10 Ide Usaha Modal Kecil yang Kreatif

ide usaha modal kecil

Tanggung jawab yang besar dimulai dari ketekunan mengerjakan perkara yang kecil. Prinsip tersebut juga berlaku jika Anda bercita-cita sebagai pengusaha besar. Ribuan ide usaha modal kecil yang tersedia bisa menjadi pengantar membangun usaha yang lebih besar. Memiliki usaha kecil-kecilan melatih Anda untuk berpikir kreatif dan strategis sehingga terbiasa menjalankan bisnis yang lebih besar nantinya.

Ragam Ide Usaha Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Anda bisa mendapatkan ide usaha saat berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Lingkup pasar untuk usaha kecil biasanya berkisar pada warga sekitar Anda, jadi akan lebih menguntungkan kalau produknya sesuai kebutuhan mereka.

Permasalahannya, Anda ingin membangun bisnis dengan produk yang kreatif dan inovatif untuk masyarakat. Tidak ada yang salah dengan ambisi tersebut, hanya saja tetap sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Strategi pemasarannya harus komunikatif dan pastikan agar masyarakat tidak salah menggunakan produknya.

Pilihan bisnis dengan modal kecil di bawah ini bisa menjadi inspirasi Anda apabila belum memiliki ide bisnis yang cocok dijalankan.

1. Katering Sehat

Sehat tidak harus mahal, buktinya banyak sekali sayuran dan buah-buahan yang bisa didapatkan di pasar tradisional dengan harga murah. Untuk merancang katering sehat, Anda harus mengetahui kebutuhan gizi target konsumen. Anda bisa menjadi pionir katering sehat di beberapa daerah karena bisnis ini belum terlalu populer. Jenis bisnis ini mengantarkan Anda sebagai seorang sociopreneur karena mementingkan keuntungan masyarakat di samping mengejar profit.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

2. Produk Daur Ulang

Anda yang bercita-cita sebagai ecopreneur bisa memulai bisnis dengan mendaur ulang sampah. Botol plastik, koran, kertas bekas, dan lain-lain bisa Anda olah kembali menjadi produk yang bermanfaat. Keuntungannya, Anda bisa menerima donasi barang bekas layak guna dari orang lain sebagai bahan baku produk, jadi bisa mengurangi biaya produksinya.

3. Kerajinan Tangan

Hal unik yang membuat bisnis kerajinan tangan Anda lebih menonjol adalah jenis bahan bakunya. Bahan baku seperti rotan dan besi memang sudah populer, tapi Anda bisa mengolahnya sebagai dekorasi rumah yang cantik. Berinovasilah dengan menciptakan barang-barang yang belum pernah dibuat dengan bahan baku yang sudah ada.

4. Perangkai Bunga

Florist atau perangkai bunga masih menjadi usaha yang populer dan dicari oleh banyak orang. Anda tidak hanya memanfaatkan momen-momen spesial untuk bisnis ini, tapi juga memperluas jangkauan target pasarnya. Banyak sekali orang yang mencari jasa merangkai bunga di zaman yang serba online ini.

Baca Juga: Meningkatkan Omzet dengan Pinjaman Kredit Tanpa Jaminan

5. Jasa Desain Interior

Orang yang memiliki passion atau pernah berkuliah jurusan desain interior bisa menawarkan jasanya secara online. Anda bisa mempekerjakan seorang teman atau kerabat sebagai kontraktor untuk mengeksekusi desain yang sudah dibuat. Untuk modalnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi desain interior gratis terlebih dulu sebelum upgrade menggunakan software resmi.

6. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Angka kelahiran yang tinggi bisa menjadi peluang bisnis penyewaan perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi biasanya digunakan hingga 2-3 tahun, setelah itu tidak terpakai kecuali jika keluarganya memiliki bayi lagi. Anda juga bisa menyediakan perlengkapan bayi yang tergolong tersier, seperti baby car seat, demi keamanan sang generasi masa depan. Tantangannya, jagalah kualitas perlengkapan bayi yang disewakan agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

7. Kursus Kesenian atau Pelajaran

Keahlian yang Anda miliki di suatu bidang bisa dimanfaatkan untuk membuka kursus, baik kesenian, pelajaran, atau hard skill on-demand. Sertifikasi atau gelar bisa menjadi modal yang sempurna dalam memulai kursus ini, di samping biaya operasional yang harus dikeluarkan. Anda tidak hanya menargetkan anak-anak, tapi juga orang dewasa sesuai dengan permintaan skill yang sedang populer.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan Dalam Usaha

8. Jasa Konsultasi Bisnis

Banyak sekali orang yang bercita-cita menjadi pebisnis, tapi terhalang karena kurangnya informasi. Anda yang memiliki kemampuan atau pengalaman mengelola bisnis bisa membuka jasa konsultasi untuk menolong mereka. Secara tidak langsung, Anda turut berkontribusi dalam peningkatan pendapatan individu lewat keberhasilan bisnis mereka.

9. Suvenir Custom

Suvenir tidak lagi hanya dibagikan di acara-acara tertentu, tapi menjadi hampers di hari raya. Desain dan jenis suvenir yang ingin dipasarkan harus menarik dan berbeda dari suvenir pada umumnya agar bisnis Anda menonjol. Untuk menambah keuntungan, Anda bisa bekerja sama dengan event organizer dan merekomendasikan suvenir buatan untuk digunakan di acara mereka.

10. Penjahit Pakaian

Passion di bidang fashion atau tata busana bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha menjahit. Anda bisa merancang desain busana yang cocok dan sesuai dengan selera konsumen. Pada masa depan, Anda pun bisa bekerja sama dengan event organizer sebagai salah satu vendor busananya.
Ide usaha modal kecil di atas akan berhasil dengan pendanaan untuk mengeksekusinya. Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa agunan dari Modalku. Mulailah perjalanan bisnis Anda dengan memanfaatkan layanan pendanaan dari kami.

Tinggalkan Balasan