8 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah, Patutkah Dicoba?

8 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah, Patutkah Dicoba

Keragaman kuliner di Indonesia menciptakan berbagai ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang menarik untuk dicoba. Kuliner daerah yang eksotis dan belum terlalu familier tentu menarik perhatian target pasar untuk mencicipinya. Kondisi tersebut dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi bisnis Anda.

Bisnis kuliner tidak pernah mati karena makanan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Kreativitas pengusaha dalam berbisnis menghasilkan berbagai produk makanan dengan cita rasa menarik dan belum pernah hadir sebelumnya. Mulai dari makanan khas daerah sampai internasional, masyarakat Indonesia selalu berlomba-lomba untuk mencicipinya.

Pilihan Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah untuk Dicoba

Tips paling penting dalam berbisnis kuliner adalah sesuaikan menu makanan dengan selera target pasar. Usaha Anda akan sia-sia apabila makanan daerah tersebut sepi peminat. Strategi pemasaran memang ampuh untuk menarik minat pelanggan, tetapi produk yang memenuhi selera dan kebutuhan pasar lebih dicari oleh mereka.

Makanan khas daerah merupakan salah satu ide bisnis brilian yang bisa dicoba. Anda dapat memodifikasi makanan tersebut dengan cita rasa modern atau tetap menjaga orisinalitas hidangannya. Apa saja contoh makanan daerah yang bisa menjadi peluang usaha nan menjanjikan?

1. Serabi

Makanan asal Jawa Barat ini lumayan dikenal hampir di seluruh Pulau Jawa. Serabi merupakan dessert berbentuk bulat pipih dan memiliki pori-pori pada permukaannya. Kue ini terbuat dari tepung beras atau gandum, santan, dan bahan-bahan lainnya. Secara tradisional, serabi disajikan dengan campuran gula jawa dan santan. Namun, Anda dapat memodifikasi hidangan ini menggunakan varian rasa terkini, seperti selai stroberi, cokelat meises, saus green tea, keju, dan sebagainya.

Baca Juga: Evaluasi Usaha adalah Kunci Sukses Bisnis

2. Pempek

Pempek memang sudah cukup familier di telinga masyarakat Indonesia, tetapi Anda bisa mencobanya apabila tidak ada kompetitor di area sekitar. Makanan asli Palembang ini terbuat dari daging ikan berlapis tepung dan bahan-bahan lainnya. Keistimewaan pempek terletak pada kombinasi rasa asam, manis, dan pedas kuah cukonya.

Baca Juga: 12 Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil

3. Gado-gado

Jika Anda ingin menyajikan makanan sehat, cobalah berbisnis makanan khas Jakarta ini. Resep gado-gado pun sederhana, yakni campuran sayuran seperti kubis, kol, selada, kacang panjang dengan siraman saus kacang di atasnya. Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena banyak orang mulai mencari makanan sehat sebagai menu dietnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar karena modalnya sangat terjangkau.

Baca Juga: 7 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

4. Bakso Tahu

Makanan khas Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan menu cemilan atau makanan utama. Lengkapi menu bakso tahu Anda dengan menambahkan siomay, kentang rebus, kol, telur, dan sayur pare. Anda bisa menyajikan bakso tahu goreng (batagor) yang lebih gurih di lidah pelanggan. Modalnya cukup terjangkau karena bahan-bahannya mudah ditemukan di pasar, tetapi Anda bisa meraih laba besar asalkan cerdik memasang harganya.

Baca Juga: 6 Ide Daftar Usaha Makanan Paling Laris dengan Modal Minim

5. Mie Aceh

Keunikan mie aceh dari hidangan mie lainnya adalah bumbu rempah-rempah yang kental. Selain itu, mie aceh juga khas karena memiliki bentuk lurus dan melengkung. Ada dua pilihan penyajian mie aceh, yaitu digoreng dan direbus. Jangan lupa untuk menambahkan variasi daging di hidangannya, seperti udang, cumi-cumi, ayam, daging sapi, dan sebagainya. Anda bisa menjual teh tarik sebagai pendamping mie aceh yang khas agar pelanggan makin penasaran mencicipi kuliner eksotis ini.

Baca Juga: 7 Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Bisnis

6. Kue Pukis

Kelezatan kue asal Jawa Tengah ini membuat salah satu restoran cepat saji menyediakan menu ini di gerai mereka. Peluang usaha ini layak dicoba karena Anda bisa menjual kue pukis dengan harga lebih terjangkau. Modalnya memang murah karena bahan yang digunakan hanya terdiri dari tepung terigu, gula pasir, ragi, santan, dan perisa lainnya. Tampilan kue pukis terlihat khas karena berbentuk setengah lingkaran dan berwarna kuning di bagian sisinya.

Baca Juga: 9 Usaha Kecil yang Lagi Trend di Tahun 2022

7. Kue Odading

Makanan yang sempat populer ini ternyata memiliki sejarah unik di balik namanya. Kue ini sudah hadir sejak zaman kolonialisme Belanda, bahkan namanya berasal dari serapan bahasa Belanda, yaitu ‘O dat ding?’ artinya ‘Oh, benda itu?’. Resep odading juga sederhana dan mudah dibuat, tapi rasanya lezat karena ada taburan wijen putih di atasnya.

8. Klepon

Makanan asal Jawa Tengah ini sangat diminati karena kelezatan gula merah yang lumer di lidah saat disantap. Klepon merupakan kue bola-bola lembut terbuat dari tepung pulut dan diberi topping kelapa parut di atasnya. Anda bisa mencoba pasta cokelat sebagai filling kleponnya untuk cita rasa yang lebih modern. Jajanan pasar ini tidak hanya diminati karena rasa manisnya, tetapi cukup praktis disantap pada waktu senggang pula.

Hidangan khas daerah menjadi bisnis yang lumayan menguntungkan apabila Anda pintar mengolah produknya. Jangan lupa untuk membuat kemasan menarik sebagai sarana branding agar bisnis kuliner Anda makin khas dan dikenal luas.

Sembilan ide dan peluang usaha makanan khas daerah di atas layak dicoba, bahkan Anda dapat mencari menu hidangan daerah lainnya untuk dijual. Jangan khawatir mengenai modalnya, karena Anda bisa mendapatkannya secara mudah melalui program pinjaman online tanpa agunan dari Modalku. Kami menawarkan plafon hingga Rp250 juta dan tenor pinjaman 3-12 bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha mikronya. Yuk, ajukan pinjaman di Modalku demi kemajuan bisnis kuliner Anda pada masa depan.


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan