Mengenal Investasi Leher ke Atas, Jenis Investasi untuk Anak Muda

Mengenal Investasi Leher ke Atas, Jenis Investasi untuk Anak Muda

Investasi leher ke atas adalah sebuah kiasan yang merepresentasikan aktivitas pengembangan otak. Mengapa harus diberi nama “leher ke atas”? Ini karena fungsi organ dari leher ke atas sangatlah penting bagi keseluruhan fungsi organ lainnya. Sebut saja otak yang mengirimkan sinyal ke semua organ untuk memastikan tubuh berfungsi dengan baik. Tanpa fungsi otak, kita tidak bisa merawat diri, melakukan hobi, bahkan bekerja untuk mendapatkan uang. 

Dari sini, ide investasi ini semakin populer. Sejatinya, investasi merupakan kegiatan menanam uang untuk mendapatkan profit. Jadi, esensi dari investasi leher ke atas adalah uang yang Anda keluarkan untuk mengembangkan diri menjadi sosok yang lebih baik. Hasilnya tentu saja bisa Anda nikmati di masa depan, misalnya promosi jabatan dan strategi pengembangan bisnis yang semakin ciamik. Mari kita kenali lebih lanjut soal jenis investasi yang unik ini!

Berbagai Jenis Investasi Leher ke Atas

Pada dasarnya, return atau imbalan dari investasi ini bukanlah uang atau materi, melainkan sudut pandang baru. Jangan berkecil hati, sudut pandang baru ini akan menguntungkan Anda dalam berbagai hal, tergantung pada jenis investasi leher ke atas yang Anda lakukan. Berikut jenis-jenisnya yang bisa dipilih:

  • Investasi sosial: Kegiatan seperti interaksi sosial yang memberi kesempatan bagi Anda untuk membangun koneksi dengan orang baru. Contohnya seperti mengikuti seminar bisnis untuk bertemu dengan agency atau potensi partner bisnis baru.
  • Investasi spiritual: Kegiatan untuk memperdalam ilmu keagamaan atau lebih mengenal diri sendiri. Contohnya adalah mengikuti dakwah agama, kelas meditasi, atau retret rohani.
  • Investasi keterampilan: Jenis investasi yang paling umum adalah investasi keterampilan. Tujuannya untuk mengasah keterampilan yang sudah ada atau belajar keterampilan baru yang berguna bagi masa depan. Misalnya seperti mengikuti kelas coding, belajar bahasa asing, dan mengikuti kelas investasi.

Cara Berinvestasi Leher ke Atas

Siapa saja bisa mulai melakukan jenis investasi ini. Modalnya pun tidak perlu sampai jutaan, bahkan ada saja pilihan bebas biaya yang bisa diambil. Tidak hanya untuk anak muda, investasi leher ke atas pun sangat direkomendasikan bagi kaum profesional lainnya, mulai dari yang sudah berumur 30 tahun ke atas sampai yang sudah di usia lanjut. Begini cara-cara untuk memulai investasi leher ke atas.

  1. Cari kesempatan baru

Apa saja hal yang sebelumnya ingin Anda lakukan, tetapi belum tersampai? Inilah saatnya untuk melakukan hal tersebut. Jika Anda sudah lama ingin fasih berbahasa Inggris, misalnya, sekarang adalah waktu tepat untuk menginvestasikan waktu dan uang Anda untuk kursus bahasa. Jika perusahaan Anda menawarkan program latihan, jangan ragu untuk mengambilnya. Musuh terbesar bagi kesuksesan kita adalah rasa takut akan hal baru. Selama kegiatannya positif, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

  1. Rajin membaca buku

Jika selama ini Anda tidak pernah hobi baca buku, bisa saja ini karena Anda belum menemukan buku yang tepat. Pernyataan bahwa buku adalah jendela dunia itu benar adanya, kok. Bayangkan, Anda bisa belajar sudut pandang orang-orang hebat seperti Jack Ma dan Bill Gates melalui buku. Bacalah buku-buku self-help dan self-development sesuai dengan keinginan Anda. Bagi yang ingin belajar investasi high risk, misalnya, Anda bisa membaca buku tulisan Warren Buffett dan Benjamin Graham.

  1. Bertemu dengan mentor

Mungkin saja Anda kenal dengan orang-orang yang sudah lebih lama menekuni bidang yang menarik perhatian Anda. Entah itu teman, saudara, atau atasan kerja, Anda bisa mengobrol dengan mereka dan saling berdiskusi. Mereka akan menjadi mentor bagi Anda. Keuntungannya bagi Anda adalah bisa mendapatkan ilmu baru langsung dari ahlinya. Sementara bagi mentor, mereka bisa mengasah keterampilan mereka dan mengembangkan koneksi. Win-win solution, bukan?

  1. Ikuti kursus dan seminar

Tanpa ada sadari, ada banyak sekali acara pelatihan seperti workshop dan seminar yang dibuka untuk umum. Temanya pun bermacam-macam, tentunya dengan pembicara yang sudah ahli di bidangnya. Misalnya seperti Modalku yang mengadakan webinar Financial Fitness Classes bersama OCBC NISP. Acara ini pun mengundang berbagai experts seperti Felicia Putri Tjiasaka dan Ario Pratomo.

  1. Gali potensi diri

Jangan mudah menyerah karena layaknya investasi pada umumnya, ada masa ketika return yang dihasilkan tidak sebanding dengan modalnya. Teruslah gali potensi diri dan yakin bahwa Anda bisa maju terus. Jika semangat menurun, cari motivasi dan tips dari berbagai media, seperti misalnya podcast. Nah, Modalku juga punya podcast untuk berbagi pengetahuan finansial yang bisa Anda nikmati di YouTube.

Mari sama-sama mulai investasi leher ke atas dari sekarang. Ingat, tidak pernah ada kata terlambat untuk mengembangkan diri. Investasi leher ke atas adalah modal positif yang akan membuat diri Anda jadi lebih berkembang. Semoga bermanfaat!1


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nation111111111111111s Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tinggalkan Balasan