9 Kriteria Peluang Usaha yang Ideal

9 Kriteria Peluang Usaha yang Ideal

Tidak semua peluang usaha dapat dijadikan bisnis. Nyatanya ada banyak sekali peluang tidak ideal  yang hanya menghabiskan modal Anda. Pertanyaan selanjutnya ialah “Bagaimana cara mencari tahu peluang usaha yang ideal?”. Terdapat beberapa kriteria peluang usaha yang bisa dijadikan standar atau penentu dari bisnis yang baik. Penasaran apa saja kriterianya? Yuk baca selengkapnya di bawah ini. 

Kriteria Peluang Usaha Ideal

Pemahaman menyeluruh terkait kriteria peluang usaha akan menyelamatkan Anda dari berbagai risiko kegagalan dan kerugian. Saat peluang usaha yang dipilih tepat maka hasil yang didapat pasti juga baik. Kalau begitu tanpa berlama-lama lagi ini dia sembilan kriteria yang perlu diperhatikan. 

1. Peluang Usaha dari Diri Sendiri

Pertama, kriteria peluang usaha yang baik muncul dari diri sendiri atau orisinal. Peluang usaha yang orisinal tentu bisa bersaing dengan kompetitor. Ini karena peluang usaha yang didapatkan memiliki perbedaan dan keunikannya tersendiri. Peluang usaha hasil menyontek kompetitor pasti tidak akan bertahan lama. Keuntungan yang didapat biasanya juga bersifat sementara. Contohnya penjualan akan meningkat saat tren naik tetapi langsung menjadi menurun ketika tren berlalu. 

2. Termasuk Kebutuhan Masyarakat

Peluang usaha sebenarnya bisa datang dari berbagai industri. Namun peluang usaha yang paling menjanjikan ketika Anda berhasil memenuhi kebutuhan masyarakat. Memangnya apa saja yang dibutuhkan masyarakat? Jawabannya banyak, Anda bisa membaginya menjadi dua kelompok yaitu kebutuhan primer dan sekunder. 

Kebutuhan primer atau pokok yang dimaksudkan berupa pangan, papan, dan sandang. Ini berarti Anda bisa membuka usaha makanan, pakaian, dan properti. Kebutuhan sekunder di sisi lain merupakan pelengkap yang tidak harus selalu ada tetapi akan sangat baik jika dipenuhi. Contohnya hiburan, alat elektronik, kendaraan, produk kecantikan, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: 8 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah, Patutkah Dicoba?

3. Diterima oleh Pasar

Peluang usaha dikatakan baik ketika produk yang dijual bisa diterima oleh pasar. Setidaknya ada tiga faktor mengapa suatu produk ditolak atau diterima, seperti: 

  • Keadaan budaya.
  • Kebiasaan sosial yang terbangun.
  • Masalah yang dihadapi.

Sebagai contoh Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan kepatuhannya terhadap agama. Penduduk yang mayoritas memeluk agama Islam akan sangat mementingkan urusan makanan halal dan haram. 

Jika Anda menjual produk tidak halal dan pasarnya adalah orang-orang beragama Islam maka sudah pasti peluang usaha tersebut ditolak. Hukum terkait halal atau tidaknya suatu makanan bahkan diatur dalam UU No.33 tahun 2014. Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti terkait produk yang bisa diterima pasar? 

Baca Juga: 9 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

4. Memiliki Ketersediaan Sumber Daya

Membangun suatu usaha tentu membutuhkan modal yang cukup. Modal yang dimaksudkan tidak hanya soal uang tetapi juga skill, alat-alat, dan bahan baku. Jika peluang usaha tersebut menjanjikan tetapi tidak memiliki salah satu dari sumber daya yang dibutuhkan maka bisnis tidak bisa berjalan. 

Semua sumber daya yang dibutuhkan harus lengkap dan tersedia dalam jumlah banyak. Pasalnya Anda tidak ingin membuka usaha hanya dalam waktu yang singkat, bukan? Oleh karena itu sumber daya tidak hanya harus ada tetapi juga harus tersedia dalam jumlah yang banyak. 

Baca Juga: 7 Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Bisnis

5. Bukan Usaha Musiman 

Ada banyak peluang usaha yang muncul saat drama Korea baru saja dirilis. Bukan tidak mungkin untuk dibuat tetapi peluang usaha yang demikian tidak dapat bertahan dalam waktu lama. Penjualan Anda hanya akan meningkat saat tren masih terus berjalan di masyarakat. Begitu sudah berganti tren maka usaha Anda bisa menurun bahkan bangkrut. 

Jadi sangat tidak dianjurkan untuk menindaklanjuti peluang usaha musiman. Jika Anda mendapatkan peluang usaha tersebut sebaiknya pikirkan ulang dengan lebih matang. Jangan biarkan tren sesaat atau musiman membuat Anda akhirnya merugi lebih banyak. Modal besar yang dikeluarkan juga akan menjadi sia-sia tanpa pengembalian berarti. 

Baca Juga: 6 Tips Bangun Bisnis dengan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

6. Memiliki Nilai Jual yang Tinggi

Peluang usaha dengan nilai jual tinggi menjadi kriteria selanjutnya. Hal ini dapat terlihat dari keunikannya yang sangat khas dari kompetitor lainnya. Nilai jual yang tinggi bisa datang dari berbagai aspek seperti latar belakang bisnis, produk-produk berbeda di pasaran, atau layanan premium. Semua penambahan nilai ini akan membedakan bisnis Anda dari kompetitor. 

7. Nyata dan Realistis

Tidak semua peluang usaha bisa dibuat dan direalisasikan. Ada banyak peluang usaha yang menjanjikan tetapi sangat sulit untuk dibuat. Nyata dan realistis bukan hanya soal besarnya keuntungan yang bisa didapatkan tetapi juga berbicara tentang kesiapan Anda untuk menjalankannya. Ketika semua keterampilan serta skill yang dibutuhkan lengkap maka bisa dibilang bahwa peluang usaha tersebut sangat nyata dan realistis. 

Baca Juga: Trik Pengelolaan Stok Barang di Bisnis Online yang Efisien

8. Skala Industri Dapat Ditingkatkan

Peluang usaha yang baik selalu bisa ditingkatkan dalam periode waktu tertentu. Peningkatan adalah proses pengembangan yang harus selalu ada ketika menjalankan bisnis. Tanpa adanya peningkatan maka mustahil suatu bisnis bisa bertahan dalam ketatnya persaingan pasar. 

9. Risiko Kecil

Risiko akan selalu ada apa pun usaha yang dijalankan. Meskipun begitu seharusnya peluang usaha yang ideal memiliki risiko kecil. Bukan berarti peluang usaha dengan risiko besar tidak bisa dilakukan. Hanya saja semua risiko harus bisa diminimalisir atau dikurangi. Jika melihat peluang usaha yang memiliki risiko besar dan tidak dapat diminimalisir maka sudah sebaiknya Anda mencari bisnis lain. 

Demikian kriteria-kriteria peluang usaha yang ideal. Kini Anda tidak perlu termakan godaan keuntungan yang besar. Ingatlah bahwa semua yang cepat datang juga akan berlalu begitu saja. Dari sini Anda bisa memilih peluang usaha mana yang benar-benar bisa ditindak lanjuti. Peluang usaha tidak hanya berbicara soal ide awal pembuatan bisnis tetapi juga proses pengembangan. 

Adakalanya peluang usaha bisa meningkatkan bisnis dengan sangat cepat. Ketika itu datang, jangan buang kesempatan hanya karena Anda tidak memiliki modal yang dibutuhkan. Langsung saja ajukan pinjaman modal usaha di Modalku. Modalku merupakan platform pendanaan yang mendorong pengembangan UMKM. 

Hingga saat ini sudah ada ribuan UMKM yang terbantu dan berhasil mengembangkan usaha mereka. Jumlah dan tenor pinjaman bisa Anda tentukan sesuai kebutuhan. Syarat pengajuan juga sangat mudah dan bisa Anda lihat di website Modalku. Jadi tunggu apalagi? Mari mengembangkan bisnis Anda bersama Modalku sekarang!


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan