7 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini di Tahun 2021

Memulai bisnis makanan kekinian jadi pilihan banyak diambil orang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Supaya sukses, tentu harus menjual makanan yang lain dari biasanya. Tujuannya agar bisa mengungguli para kompetitor di bisnis F&B. Tidak heran, ada banyak usaha makanan paling laris saat ini yang terus berlomba mengeluarkan menu baru

Alasan beberapa usaha makanan paling laris saat ini bisa terus eksis karena unik idenya, terlihat sangat menggiurkan, dan banyak direkomendasikan banyak orang. Namun di atas itu semua, alasan utamanya sudah tentu nikmat dan dijual dengan harga yang masih terbilang murah. Berikut ada beberapa usaha makanan paling laris saat ini yang bisa jadi referensi bisnis makanan kekinian Anda.

Lihat juga: “Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner”

Menu Vegetarian

Usaha makanan paling laris saat ini harus dimulai dari menu-menu makanan vegetarian. Makanan vegetarian di Indonesia awalnya tidak begitu populer. Namun, ini jadi sedikit berbeda selama pandemi berlangsung. 

Belakangan ini, orang-orang mulai sadar akan pola hidup sehat. Menu makan vegetarian seperti hummus, salad, olahan sayur, tempe, tahu, biji-bijian, juga buah-buahan jadi banyak dicari. Untuk memulai bisnis makanan kekinian dengan menu vegetarian, Anda harus memastikan kesegaran bahan yang digunakan, ya.

Frozen Food

Di masa pandemi ini, tidak hanya menu vegetarian saja yang kemudian mendadak jadi usaha makanan paling laris saat ini. Jenis usaha makanan lainnya adalah frozen food. Bisnis makanan yang menawarkan efisiensi, terutama bagi pembeli yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja atau memasak makanan. 

Frozen food yang dapat disimpan dalam waktu lama dan mudah pengolahannya akan jadi alternatif yang populer. Frozen food sendiri ada banyak variannya, mulai dari nugget, ikan, daging, bakso, sosis, hingga makanan olahan seperti kebab, pizza, dan masih banyak lagi. 

Lihat juga: “Tak Sekedar Gaya Hidup, Makanan Sehat juga Menunjang Karir Anda”

Mie Ayam

Sekilas, mie ayam rasanya sudah ketinggalan zaman dan tak layak jadi bisnis makanan kekinian. Namun, mie ayam yang dimaksud di sini adalah mie ayam dalam kemasan. Mie ayam yang dikemas ini diolah menjadi mie kering sebelum dijual. Ini memungkinkan konsumen memasak sendiri mie ayam mereka di rumah. Mie ayam dalam kemasan ini juga cukup tahan lama dan biasanya sudah dijual dalam bentuk paket bumbu mie ayam atau hanya mie saja.

Hidangan Mentai

Sejak pertengahan tahun 2020 lalu, hidangan mentai perlahan mulai populer. Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan hidangan ini, pada dasarnya mentai adalah saus yang diolah dari campuran bahan-bahan seperti saus sambal, mayonaise, dan telur ikan. Mentai umumnya ditemukan dalam menu makanan Jepang.

Menu-menu makanan yang menyertakan saus mentai ini kemudian jadi salah satu usaha makanan paling laris saat ini, mulai dari topping untuk dimsum hingga rice bowl. Saus mentai juga hampir selalu jadi pendamping sejati saat menyantap sushi. Memulai bisnis dengan hidangan mentai bisa memberi Anda banyak opsi menu untuk ditawarkan.

Jadikan bisnis makanan Anda makin laris dengan bantuan ojek online. Penasaran dengan caranya klik di sini!

Croffle

Penganan ini adalah salah satu menu modifikasi yang kemudian menjadi usaha makanan paling laris saat ini. Croffle sejatinya adalah croissant yang sudah mengalami sentuhan inovasi. Roti croissant ini akan dibakar dalam cetakan waffle untuk memberi kombinasi rasa dan bentuk yang lain. Itu sebabnya roti ini diberi nama Croffle.

Croffle jadi salah menu café dan coffeeshop yang sangat populer di Korea Selatan dan kini sudah menjalar di Indonesia juga. Roti ini bisa disajikan dengan kombinasi topping yang berbeda, bisa disajikan dengan madu, sirup, whipped cream, atau ice cream. Ditemani secangkir teh, kopi, atau coklat hangat, Croffle akan jadi penganan yang begitu nikmat.

Gorengan Pasar 

Terakhir adalah usaha makanan paling laris saat ini, yang sebenarnya juga sudah laris dari jaman dulu. Gorengan memang tidak ada matinya. Sedikit modifikasi dengan kombinasi rasa atau sentuhan packaging yang kekinian akan membuat usaha gorengan pasar Anda jadi terasa lebih kekinian. Apalagi jika gorengan dijual dalam paket dengan minuman juga.

Tinggal Anda sesuaikan dengan jenis gorengannya. Ada cireng, cakwe, tempe mendoan, bakwan, pisang goreng, telur gulung, tahu isi, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan bahan serta proses pengolahannya pun sangat mudah untuk dilakukan. Ditambah, peminat gorengan juga tidak ada habisnya.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply