6 Ide Daftar Usaha Makanan Paling Laris dengan Modal Minim

6 Ide Daftar Usaha Makanan Paling Laris dengan Modal Minim

Tidak dapat dipungkiri bahwa kuliner saat ini menjadi salah satu pilihan bidang usaha terbaik dan mungkin jadi yang paling mudah. Selain mampu menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan, usaha makanan juga membutuhkan modal yang relatif minim. Meski begitu, tidak semua usaha makanan bermodal minim memiliki pasar yang baik. Lantas, apa usaha makanan paling laris dengan modal minim yang bisa menjadi inspirasi usaha Anda?

Aneka Gorengan

Usaha makanan paling laris pertama yang dapat Anda coba adalah menjual aneka gorengan. Jajanan sederhana seperti bakwan, tahu isi, pastel hingga pisang goreng terkenal menjadi favorit hampir semua kalangan masyarakat Indonesia. Kebiasaan masyarakat yang menjadikan gorengan sebagai teman membuka hari atau melepas senja sembari menikmati kopi dan teh menciptakan satu peluang tersendiri.

Untuk semakin menarik pelanggan, Anda dapat membuat sejumlah variasi gorengan unik yang mampu menunjukkan keunggulan produk Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan variasi rasa atau kemasan yang unik sehingga gorengan yang Anda sediakan memiliki nilai lebih.

Telur Gulung

Ide usaha makanan paling laris berikutnya adalah telur gulung. Jajanan yang kerap kali dijajakan di depan sekolahan ini memiliki pasar tersendiri, terutama bagi mereka yang rindu akan suasana sekolah. Makanan berbahan dasar telur ini tidak butuh banyak persiapan dan modal. Anda hanya perlu minimal kemampuan untuk menggulung telur.

Usaha makanan telur gulung juga dapat Anda variasikan dengan menyediakan isian berupa sosis atau mie. Selain itu, pilihan saus berbagai macam rasa juga bisa jadi pembeda telur gulung bikinan Anda. Selain saus tomat dan cabai, saus mayones dan barbekyu dapat pula jadi pilihan.

Baca juga: ” 5 Tips Menjalankan Usaha Kuliner Saat Pandemi

Roti Bakar

Bermodal minim, usaha makanan modal kecil untuk besar yang berikutnya adalah roti bakar. Di Indonesia, roti bakar umumnya dijual pada malam hari. Hal ini tentu menjadi peluang bagi Anda yang sibuk pada siang hari dan ingin mencari tambahan penghasilan di malam harinya.

Membuat roti bakar tidak perlu keahlian khusus. Anda hanya harus paham tingkat kematangan roti serta kombinasi selai yang pas. Ketika Anda sudah menguasai keduanya, tentu mudah bagi pelanggan untuk tetap setia.

Angkringan

Rindu dengan Yogyakarta namun tak punya waktu untuk berkunjung ke sana? Angkringan adalah salah satu solusi penawar rindu tersebut. Menariknya, angkringan juga bisa jadi solusi usaha makanan paling laris yang bisa Anda upayakan.

Menu angkringan tidaklah rumit. Nasi kucing, aneka sate, gorengan dan kopi hitam sudah cukup menjadi inti yang harus selalu ada dalam satu lokasi angkringan. Menu utama ini juga relatif mudah untuk dibuat. Triknya adalah dengan menyediakan banyak pilihan di meja angkringan. Hal ini membuat pelanggan ‘lapar mata’ dan ingin melahap semua variasi yang ada. Semakin banyak yang mereka pesan, tentu sangat berimbas pada pendapatan yang akan Anda terima.

Bubur Ayam

Makanan modal kecil untung besar berikutnya adalah bubur ayam. Menu sarapan yang menjadi sumber perpecahan aduk vs tidak diaduk ini nyatanya memiliki penggemar yang tidak sedikit. Bagaimanapun cara masing-masing orang menikmatinya, bubur ayam selalu memiliki banyak pelanggan.

Kunci utama menciptakan bubur ayam yang disukai khalayak ramai adalah topping ayam dan cakwe yang melimpah serta rasa buburnya. Apabila dua hal tersebut menjadi fokus utama pengembangan bisnis bubur ayam Anda, tidak heran apabila nanti usaha makanan ini jadi primadona dalam waktu singkat.

Baca juga: “Ide Usaha Makanan & Cara Berbisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Martabak

Usaha makanan paling laris terakhir adalah martabak. Di Indonesia, martabak memiliki dua varian utama: manis dan telur/asin. Dua varian ini masing-masing memiliki penggemar tersendiri. Hebatnya, martabak sangat mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai varian.

Martabak manis, misalnya, dapat dikreasikan dengan berbagai topping mulai dari cokelat batangan hingga permen warna-warni. Di sisi lain, martabak asin dapat dilengkapi dengan topping keju mozarella yang dibakar merata. Hal ini membuat Anda memiliki banyak pilihan untuk membuat usaha martabak ini semakin bersaing.

Itulah enam ide daftar usaha makanan paling laris dengan modal minim yang dapat Anda pilih menjadi inspirasi usaha berikutnya. Kuncinya, konsistensilah dalam mengembangkan dan menciptakan kreasi-kreasi baru sehingga usaha Anda lebih bersaing. Semoga berhasil!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply