Neobank, Inovasi yang Ramai Dibicarakan

Neobank, Inovasi yang Ramai Dibicarakan

Belakangan ini, neobanking menjadi istilah populer atau buzzword di komunitas financial technology (fintech). Neobank mengambil alih industri fintech dengan cepat hingga tingkat global. Hadir dengan tujuan utama menyederhanakan layanan keuangan, berikut penjelasan mengenai neobank, inovasi perbankan yang ramai dibicarakan dan perlu Anda ketahui.

Apa itu Neobank?

Neobank adalah sejenis bank digital tanpa cabang. Bukan hadir secara fisik di lokasi tertentu, inovasi satu ini sepenuhnya tersedia secara online. Dengan kata lain, neobank merupakan bank yang sepenuhnya berbasis teknologi atau digital sehingga memungkinkan pengguna melakukan berbagai transaksi keuangan lewat gadget mereka.

Neobanking dapat disebut sebagai perusahaan fintech yang menyediakan solusi keuangan digital dan berbagai kegiatan finansial, seperti pembayaran, transfer uang, pinjaman uang, dan banyak lagi. Tidak memiliki lisensi bank sendiri, inovasi perbankan satu ini mengandalkan mitra bank untuk menyediakan layanan berlisensi bank. 

Kehadirannya mengisi kesenjangan yang muncul karena lanskap keuangan saat ini bergeser ke arah pengalaman dan kepuasan pelanggan, menawarkan apa yang tidak bisa disediakan oleh bank tradisional. Ia berusaha untuk mengisi celah lewat penawaran solusi keuangan, khususnya untuk membantu UKM dengan membuat layanan perbankan yang dapat dikolaborasikan dengan layanan keuangan lainnya.

Neobank berbeda dari digital banking

Neobank berbeda dari digital banking meskipun keduanya memiliki pengertian yang hampir sama. Perbedaan mencolok di antara keduanya adalah neobank bisa dikatakan 100% digital, sedangkan digital banking memberikan layanan yang pada dasarnya “menempel” pada bank induk yang merupakan bank konvensional. Jadi, apa itu neobank berbeda dari digital banking karena ia merupakan entitas yang terpisah dari perbankan konvensional.

Neobank memaksimalkan penggunaan teknologi

Neobank memaksimalkan penggunaan teknologi dan memiliki model bisnis yang sangat jauh berbeda dari sistem perbankan tradisional. Namun, seperti bank konvensional, neobanking juga menghasilkan uang secara marginal antara aliran uang masuk dan pinjaman.

Selain itu, mengingat tidak ada lokasi fisik bagi neobanking yang sepenuhnya online, terdapat pengurangan jumlah biaya pelanggan yang cukup signifikan. Neobanking juga berpusat pada pelanggan sehingga memberikan layanan yang dipersonalisasi.

Keputusan berdasarkan data mendorong proses pengambilan keputusan neobank. Platform yang sangat modern ini lebih mudah dalam mengumpulkan, menganalisis data, dan memahami bagaimana pelanggan berperilaku dalam ekosistem neobanking. Berdasarkan pengamatan ini, neobank membuat kelompok pelanggan berdasarkan tindakan, bukan hanya berpegang pada satu atau dua titik data, sehingga lebih bisa diandalkan.

Keuntungan menggunakan neobank

Popularitas neobanking di Indonesia tidak terlepas dari berbagai keuntungan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Proses cepat dan mudah

Salah satu keuntungan menggunakan neobank adalah prosesnya yang cepat dan mudah. Anda bisa membuka akun online dengan cepat berkat proses identifikasi video, sehingga akun biasanya tersedia untuk digunakan pada hari yang sama. Berbagai penggunaan harian akun online, seperti transfer, penyetoran, dan penarikan juga disinkronkan secara real-time sehingga memudahkan semua transaksi keuangan. 

2. Keamanan terjamin

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan neobanking karena ia sudah terdaftar di OJK sebagai bank digital. Berbagai fitur transfer dan pembayaran ke nomor VA (virtual account) bisa dilakukan dengan aman sehingga memberikan kemudahan bagi Anda.

3. Tampilan ramah pengguna

Tujuan utama apa itu neobank adalah memberikan pengalaman pelanggan yang sangat baik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal website yang bermasalah ataupun aplikasi seluler yang tidak terlalu responsif. Aplikasi neobanking idealnya mempunyai tampilan ramah pengguna. Performanya pun responsif dan dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Kemudahan penggunaan inilah yang membuat aplikasi ini populer dan disukai oleh para penggunanya.

4. Suku bunga lebih tinggi

Neobanking juga menawarkan suku bunga yang relatif lebih tinggi sehingga lebih menguntungkan. Bunga tabungan yang ditawarkan oleh neobank adalah sekitar 6% hingga 8%, sehingga terbilang lebih besar jika dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh bank konvensional pada umumnya.

Itulah informasi mengenai neobank, inovasi perbankan yang saat ini ramai dibicarakan. Apakah kini Anda jadi ikut tertarik untuk menjadi nasabah neobanking? Pastikan Anda memilih penyedia layanan yang tepercaya, ya. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan