6 Tips Belanja Online Tetap Hemat Saat Harbolnas

Belanja hemat saat harbolnas.

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional diperingati tiap 12 Desember. Pada hari tersebut, biasanya toko online, baik yang skalanya sudah besar maupun yang masih dirintis, menawarkan banyak promo menarik. Penawaran seperti diskon, bundling, hingga banting harga sudah sangat lumrah ditemukan saat Harbolnas.

Bagi Anda yang suka berbelanja online, penawaran tersebut jelas sulit untuk dilewatkan. Terlebih jika ada promo untuk barang-barang yang selama ini menjadi incaran. Alhasil, Anda pun menjadi kalap berbelanja. Niat awal ingin hemat, pengeluaran justru membengkak. Nah, untuk menghindarinya, simak tips belanja online agar tetap hemat saat Harbolnas nanti. 

Alokasikan anggaran khusus

Tips pertama, pastikan Anda mengalokasikan anggaran khusus untuk berbelanja saat Harbolnas. Bagaimana cara mengetahui besaran anggaran yang pas? Anda bisa berpatokan pada harga dari produk-produk incaran. Anda juga harus disiplin dengan pemakaian anggaran tersebut. Jangan sampai pengeluaran saat belanja online melebih anggaran yang sudah ditetapkan. Hindari menggunakan uang dari pos pengeluaran Anda lainnya. Sebab, hal tersebut justru akan membuat pengeluaran bengkak.

Baca juga: “4 Tips Hemat Saat Belanja Online

Susun daftar belanja sejak jauh-jauh hari

Belanja hemat memang memerlukan strategi, begitu pula dengan belanja online. Jika ingin hemat, Anda harus pandai-pandai menyusun strategi. Selain mengalokasikan anggaran khusus, Anda juga sebaiknya menyusun daftar belanja sejak jauh-jauh hari. Manfaatkan fitur “wishlist atau “barang favorit” yang ada di marketplace untuk menyusun daftar tersebut. Masukkan produk-produk incaran Anda dalam daftar tersebut, kemudian kalkulasikan. Sortir produk yang dirasa tidak terlalu penting agar pengeluaran tetap terjaga.

Pasang pengingat jadwal penawaran diskon

Harbolnas selalu identik dengan penawaran diskon. Toko online saling berlomba-lomba menawarkan diskon untuk menarik konsumen agar membeli produk mereka. Promo diskon tersebut biasanya muncul pada saat-saat tertentu. Di marketplace, biasanya ada penawaran “Flash Sale” alias diskon dalam durasi waktu tertentu. Untungnya, penawaran tersebut dilengkapi dengan fitur pengingat. Nah, agar Anda tidak melewatkan harga hemat, tips belanja online yang wajib dilakukan adalah mengaktifkan fitur tersebut sebelum Flash Sale dimulai.

Bandingkan harga di berbagai situs untuk dapatkan yang termurah

Membandingkan harga selalu menjadi strategi yang ampuh dalam mendapatkan harga terbaik saat berbelanja, termasuk saat berbelanja online. Saat Harbolnas tiba, jangan terburu-buru check out produk incaran. Sebelum check out, bandingkan harga tiap produk lebih dulu. Bandingan harga antara satu toko dengan toko lain. Jika memungkinkan, bandingkan juga harga antar marketplace. Biasanya, tiap marketplace memiliki penawaran berbeda-beda yang bisa membuat harga produk semakin murah.

Baca juga: “Cara Menghemat Uang untuk yang Punya Hobi Mahal

Jangan lupa manfaatkan cashback dan kode kupon

Penawaran lain yang tidak boleh dilewatkan adalah promo cashback serta kode kupon. Dengan cashback, beberapa persen dari uang yang Anda bayarkan untuk membeli produk akan dikembalikan setelah transaksi selesai. Jika dihitung-hitung, penawaran cashback ini jelas sangat membantu untuk berhemat.

Bukan hanya cashback, kebanyakan marketplace di Indonesia juga sering memberikan kode kupon saat Harbolnas. Agar tidak ketinggalan informasi seputar kode kupon, jangan lupa aktifkan fitur notifikasi marketplace. Terkadang, marketplace atau toko online juga membagikan kode kupon melalui akun media sosial mereka. Untuk itu, pastikan cek akun media sosial toko incaran secara berkala, ya.

Baca juga: ” Cara Menabung 101 Bagi Shopaholic

Cari yang memberikan gratis ongkir

Jangan sampai terlewat memperhitungkan ongkir (ongkos kirim). Ada kalanya ongkir lebih mahal dibanding harga barang. Jika hal ini terjadi, maka diskon dan segala promo pun tidak akan berarti banyak.

Untuk itu, pastikan tempat Anda membeli barang menerapkan sistem gratis ongkir. Jika memang tidak memungkinkan, pilih toko yang menawarkan ongkir paling murah. Pada saat Harbolnas tiba, kebanyakan marketplace di Indonesia menerapkan kode kupon tambahan untuk mendapatkan gratis ongkir. Pastikan Anda mendapatkan kode kupon tambahan tersebut agar belanja tetap hemat.

Kunci dari tips belanja online hemat saat Harbolnas adalah tenang dan tidak kalap. Jika Anda terburu-buru dan mengikuti nafsu belaka, bisa dipastikan pengeluaran akan membengkak. Belilah barang yang memang Anda butuhkan, bukan barang yang Anda inginkan. Dengan demikian, kantong pun akan tetap aman selama Harbolnas berlangsung. Selamat belanja!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply