Kenali Investasi Leher Ke Atas yang Minim Risiko dan Untung Optimal

investasi leher ke atas

Investasi leher ke atas mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Secara harfiah, investasi adalah penanaman modal dari harta yang Anda miliki. Namun, investasi tidak hanya sekadar menanamkan modal dan mendapatan keuntungan berupa uang. Ada juga investasi yang sifatnya bukan materi, melainkan ilmu, ketrampilan, dan pengetahuan.

Apa itu investasi leher ke atas?

Investasi leher ke atas adalah “penanaman modal” pada bagian tubuh atas manusia, yaitu otak. Mudahnya, investasi jenis ini dilakukan dengan cara memberikan ilmu, pemikiran, keterampilan, serta etika dan moral dalam menjalankan hidup. Meskipun investasi leher ke atas tidak melibatkan uang, hasil akhir dari jenis investasi ini juga bisa berupa uang.

Intinya, setiap investasi yang Anda lakukan pada otak dapat digunakan untuk menghasilkan uang, baik ilmu yang Anda bagikan, keterampilan yang Anda gunakan, hingga etika dan moral yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya, semua bisa dinilai dengan uang.

Manfaat melakukan investasi leher ke atas

Secara tidak sadar, kita semua sebenarnya sudah melakukan investasi leher ke atas. Langkah berikutnya adalah bagaimana kita memprioritaskan investasi ini dalam hidup, misalnya memperdalam pengetahuan tentang teknologi, ilmu ekonomi, bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Investasi leher ke atas adalah jenis investasi yang sangat bermanfaat dan tidak memiliki risiko kerugian seperti berbagai jenis investasi lainnya. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, investasi ini juga bermanfaat untuk orang lain, misalnya Anda membagikan hasil investasi Anda dalam bentuk seminar, workshop, membuka lapangan pekerjaan, dan lain-lain.

Jenis-jenis investasi leher ke atas

Investasi leher ke atas terdiri dari beberapa jenis. Berikut adalah beberapa bentuk investasi leher ke atas yang bisa Anda lakukan.

  1. Investasi sosial

Investasi sosial sangat erat kaitannya dengan lingkungan sekitar atau masyarakat. Seperti yang telah dipaparkan di atas, investasi jenis ini bisa bermanfaat untuk orang lain. Investasi sosial pada dasarnya identik dengan menambah relasi atau networking.

Dengan memperluas relasi serta memiliki hubungan baik dengan mereka, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa pertukaran ide, hubungan kerja, hubungan bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Investasi keterampilan

Investasi keterampilan berkaitan dengan kemampuan (skill) atau keahlian yang Anda miliki. Investasi jenis ini identik dengan pengembangan diri, sehingga kemampuan Anda akan diasah hingga ahli dalam suatu bidang.

Investasi keterampilan sangat diperlukan untuk memperoleh pekerjaan maupun membangun bisnis. Anda bisa mengasah kemampuan Anda dengan mengikuti berbagai sekolah pendidikan maupun pelatihan agar bisa menguasai bidang tersebut. Nantinya, investasi ini akan membantu Anda membuka peluang karier atau bisnis.

  1. Investasi spiritual

Investasi leher ke atas yang tidak kalah penting selanjutnya adalah investasi spiritual. Spiritual erat kaitannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Penanaman modal yang bisa Anda lakukan untuk investasi jenis ini adalah dengan melaksanakan perintah Tuhan, seperti beribadah dan menjauhi segala larangannya.

Bagaimana cara memaksimalkan investasi leher ke atas?

Setelah mengetahui apa itu investasi leher ke atas beserta jenis-jenisnya, berikut adalah beberapa cara untuk memaksimalkan investasi leher ke atas. Simak penjelasannya!

  1. Gali potensi diri

Tips pertama saat ingin memaksimalkan investasi leher ke atas adalah dengan menggali potensi diri. Anda perlu menggali minat dan bakat sedalam mungkin untuk mengetahui kemampuan apa yang bisa Anda asah. Namun, tidak sedikit pula yang sukses tanpa memiliki bakat dan dengan bermodalkan minat dan tekad yang kuat.

  1. Memilih mentor yang tepat

Salah satu bentuk investasi leher ke atas adalah investasi sosial. Saat Anda memilih jenis investasi ini, tips untuk memaksimalkannya adalah dengan memiliki relasi yang luas. Jadi, Anda memiliki kemungkinan yang lebih banyak untuk mendapatkan mentor saat sedang melakukan investasi leher ke atas.

  1. Memilih lingkungan yang tepat untuk berkembang

Berinvestasi sosial bukan berarti Anda asal memilih relasi. Saat ingin memaksimalkan hasil investasi leher ke atas, penting bagi Anda untuk memilih lingkungan pergaulan yang tepat agar memacu diri untuk ikut berkembang. Bila Anda ingin ahli di bidang bisnis, bertemanlah dengan seorang lingkaran pebisnis.

  1. Berkontribusi untuk masyarakat

Setelah Anda memiliki keterampilan atau pengetahuan sampai tingkat ahli, jangan lupa berkontribusi untuk masyarakat. Saat Anda berkontribusi pada masyarakat, hal ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan maupun membagikan pengalaman pada orang lain.

  1. Memanfaatkan media atau teknologi

Perkembangan teknologi yang begitu cepat menuntut Anda untuk mengikutinya agar tidak ketinggalan. Di sini, Anda bisa memanfaatkan teknologi sebagai media untuk belajar, bekerja, membagikan informasi, dan sebagainya yang berhubungan dengan investasi leher ke atas.

Investasi ini adalah salah satu jenis investasi yang tidak memiliki risiko seperti berbagai jenis investasi lainnya, sebab dilakukan pada otak dengan memberikan pengetahuan dan mengasah kemampuan untuk mendapatkan sebuah keahlian atau keterampilan baru yang nantinya bisa digunakan untuk banyak hal, salah satunya bisnis.

Selain menambah pengetahuan, berbisnis juga perlu mempunyai modal uang. Dalam hal ini, Modalku memberikan pinjaman uang bagi para pendiri usaha rintisan seperti UMKM tanpa memerlukan jaminan dan bisa dibayar dalam rentang waktu beragam. Informasi lebih lengkap mengenai pinjaman uang dari Modalku bisa Anda klik di tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan