Mengenal Bank Digital yang Kini Marak di Indonesia

apa itu bank digital

Kemajuan teknologi membuat segalanya bergerak menuju dunia digital. Bahkan keuangan dan perbankan yang tadinya dilakukan secara konvensional pun kini sudah melalui digitalisasi untuk memudahkan nasabahnya. Karena itulah, kehadiran bank ini di Indonesia disambut dengan baik. Terlebih, bank satu ini banyak memberikan promo menarik yang berhasil menggaet nasabahnya.

Kehadiran bank tersebut juga diramalkan menjadi masa depan perbankan. Namun, jangan sampai tertukar dengan bank yang memiliki layanan digital, ya. Untuk itu, mari kita bahas lebih lengkap mengenai bank digital selengkapnya berikut ini!

Pengertian Bank Digital

Masih banyak yang berpikir bahwa bank digital adalah bank dengan layanan digital. Padahal, bank tersebut tidak hanya sebatas bank yang menyediakan layanan digital banking atau mobile banking. Sekarang kita cari tahu dulu apa pengertian bank digital supaya tidak keliru. 

Sebenarnya, pengertiannya sudah tertera pada Peraturan OJK nomor 12/POJK.03/2021 Bab I Ketentuan Umum Pasal 1. Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia (BHI) yang menjalankan dan menyediakan kegiatan usaha melalui saluran elektronik tanpa memiliki kantor fisik selain kantor pusat atau menggunakan kantor fisik terbatas. 

Lihat juga: Menyambut Masa Depan Bank Digital di Indonesia

Selain itu, dilansir dari Kompas.com, bank digital adalah bank yang mendigitalkan semua operasi perbankan dan menggantikan kehadiran fisik bank dengan kehadiran online. Jadi, kehadiran bank ini menghilangkan kebutuhan nasabah untuk mengunjungi cabang bank karena semua kegiatan perbankan sudah bisa dilakukan lewat platform digital.

Berbeda dari Layanan Online Banking

Seperti yang disebutkan sebelumnya, istilah bank digital masih sering disamakan dengan online banking. Nyatanya, keduanya adalah hal yang berbeda. Hal yang paling mendasar, kegiatan perbankan bank ini dilakukan secara online. Di sisi lain, layanan online banking adalah bank konvensional yang sengaja membuka layanan online untuk mempermudah nasabah dalam melakukan kegiatan perbankan.

Syarat-syarat Bank Digital

Tidak semua bank bisa menjadi bank digital dan tidak semua kegiatan perbankan yang dilakukan online menjadi definisi yang tepat untuk menggambarkan bank masa depan ini. Lantas, apakah ada syarat suatu bank bisa disebut ke dalam bank digital? Tentu! Masih dalam POJK No. 12 Tahun 2021 Pasal 23 hingga Pasal 31, terdapat syarat-syarat menjadi bank digital, yakni:

  1. Bank memiliki model bisnis dengan pemanfaatan teknologi yang aman dan inovatif dalam melayani nasabahnya.
  2. Mempunyai kemampuan untuk mengelola model bisnis perbankan berbasis digital yang prudent dan berkesinambungan.
  3. Mempunyai manajemen risiko secara memadai.
  4. Memenuhi aspek tata kelola, termasuk memenuhi jajaran direksi dengan orang yang mempunyai kemampuan di bidang teknologi informasi dan kompetensi lainnya sesuai dengan ketentuan yang sudah tetapkan OJK.
  5. Menjalankan perlindungan pada keamanan data setiap nasabah.
  6. Berkontribusi dalam  pengembangan ekosistem keuangan secara digital dan/atau inklusi keuangan.

Kelebihan dalam Transaksi Perbankan

Selain transaksinya yang lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja, rupanya bank ini juga punya beberapa keunggulan yang dijamin semakin menarik perhatian nasabahnya. Apa saja kelebihan bank tersebut dalam transaksi perbankan?

Bagi nasabah yang ingin melakukan kegiatan perbankan tapi dipenuhi dengan segudang kegiatan, kehadiran satu ini sangat membantu. Nasabah tak perlu repot membawa uang tunai atau mengantri lama di bank untuk melakukan transaksi. Hal ini pun akan menghemat waktu nasabah. Ditambah lagi beberapa bank sudah memiliki fitur di mana membuka rekening tak perlu datang ke kantor. 

Kehadiran bank jenis ini adalah solusi untuk masalah kegiatan perbankan yang terkadang rumit untuk dilakukan. Dengan bank tersebut, hanya menggunakan satu jari dan satu smartphone, segala kegiatan perbankan bisa kita lakukan dalam satu aplikasi. Tidak hanya untuk transaksi biasa, adanya bank ini juga membantu para pelaku bisnis yang ingin melakukan kegiatan akuntansinya. 

Bagi Anda yang ingin buka bisnis sendiri atau ingin ekspansi bisnis, jangan lupa andalkan Modalku dalam mencari dana modal usaha. Modalku siap mendukung dan melayani setiap pelaku bisnis. Pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp2 miliar dan tak butuh jaminan! Mau mulai bisnis Anda dengan Modalku? Klik di sini sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tinggalkan Balasan