas dan padat. 

Menggunakan benefit sebagai informasi yang Anda tekankan bisa menjadi strategi cerdas. Ini karena setiap orang ingin membeli produk yang tidak hanya mereka butuhkan dan sesuai dengan yang mereka inginkan, tetapi juga yang memberikan benefit atau manfaat yang paling banyak bagi mereka. 

Pada akhir dari tulisan yang Anda buat, entah itu caption di media sosial atau artikel di website, Anda perlu menyertakan kalimat ajakan untuk melakukan tindakan (call to action), agar setiap orang yang membaca tulisan Anda merasa terdorong untuk meresponi ajakan Anda. 

2. Buat Desain dengan Gambar Tidak Biasa

Berbicara pemasaran secara online, penggunaan media visual tidak boleh dilupakan. Pelanggan akan lebih tertarik pada produk yang Anda tawarkan saat visual gambar dan video yang digunakan menarik dan kreatif untuk dilihat. Pada dasarnya pelanggan akan berhenti sejenak untuk melihat konten yang Anda buat karena dua alasan, yakni karena konten tersebut menghibur atau bermanfaat. 

Jadi pastikan dalam membuat konten mengenai produk, Anda memasukkan unsur menghibur atau yang berguna bagi pelanggan. Anda bisa membuat konten kreatif untuk memasarkan produk dengan alur cerita yang unik. Selain itu Anda juga bisa menaruh informasi penting yang tidak banyak diketahui masyarakat, supaya konten yang Anda buat dibaca serta dibagikan oleh pelanggan. 

Baca Juga: 10 Ide Usaha Modal Kecil yang Kreatif

3. Gunakan Banyak Channel

Dalam memasarkan produk secara online, hal paling penting adalah memakai semua channel yang bisa Anda gunakan dan cocok untuk produk Anda. Semakin banyak channel yang Anda gunakan, semakin banyak juga pelanggan yang bisa Anda jangkau. Potensi produk Anda dikenal oleh masyarakat juga akan semakin besar. Selain itu menggunakan banyak channel akan memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang Anda jual. Dengan demikian pelanggan akan senang berbelanja produk Anda karena kemudahan yang mereka rasakan saat membeli produk. 

4. Manfaatkan Fitur yang Ada 

Setiap channel yang Anda gunakan, memiliki fitur masing-masing yang menjadi keunikan mereka. Gunakanlah fitur tersebut secara maksimal untuk mendukung Anda memasarkan produk bisnis. Fitur-fitur ini pada dasarnya membantu Anda untuk lebih kreatif dan lebih dapat berinteraksi dengan pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan lebih percaya dengan produk Anda. Hubungan yang terjalin akan membuat produk bisnis Anda dipandang kredibel di mata masyarakat. Citra ini yang pada akhirnya akan membantu produk Anda semakin dikenal oleh lebih banyak lagi pelanggan baru. 

Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Keuangan Di Dalam Bisnis

5. Unggah Konten Secara Rutin

Dalam berbisnis secara online, mengunggah konten secara rutin dan konsisten adalah kunci keberhasilan dari bisnis Anda. Konten yang diunggah setiap hari akan membuat pelanggan melihat bahwa Anda adalah penjual yang aktif dan fast response. Selain itu konten Anda akan selalu berada di urutan teratas. 

Hal ini karena setiap harinya terdapat ratusan bahkan ribuan konten yang diunggah oleh masyarakat seluruh dunia yang menggunakan internet. Jika tidak mengunggah konten setiap hari, bagaimana caranya pelanggan dapat menemukan konten Anda dari ratusan konten yang ada? Oleh karena itu pastikan Anda mengunggah konten secara rutin supaya pemasaran produk yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang positif. 

Kini saatnya Anda untuk mengaplikasikan langkah strategi pemasaran online untuk bisnis baru Anda. Jangan lupa untuk melancarkan arus kas usaha Anda bersama Modalku! Modalku adalah platform pinjaman online yang aman dan tepercaya, yang akan mempertemukan bisnis Anda dengan para pendana. Hanya dengan empat langkah saja, proses pengajuan pinjaman Anda akan bisa digunakan. Informasi yang lebih lengkap bisa Anda temukan di website Modalku!

Tinggalkan Balasan