7 Ide Jualan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

jualan yang menguntungkan

Memilih ide jualan yang menguntungkan perlu banyak pertimbangan, apalagi jika Anda ingin memulainya dengan modal kecil. Meskipun terbatas soal biaya, Anda tetap bisa mengeksekusi rencana jualan modal kecil Anda jika memilih jenis bisnis yang sesuai. Ada banyak, kok, ide jualan menguntungkan dengan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut beberapa rekomendasinya!

1. Makanan

Sebagai salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan manusia, menjual makanan adalah ide jualan yang menguntungkan. Jenis makanan untuk dijual tentunya perlu disesuaikan dengan kemampuan memasak Anda. Cobalah kembangkan menu khas yang hanya bisa didapat dari Anda sehingga pelanggan terus kembali untuk membelinya.

Jika tidak ingin ribet, mencoba peruntungan dengan memulai usaha makanan yang sedang nge-trend juga tidak ada salahnya. Selain makanan jadi, Anda juga bisa menyediakan frozen food yang kini cukup digemari karena praktis. 

2. Bahan pokok

Jualan bahan pokok atau sembako juga cukup menguntungkan karena selalu dibutuhkan kapan pun. Agar unggul dalam bersaing, Anda bisa menawarkan harga yang lebih terjangkau dibanding tempat lain. Hal ini tentu saja hanya memungkinkan jika Anda bisa mendapatkan supply dari tangan pertama. Meskipun keuntungannya tidak langsung besar, Anda bisa mendapatkan keuntungan di masa depan yang cukup lumayan jika konsisten menjalaninya. 

Lihat juga: “6 Tips Jualan Online Paling Laris saat Pasar Lagi Lesu”

3. Bisnis baju

Bisnis baju masih menjadi salah satu ide jualan yang menguntungkan untuk dipertimbangkan. Anda bisa memulai bisnis baju apa saja, baik baju baru maupun bekas. Untuk modal yang lebih terjangkau, tentu saja Anda bisa memilih bisnis baju bekas atau sekarang lebih populer dengan nama thrift shop. Tren jual-beli baju bekas layak pakai membuat Anda tidak perlu mengeluarkan modal lebih besar untuk membeli baju baru. 

Jualan modal kecil ini cocok juga dijalankan oleh pelajar maupun mahasiswa untuk menambah uang jajan. Untuk mempromosikan bisnis baju Anda, berbagai platform media sosial seperti Instagram bisa dimanfaatkan. Selama produk baju yang Anda jual memiliki kualitas baik atau berharga terjangkau, besar kemungkinan usaha ini memberikan Anda keuntungan.

4. Kosmetik

Dibanding ide jualan yang menguntungkan lainnya, usaha kosmetik memang membutuhkan modal yang lebih besar. Namun, keuntungan yang bisa didapatkan juga lebih besar dibanding jenis usaha lainnya. Kenapa usaha kosmetik bisa jadi sangat sukses dan memberi Anda margin keuntungan yang tinggi? Itu karena kini ada semakin banyak orang menggunakan kosmetik, sehingga membuat bisnis ini tidak pernah ketinggalan zaman. Permintaan untuk produk kosmetik juga terus meningkat.

5. Bisnis buku

Anda bisa mencoba bisnis buku, khususnya secara online, yang menawarkan peluang besar jika permintaannya banyak. Ide jualan yang menguntungkan ini belum banyak dieksplor oleh para pebisnis sehingga Anda bisa mendapat keuntungan dari kompetisi yang tidak terlalu banyak.

Jika tertarik memulai jualan modal kecil ini, Anda perlu mencari supplier buku terpercaya sebagai partner bisnis, seperti penerbit yang menerima reseller. Jika sudah mendapat supplier buku yang tepat, Anda bisa tentukan jenis buku yang ingin dijual, misalnya buku anak, novel, dan sebagainya. Baru setelah itu Anda bisa menentukan segmenting dan targeting agar tepat sasaran. 

6. Jualan Jasa penulisan

Jasa penulisan makin hari makin terkenal dan dibutuhkan karena menjadi salah satu alat online marketing yang digunakan oleh banyak perusahaan. Tidak hanya postingan di media sosial, artikel-artikel yang diperoleh dari jasa penulisan tepercaya juga bisa meningkatkan kredibilitas brand. Jika Anda mempunyai kemampuan menulis yang baik, jasa penulisan bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan untuk dimulai.

7. Jualan Jasa desain

Selain jasa penulisan, jasa desain juga semakin dibutuhkan. Hampir semua bisnis membutuhkan desain yang baik untuk menarik minat calon pelanggan. Itulah kenapa menyediakan jasa desain bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Keahlian Anda dalam bidang desain grafis, misalnya membuat logo, stiker, atau packing, bisa Anda manfaatkan untuk membantu brand terlihat lebih berkualitas. Semakin baik kualitas desain yang Anda tawarkan, maka akan semakin besar peluang bagi lebih banyak brand untuk menggunakan jasa Anda. 

Itulah tujuh ide jualan yang menguntungkan dengan modal kecil untuk Anda pertimbangkan. Jika ingin memulai bisnis, tapi terkendala dengan modal, Modalku menyediakan pinjaman uang untuk memulai usaha.

Platform pendanaan digital berbasis teknologi finansial bagi UMKM ini menawarkan banyak keuntungan, mulai dari pembiayaan tanpa agunan, menawarkan tingkat suku bunga terjangkau, proses yang cepat, hingga mekanisme transaksi yang aman. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai berbisnis dengan bantuan dana dari Modalku sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan