6 Usaha Makanan Paling Laris Selama Pandemi

6 Usaha Makanan Paling Laris Selama Pandemi

Kondisi ekonomi yang tidak pasti selama pandemi membuat banyak orang memutuskan membuka usaha sendiri untuk menambah sumber pemasukan. Kuliner menjadi salah satu yang paling banyak dipilih mengingat bidang satu ini tak pernah ada matinya. Terlebih, ada cukup banyak pilihan usaha makanan paling laris yang berpeluang mendatangkan keuntungan tinggi.

Apakah Anda termasuk salah satu yang tertarik untuk membuka bisnis kuliner di tengah pandemi saat ini? Jika iya, Anda bisa mempertimbangkan beberapa menu makanan berikut untuk dijual.

Makanan khas Korea

Harus stay di rumah dalam waktu lama menuntut orang-orang untuk kreatif mencari aktivitas hiburan. Banyak dari mereka yang akhirnya mulai menonton film dan serial drama Korea selama pandemi ini. Salah satu ciri khas dari film dan serial drama Korea adalah memunculan menu-menu kuliner tradisional yang menggiurkan. Sebut saja ramyun, tteokbokki, kimbap, dan corndog. Alhasil, banyak orang jadi ingin mencobanya.

Itulah kenapa makanan Korea menjadi salah satu usaha makanan paling laris saat ini. Sebagai permulaan, mungkin Anda bisa mulai menjual satu menu terlebih dulu—tteokbokki, misalnya. Jika memang peminatnya banyak, coba buat survei kecil-kecilan kepada konsumen, menu Korea apa lagi yang harus Anda jual selanjutnya. Dari situlah Anda bisa menambah menu lain untuk dijual.

Baca juga: ” 7 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini di Tahun 2021

Healthy snack

Sejak pandemi, banyak orang jadi lebih sadar akan kesehatan diri agar terhindar dari virus COVID-19 maupun penyakit lain. Tidak hanya mulai rutin berolahraga dan berjemur di bawah sinar matahari pagi, mereka juga meningkatkan konsumsi makanan sehat. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menjual healthy snack seperti salad, spring roll khas Vietnam, atau smoothie. Pastikan Anda menggunakan sayur dan buah-buahan berkualitas baik agar produk Anda pun segar dikonsumsi.

Lauk siap makan

Karena alasan keamanan, membeli lauk sendiri ke luar saat pandemi jadi lebih sulit dilakukan. Mau memasak sendiri pun sering kali sudah lelah duluan setelah harus working from home seharian. Lauk siap makan pun menjadi solusi sekaligus peluang usaha makanan paling laris selama pandemi ini.

Banyak pilihan lauk yang dapat Anda jual, sesuaikan saja dengan kemampuan dan selera Anda. Bisa lauk seafood, masakan tradisional Indonesia, hingga fast food. Apa pun pilihan Anda, sebaiknya tawarkan lauk siap makan yang dapat disimpan dalam waktu lama. Contohnya seperti abon, rendang, atau frozen food.

Paket daging grill dan shabu-shabu

Bagi yang hobi kuliner, kemungkinan besar mereka sudah rindu untuk makan daging grill dan shabu-shabu di restoran. Walaupun mungkin aktivitas dine in masih dibatasi selama pandemi, bukan berarti mereka tidak bisa menikmati daging grill dan shabu-shabu. Di sinilah Anda dapat menawarkan menu tersebut.

Tawarkan pengalaman ala dine in restoran, tapi di rumah masing-masing. Artinya, selain menjual aneka menu daging grill dan shabu-shabu, Anda juga perlu menyiapkan alat pangganan dan rebusan untuk disewakan. Dengan begini, mereka tak perlu repot-repot membeli daging sendiri di pasar dan memotongnya tipis-tipis. Mulai dari bahan hingga peralatan, semua telah Anda siapkan dan konsumen bisa langsung menikmati.

Baca juga: “Ide Usaha Makanan & Cara Berbisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Sambal kemasan

Produk lain yang juga menjadi usaha makanan paling laris saat ini adalah sambal kemasan. Target pasar dari produk ini adalah para pencinta makanan pedas yang tidak mau repot meracik sambal sendiri, terutama selama pandemi ini. Luangkan waktu untuk trial and error meracik sambal dengan rasa khas agar nantinya dapat menjadi nilai plus. Tak kalah penting, gunakan kemasan yang aman agar sambal tidak mudah tumpah dan dapat bertahan lama.

Baca juga: “Tak Sekedar Gaya Hidup, Makanan Sehat juga Menunjang Karir Anda”

Varian dessert

Tidak hanya makanan gurih atau asin, makanan manis juga termasuk usaha makanan paling laris selama pandemi. Dessert merupakan salah satu yang paling banyak peminat. Pilihan menu untuk dijual pun banyak, mulai dari es krim, puding, hingga aneka cake. Akhir-akhir ini, konsep dessert box juga tak kalah populer.

Idealnya, dessert box memadukan kue, krim, puding, dan biskuit dalam satu wadah kotak bening. Keempat komponen tersebut disusun sedemikian rupa sehingga membentu lapisan-lapisan cantik jika dilihat dari luar wadah. Dessert box pun hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari cokelat, tiramisu, hingga strawberry cheesecake.

Ketidakpastian ekonomi selama pandemi membuat banyak orang dituntut untuk lebih kreatif dalam menghasilkan pemasukan tambahan. Melalui berbagai menu usaha makanan paling laris di atas, Anda dapat memulai bisnis kuliner yang mendatangkan keuntungan menjanjikan. Menu kuliner mana yang akan Anda coba? Jangan khawatir dengan modal, sebab Modalku menawarkan fasilitas dan layanan pendanaan digital bagi UMKM di Indonesa.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply