6 Tips Bisnis untuk Pemula agar Tidak Salah Langkah

bisnis untuk pemula

Pemula di dunia wiraswasta harus mengetahui bahwa bisnis tidak sekadar berputar pada keuntungan yang dihasilkan, tapi risiko yang akan dihadapi pula. Karena itu, penting sekali memiliki pengetahuan dan strategi yang tepat dalam menjalankan bisnis untuk pemula.

Sikap antusiasme tentu saja membangkitkan semangat Anda saat memulai bisnis. Namun, sikap tersebut harus dibarengi pula dengan persiapan konkret dalam memasuki dunia bisnis. Tidak adanya persiapan justru berujung pada tindakan gegabah yang akan merugikan bisnis Anda sendiri.

Berbagai Tips Bisnis untuk Pemula yang Harus Diterapkan

Menjalankan bisnis bukanlah perkara yang mudah, malah menjadi pekerjaan yang menantang. Anda dituntut untuk keluar dari zona nyaman dan berpikir lebih luas mengenai bidang bisnis yang digeluti. Karena itu, dibutuhkan persiapan yang matang untuk menjalankan bisnis agar tetap bertahan dan tidak mudah kolaps.

Risiko saat menjalankan bisnis memang selalu ada, tapi semua bisa diatasi saat Anda memiliki strategi yang tepat. Strategi dalam menjalankan usaha pun mampu menciptakan kemajuan bisnis di segala aspek, terutama saat mendapatkan tambahan dana dari investor.

Meski tidak mudah, Anda sebagai pemula pasti bisa mengatasi segala tantangan dan risiko dalam berbisnis jika dikerjakan secara ulet. Modalku akan memberikan tips lengkap memulai bisnis yang bisa dibaca di bawah ini.

1. Miliki Mindset yang Tepat

Prinsip utama yang harus dipegang adalah bisnis tidak bisa langsung berhasil dalam semalam. Karena itu, fokuslah pada perjalanan bisnis dan jangan bandingkan dengan pencapaian bisnis lainnya, meski terinspirasi dari Anda bisnis tersebut.

Konsistensi adalah kunci yang harus dimiliki saat menjalankan bisnis untuk pemula. Mulailah disiplin dan ciptakan kebiasaan baru yang berguna untuk meningkatkan kapasitas Anda sebagai wirausaha. Jangan ragu untuk mengambil langkah yang berisiko, sebab risiko bisa membuat level bisnis semakin meningkat apabila dihadapi.

Baca Juga: 7 Ide Jualan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

2. Miliki Ide Bisnis yang Matang

Banyak orang yang memulai bisnis berdasarkan hal yang digemari, misalnya penyayang anak-anak yang memulai bisnis daycare. Tidak salah untuk mengubah hobi atau kegemaran jadi bisnis, tapi pastikan hal tersebut bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Jika Anda sudah punya ide bisnis, kembangkan agar lebih matang dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Ide bisnis tidak harus bersifat baru, tapi bisa terinspirasi dari bisnis yang sudah berjalan lebih dulu. Caranya, cari tahu bidang bisnis di sekitar dan apa kekurangan bisnis tersebut yang bisa jadi nilai tambah usaha Anda.

3. Lakukan Riset Secara Rutin

Selama menjalankan bisnis pun, Anda akan rutin melakukan riset demi peningkatan usaha ke level yang lebih tinggi. Karena itu, mulailah rajin melakukan riset agar tidak salah strategi dalam menjalankan bisnis.

Hal pertama yang harus Anda riset adalah produk, segmentasi pasar, dan kompetitor. Hasil riset ini akan membantu dalam memetakan strategi pemasaran agar tepat sasaran dan mendatangkan banyak pembeli.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Food Truck Kekinian yang Ramai Pembeli

4. Minta Bantuan Profesional

Saat memulai bisnis, Anda mungkin masih awam dengan beberapa aspek yang harus dilakukan di dalamnya. Misalnya, Anda sudah memahami pemasaran bisnis, tapi belum tentu ahli di bidang keuangan atau produksi. Tidak ada salahnya mengajak orang lain bekerja sama dan menjadi partner untuk memulai bisnis Anda.

Anda pun dapat mencari mentor sebagai pembimbing dalam menjalankan bisnis. Mentor yang baik bisa menjadi tempat diskusi mengenai bisnis sekaligus memberikan solusi yang tepat. Itulah alasan pentingnya memiliki relasi yang luas saat menjalankan bisnis.

5. Tunjukkan Profesionalitas dalam Bisnis

Meski baru pemula, tidak ada salahnya menunjukkan sikap profesional dalam menjalankan bisnis. Justru sikap ini membuat banyak orang, termasuk konsumen, menilai bahwa Anda serius dalam menjalankan bisnis.

Sikap profesional ini bisa ditunjukkan dari pengelolaan bisnis atau cara bersikap kepada orang lain. Misalnya, memberikan kartu ucapan terima kasih kepada konsumen yang telah membeli produk Anda. Sikap ini pun bisa ditunjukkan dengan tidak memberikan ‘harga teman’ secara sembarangan.

Baca Juga: 4 Alasan Bisnis Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

6. Miliki Business Plan

Business plan merupakan dokumen bisnis yang penting dan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Isi business plan sifatnya fundamental, jadi sering dimanfaatkan sebagai patokan pebisnis dalam membuat keputusan. Di masa depan, business plan berguna untuk mengembangkan bisnis dan mencari sumber pendanaan.

Biasanya, isi business plan berisi ringkasan bisnis, analisis pasar, struktur organisasi, tujuan jangka panjang dan misi, produk yang dijual, rencana pemasaran, dan rencana keuangan. Semua aspek tersebut harus dicatat dalam business plan agar pebisnis tidak salah langkah dalam mengambil keputusan.

Siap membuka usaha setelah membaca rangkaian tips bisnis untuk pemula di atas? Selain tips tersebut, Anda pun memerlukan sumber dana yang tepat dalam berbisnis. Modalku menyediakan layanan pinjaman online tanpa agunan yang bisa menjadi bekal awal untuk memulai perjalanan bisnis Anda. Hubungi Modalku segera dan ajukan pinjaman agar impian bisnis Anda tidak terkubur sia-sia.

Tinggalkan Balasan