7 Ide Bisnis Online Pemula dengan Modal Kecil

7 Ide Bisnis Online Pemula dengan Modal Kecil

Sebagai salah satu aspek penting dalam memulai bisnis, besaran modal menentukan jenis bisnis yang bisa Anda jalankan. Jika Anda merupakan pemula yang tertarik menjalankan bisnis online, ada beberapa ide bisnis online pemula dengan modal kecil yang bisa dipertimbangkan. Berikut tujuh di antaranya!

1. Tutor online

Salah satu ide bisnis online pemula dengan modal kecil yang bisa Anda coba adalah tutor online. Dengan menjadi tutor online, Anda bisa memanfaatkan ilmu yang Anda miliki sejak di bangku sekolah untuk menghasilkan uang. Khususnya untuk Anda yang mempunyai kemampuan luar biasa di beberapa mata pelajaran, seperti Bahasa Inggris atau Matematika, menjadi tutor online layak Anda pertimbangkan. Tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, Anda bisa melakukan tutor online hanya berbekal internet untuk melakukan video conference atau kelas online.

2. Reseller atau dropshipper

Jika tertarik menjadi reseller atau dropshipper, Anda hanya akan membutuhkan modal ketekunan dan koneksi internet. Menjadi reseller atau dropshipper berarti Anda tidak menjual produk sendiri, sehingga tidak butuh modal awal yang besar untuk memulai bisnis. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual berbagai produk online yang banyak dicari oleh pelanggan, seperti tas, kosmetik impor, baju, sprei, dan berbagai produk menarik lainnya. 

Menjalankan bisnis online pemula ini membuat Anda tidak perlu memproduksi barang-barang sendiri, sehingga Anda hanya perlu pintar mencari pemasok yang memberikan harga terbaik. Barang tersebut kemudian bisa Anda jual di lapak e-commerce atau akun media sosial dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Namun, jangan memasang harga yang terlalu mahal karena bisa membuat pelanggan enggan membeli dari Anda.

3. Penulis freelance

Bagi Anda yang mempunyai hobi menulis, menjadi penulis freelance bisa Anda pertimbangkan. Salah satu bisnis online modal kecil ini bisa Anda lakukan hanya dengan bermodal koneksi internet, laptop, dan kemampuan menulis yang baik. Peluang pekerjaan penulis freelance sendiri terbuka lebar karena banyak perusahaan membutuhkan jasa penulis artikel blog, caption Instagram, dan sebagainya.

Untuk Anda yang masih pemula di dunia tulis menulis, coba sebarkan portofolio terbaik Anda di blog pribadi untuk menarik klien. Mendaftar sebagai penulis freelance di berbagai situs kerja juga bisa dicoba. Jika punya teman yang bekerja di bidang yang sama, meminta informasi tentang lowongan pekerjaan juga tidak ada salahnya.

4. Bisnis kuliner

Anda bisa mulai bisnis kuliner karena potensi keuntungan yang ditawarkan cukup menjanjikan. Ada banyak jenis bisnis kuliner yang bisa Anda pilih sesuai minat Anda dan tidak membutuhkan modal terlalu banyak. Misalnya katering untuk pegawai kantor karena lebih praktis.Tergantung dari modal, Anda bisa menyajikan menu makanan yang berbeda setiap hari. Anda juga bisa menjual makanan kekinian untuk mencoba peruntungan dengan potensi keuntungan cukup besar karena makanan kekinian banyak penggemarnya. 

5. Bisnis pakaian

Sebagai negara dengan tingkat konsumsi besar, Indonesia adalah ladang untuk berbagai bisnis, termasuk bisnis pakaian. Anda bisa memilih produk pakaian yang paling dicari dengan melakukan survei kecil-kecilan. Jika sudah menentukan jenis bisnis pakaian yang ingin dicoba, Anda juga harus gencar dalam mempromosikan produk baju.

Misalnya, Anda bisa membangun hype yang dilakukan lewat media sosial. Upload foto-foto yang bagus dan sesuai branding bisnis agar promosi menarik banyak audiens. Melalui pemasaran yang tepat dan menarik, bisnis online pemula ini akan memperoleh lebih banyak exposure yang berarti lebih besar peluang untuk dibeli oleh pelanggan.

6. Menjual produk kecantikan

Di Indonesia, bisnis produk kecantikan sangat sukses karena banyak orang suka merawat kulit dengan baik dan menggunakan produk yang bagus untuk memperlambat faktor penuaan. Ditambah dengan banyaknya orang yang menggunakan kosmetik, maka bisnis online pemula satu ini tidak akan pernah ketinggalan zaman. Permintaan untuk produk kecantikan juga meningkat sehingga Anda yang berencana untuk memulai bisnis ini kemungkinan besar akan memperoleh keuntungan menjanjikan.

7. Jasa pembuatan website

Jasa pembuatan website juga cukup menjanjikan mengingat banyak bisnis yang mengandalkan promosi digital melalui website. Pentingnya keberadaan website bagi bisnis atau perusahaan membuat Anda bisa menawarkan solusi bagi pihak-pihak yang ingin produknya menjadi lebih mudah dilihat dan memperluas jangkauan pemasaran bisnis. Semakin menguntungkan karena bisnis online modal kecil ini membutuhkan modal minim sehingga Anda bisa melayani lebih banyak pembeli. 

Itulah tadi informasi mengenai tujuh ide bisnis online pemula dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Selama Anda serius dan fokus dalam menjalani bisnis online modal kecil tersebut, besar kemungkinan Anda akan sukses. Jika membutuhkan modal tambahan untuk mendirikan bisnis, jangan ragu untuk ajukan pinjaman modal ke Modalku sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan