5 Ide Bisnis Online Pemula yang Menjanjikan untuk 2022

Memasuki tahun ketiga pandemi, sepertinya kita tak bisa berpangku tangan saja. Memang, kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah jauh berkurang, tapi bukan jadi jaminan bahwa kita telah selesai hidup di era pandemi. Artinya, kita tak bisa diam saja dan harus tetap mencari cara untuk mencari pekerjaan tambahan. Salah satu caranya adalah membangun bisnis sendiri. Kita bisa memulainya dengan bisnis online. Sebagai pendiri bisnis online pemula, Anda perlu memahami beberapa hal, misalnya ide bisnis online pemula hingga cara mendapatkan modal usaha.

Tentunya, modal bisnis online bisa dikatakan tidak sebanyak modal toko konvensional karena tak perlu menyewa toko, membayar listrik toko, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis online, tak perlu bingung! Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lima ide bisnis online pemula yang menjanjikan pada 2022!

Dropshipper

Ide bisnis online untuk pemula yang pertama adalah dropshipper. Singkatnya, Anda hanya perlu menjual barang ke pelanggan hanya dengan bermodalkan foto atau gambar dari supplier tanpa perlu menyetok barang. Jadi, pelanggan akan membeli barang dan mengirimkan uangnya ke rekening dropshipper, kemudian mereka membayar kepada supplier sesuai harga beli yang ditetapkan dropshipper ditambah dengan biaya pengiriman.

Peran dropshipper tak hanya berhenti sampai di situ. Mereka juga mengirimkan uang pembelian barang sekaligus data-data pelanggan sehingga supplier bisa langsung mengirim barang yang dipesan pelanggan. Dapat dikatakan bahwa peran dropshipper yang sebenarnya adalah membantu memasarkan barang secara online.

Bergabung dengan program affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan sistem bisnis di mana perusahaan mengiklankan produk atau jasanya. Bagi orang atau perusahaan lain yang membantu memasarkan produknya, mereka akan mendapatkan komisi. Komisi ini akan diberikan pada publisher saat sudah terjadi transaksi atau registrasi, tergantung dari jenis produk yang dipasarkan.

Karena bisa dilakukan di rumah, affiliate marketing ini cocok dijadikan bisnis online pemula. Baik ibu rumah tangga atau yang sudah bekerja sekalipun bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Freelancing sesuai keahlian

Jika Anda tak memiliki passion untuk membuat atau menjual produk tertentu, Anda bisa mengandalkan keahlian yang dimiliki untuk freelancing. Pilih pekerjaan freelance sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Misalnya jika Anda memiliki keahlian di bidang menulis, Anda bisa menjadi copywriter atau penulis lepas artikel SEO.

Bagi yang memiliki keahlian di bidang desain, menjadi freelance desain grafis juga bisa dilakukan. Dibekali dengan keahlian dan minat, tentunya freelancing sesuai keahlian ini sudah jelas lebih menyenangkan.

Guru les online

Ide bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah menjadi guru les online. Jika sebelumnya Anda menjual keahlian, kini yang dijual adalah pengetahuan Anda. Sejak pandemi, bisnis guru les online semakin menjamur. Meski sekolah tidak dilakukan secara tatap muka, ujian penerimaan murid baru tetap dilakukan setiap tahunnya. Itulah mengapa jasa guru les online yang memberikan bimbingan belajar selepas sekolah masih dibutuhkan. Bahkan sekarang banyak perusahaan aplikator yang menyediakan layanan bimbingan belajar online via Internet.

Buka online secondhand shop 

Sekarang, justru banyak orang yang mencari toko pakaian secondhand atau pre-loved online. Selain harganya murah, dunia fashion sedang kembali ke baju model vintage. Apalagi beberapa toko pakaian secondhand online ini juga menjual pakaian last season dari brand-brand tertentu! 

Dari sisi penjual, biasanya banyak yang membeli pakaian per ball dari pemasok, dalam artian kita sendiri tak tahu apa yang kita dapatkan. Karenanya, proses pemilihan, pencucian dan packing harus sangat amat diperhatikan supaya baju bekas pun tak kalah dengan baju baru!

Masih banyak ide bisnis online pemula yang bisa dijalankan demi mendapat pundi-pundi emas baru, seperti bisnis makanan, bisnis toko pakaian dan mainan bayi, dan masih banyak lagi. Tentunya sebelum membangun bisnis online harus dilakukan riset berkali-kali dan memantapkan niat dan tekad. 

Jika Anda membutuhkan tambahan dana untuk modal membuka bisnis online pemula ini, andalkan saja Modalku! Dengan Modalku, dana pinjaman bisa digunakan untuk melancarkan arus kas usaha Anda. Bayangkan, Anda bisa mengajukan pinjaman hingga Rp2 Miliar! Apalagi pinjamannya tak butuh jaminan, mengurusnya pun tidak sulit karena bisa dilakukan secara online di mana saja dan kapan saja. Yuk, mulai bisnis online sekarang dengan Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan