Reynold Wijaya Berbagi Kisah Sukses Grup Modalku dalam Memberdayakan UMKM di Asia Tenggara

kisah sukses Reynold

Virtual, 21 February 2022 – Reynold Wijaya, Co-Founder & CEO Modalku hadir sebagai narasumber dalam acara bincang-bincang CEO2CEO bertajuk “Kisah Sukses Startup Memberdayakan UMKM di Asia Tenggara”. Acara virtual ini dimoderatori oleh Suwardi L, CEO Qubisa, startup yang menyelenggarakan acara ini. Selain Suwardi, Lika Satvarini, CEO Lively Academy juga turut menjadi host yang membuka dan memeriahkan acara ini. 

Dalam acara ini, Reynold menceritakan tentang sejarah dan latar belakang Grup Modalku & Funding Societies. Grup Modalku merupakan perwujudan dari ide bisnis yang mampu memberikan dampak yang besar bagi para UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Mengapa UMKM? Menurut Reynold, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. “Jadi, dengan membantu bisnis mereka melalui pinjaman modal usaha, kita bisa membantu ekonomi negara-negara tersebut,” papar Reynold. 

Dari kisah Reynold ini, Suwardi menyimpulkan adanya 3 kriteria startup visionaris. Pertama, ide brilian yang bisa memberikan solusi bagi masyarakat. Kedua, keinginan untuk memberikan dampak di lingkungan sekitar. Ketiga, proses scale up yang cepat. Di Asia Tenggara, masalah finansial terbesar adalah akses ke pendanaan, khususnya pada UMKM. “Makanya, kami ingin membantu UMKM agar bisa mendapat akses ke pendanaan. Saya yakin dengan akses yang baik, UMKM dapat berkembang menjadi enterprise yang besar,” ujar Reynold. 

Reynold juga menambahkan pentingnya complimentary skillset partner dalam mengembangkan sebuah bisnis. Keahlian dan ketrampilan pendiri bisnis harus saling melengkapi agar startup tetap bisa berjalan harmonis. Meski demikian, value yang dimiliki harus mirip bahkan sama. Pada kasus founder startup grup Modalku, punya perbedaan dalam skillset.

Para peserta dengan antusias mengajukan berbagai pertanyaan kepada Reynold pada penghujung acara. Setelah itu, Suwardi memberikan pesan tentang pentingnya integritas dalam membangun bisnis. Dalam dunia digital saat ini, integritas bisa diukur dengan berbagai tools. Oleh karena, teman-teman pebisnis tidak boleh berhenti belajar agar bisa sukses dan memberikan dampak yang lebih besar.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan