9 Ciri-ciri Kewirausahaan Sukses yang Harus Anda Tiru

9 Ciri-ciri Kewirausahaan Sukses yang Harus Anda Tiru

Hampir semua orang ingin menjadi pengusaha sukses pada masa kini. Keinginan tersebut sering tidak terwujud karena mereka jarang menerapkan ciri-ciri kewirausahaan dalam hidupnya. Seorang pengusaha harus menerapkan karakteristik tersebut agar bisa meraih kesuksesan serta menghadapi berbagai tantangan saat membangun bisnis.

Seorang wiraswasta tidak hanya membutuhkan skill atau keterampilan saat menjalankan bisnis. Mereka harus mengembangkan ciri khas kewiraswastaan demi tercapainya keberhasilan atau visi perusahaannya. Ciri khas tersebut juga membantu pengusaha dalam menghadapi tantangan dan kesulitan dalam mengembangkan bisnis.

Ciri-Ciri Kewirausahaan Sukses yang Harus Ditanamkan

Karakteristik seorang wiraswasta tidak lahir dalam semalam, tetapi dibentuk dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda harus berani keluar dari zona nyaman dan mulai meninggalkan sikap yang tidak sesuai dengan ciri khas tersebut. Perubahan tersebut diperlukan agar Anda lebih gigih dan tekun dalam mencapai kesuksesan saat berbisnis.

Apa saja ciri-ciri kewirausahaan yang wajib Anda terapkan dalam kehidupan? 

1. Berjiwa Pemimpin

Wiraswasta adalah pemimpin karena mereka membangun dan mendirikan bisnisnya sendiri. Anda harus memiliki karakter seorang pemimpin agar bisa memotivasi karyawan dalam suatu perusahaan. Pemimpin harus memiliki skill komunikasi yang kuat dan efektif serta mempercayai kemampuan para anggotanya. Sikap tersebut membuat Anda akan dihargai dan dihormati melalui komitmen dan pekerjaan para karyawan.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Persaingan Usaha Kuliner

2. Berintegritas Tinggi

Bisnis mampu bertahan lama karena mereka menaati etika dan aturan yang berlaku. Anda harus memiliki integritas dalam berwirausaha, terutama bersikap jujur saat bekerja sama dengan klien atau mitra. Wiraswasta berintegritas tinggi juga berusaha mencari solusi dan tidak menyalahkan keadaan apabila terjadi masalah. Wiraswasta berintegritas akan mendapatkan kepercayaan tinggi dari pelanggan dan orang di sekitarnya.

Baca Juga: Wirausaha: Pengertian, Jenis, dan Contoh

3. Berinovasi Terus-Menerus

Bisnis sangat dinamis karena selera pasar bisa berubah sesuai trennya. Anda perlu menanamkan sikap inovatif dalam menghadapi perubahan tersebut. Daripada meratapi perubahan, Anda bisa menciptakan hal-hal baru demi mengikuti selera pasar. Sikap inovatif juga dibuktikan melalui peningkatan produk atau layanan bisnis menjadi lebih baik. Bisnis yang inovatif dipandang lebih unggul dan kreatif dibandingkan kompetitornya.

Baca Juga: UMKM Makin Berdaya Karena Inovasi Layanan FinTech

4. Berorientasi pada Tugas dan Hasil

Seorang pengusaha memiliki banyak hal yang harus dikerjakan saat membangun bisnis. Sikap orientasi pada tugas sangat membantu agar semua pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Ketekunan, kerja keras, inisiatif, disiplin, dan motivasi kuat merupakan contoh sikap orientasi pada tugas. Anda akan mendapatkan hasil yang optimal dari tugas tersebut sehingga bisnis perlahan mencapai tujuannya.

Baca Juga: Ciri-ciri Strategi Pemasaran yang Efektif Dilakukan

5. Berjiwa Kompetitif

Bisnis selalu memiliki kompetitor yang bisa mengancam kesuksesannya. Pengusaha perlu memiliki jiwa kompetitif, artinya Anda harus menyukai tantangan dan berusaha untuk memenangkannya. Kompetitor bukanlah hal negatif, justru bisa menjadi sarana agar bisnis makin berkembang. Anda hanya perlu fokus dan terus melakukan inovasi supaya perusahaan makin unggul di mata target pasar.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Investasi Emas Jadi Pilihan Banyak Orang

6. Berorientasi pada Masa Depan

Pengusaha selalu memiliki visi atau tujuan yang harus diwujudkan melalui bisnisnya. Sikap berorientasi pada masa depan membuat bisnis Anda makin terarah dan lebih cepat mencapai tujuan tersebut. Anda harus memiliki wawasan dan strategi dalam setiap aspek bisnis agar keberlangsungannya tetap terjaga. Jangan pernah bergantung pada kegagalan masa lalu karena hal tersebut menghalangi bisnis Anda mencapai kesuksesan.

Baca Juga: 6 Tips Bangun Bisnis dengan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

7. Bertanggung Jawab

Pengusaha memiliki tuntutan dan tanggung jawab besar dalam bisnis melalui kegiatan, ide, implementasi, dan perilakunya. Sikap tanggung jawab diperlukan, apalagi jika bisnis Anda memiliki karyawan yang bekerja di dalamnya. Anda harus berkomitmen dan konsisten dalam menjalankan tugas tersebut sebagai bentuk sikap tanggung jawab seorang wiraswasta.

8. Berani Menghadapi Kegagalan

Kegagalan merupakan hal wajar dan sering terjadi dalam menjalankan bisnis. Keputusan atau rencana bisnis yang dianggap terbaik kerap menimbulkan kegagalan dalam eksekusinya. Pengusaha justru harus berani menghadapi kegagalan karena itulah sarana untuk bertumbuh. Apabila terjadi kegagalan saat menjalankan bisnis, Anda cukup menerimanya, belajar dari hal tersebut, dan memperbaikinya agar tidak terulang lagi.

Baca Juga: 9 Kriteria Peluang Usaha yang Ideal

9. Berani Menghadapi Risiko

Risiko tidak pernah luput dalam menjalankan sebuah bisnis dan hampir terjadi di setiap aspeknya, contoh: keuangan, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Anda tidak boleh terpengaruh terhadap risiko apapun, tetapi berusaha menciptakan solusi untuk menguranginya. Ketika Anda berani menghadapi risiko, bisnis justru makin berkembang maju dan mampu meraih pencapaian tertinggi dalam prosesnya.

Sembilan ciri-ciri kewirausahaan perlu ditanamkan agar Anda tetap semangat dalam menjalankan bisnis. Selain skill dan sikap tersebut, modal merupakan hal pasti dan tidak boleh dilewatkan dalam mengembangkan bisnis. Anda tidak perlu bingung mendapatkannya karena ada program pinjaman online tanpa agunan untuk mendanai bisnis mikro sekali pun. 

Modalku menawarkan plafon pinjaman sampai Rp250.000.000 dan tenor hingga 12 bulan dengan program tersebut. Angka yang fantastis untuk mengembangkan usaha, bukan? Kunjungi website Modalku sekarang juga dan rasakan kemudahan layanan pinjaman kami untuk pengembangan usaha Anda.


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan