Cara Memulai Usaha Food Truck Kekinian yang Ramai Pembeli

Ada banyak cara memulai usaha yang bisa ditempuh, tergantung pada jenis usaha yang ingin dirintis. Food truck menjadi salah satu usaha makanan kekinian yang menarik. Dengan modal yang lebih kecil dibanding membuka restoran, food truck bisa mendatangkan untung yang cukup banyak. Apalagi saat ini banyak sekali jajanan-jajanan hits yang berasal dari food truck.

Meskipun modalnya tidak sebesar membuka franchise F&B, Anda tetap butuh modal untuk memulai usaha food truck kekinian yang ramai pembeli. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena modal awal ini bisa Anda peroleh lewat pinjaman dana online. Buat Anda yang tertarik, mari simak informasi terkait cara memulai usaha food truck kekinian berikut ini.

Rancang konsep dan business plan yang menyeluruh

Tips cara memulai usaha food truck kekinian yang pertama adalah merancang konsep dan business plan yang menyeluruh. Anda perlu menentukan berbagai aspek, mulai dari konsep makanan, jam operasional, luas ruang di dalam truk, hingga lokasi yang mau disasar. Berbeda dengan jenis bisnis pada umumnya, usaha food truck menyediakan ruang, peralatan, dan sumber daya yang lebih terbatas. Jadi, konsep berjualan Anda harus disesuaikan dengan kondisi ini.

Agar jualan Anda laku, Anda pastinya harus menyediakan konsep makanan yang sesuai permintaan pelanggan. Sebagai pemilik usaha, Anda harus memanfaatkan keunikan yang ditawarkan bisnis Anda agar dapat bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya. Identifikasilah minat masyarakat untuk menciptakan produk baru yang kekinian dan ramai dibeli.

Cara memulai usaha food truck dengan desain brand yang bagus

Branding sangat penting untuk usaha karena membantu mengidentifikasi sebuah produk dan membedakannya dari produk lainnya. Jika Anda memiliki branding yang kuat, maka Anda akan bisa menciptakan kesan yang baik terhadap konsumen.

Jika butuh ide, Anda bisa browsing beragam desain food truck di internet. Tergantung keinginan, Anda bisa membuat desain yang sederhana, vintage, colorful, dan sebagainya. Tentu saja, desain harus disesuaikan dengan tipe makanan atau minuman yang Anda jual dan cukup menarik untuk dipakai sebagai desain untuk sosial media, decal food truck, dan sebagainya.

Atur anggaran dan modal

Cara memulai usaha food truck ini sangat penting. Tentukan jumlah modal yang Anda butuhkan untuk membeli truk, pasokan bahan makanan, gaji karyawan, marketing, langganan aplikasi kasir, dan seterusnya. Jika total anggaran dan modal sudah dihitung, Anda baru bisa memikirkan bagaimana untuk mendapatkan budget sesuai total tersebut.

Bagus jika Anda sudah memiliki dana khusus untuk dipakai sebagai modal. Namun jika tidak, Anda tidak perlu pula putus asa karena Anda bisa memanfaatkan pinjaman dana online. Sebagai alternatif pendanaan yang populer di kalangan masyarakat modern, pinjaman dana online tidak hanya menawarkan proses yang tidak sulit karena bisa dilakukan secara online.

Beberapa di antaranya juga terjamin keamanannya karena sudah mendapat izin dari OJK, salah satunya adalah Modalku. Anda bisa mengajukan pinjaman di Modalku untuk mendapatkan manfaat bebas agunan dengan tenor yang cukup panjang. Kunjungi laman resmi Modalku untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kejar lisensi dan perizinan

Cara memulai usaha food truck kekinian yang tidak kalah penting adalah mengejar lisensi dan perizinan. Perlu Anda ketahui, hingga saat ini perizinan food truck di Tanah Air masih belum terlalu jelas. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan perizinan sebelum “mangkal” di sebuah lokasi untuk berjualan. Jika lokasi incaran Anda di perumahan, Anda bisa bertanya ke RT, jika di area mal, bisa tanyakan ke petugas mal.

Di samping perizinan lokasi jualan, Anda juga perlu mengejar lisensi usaha. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perizinan dan hak paten menjalankan sebuah usaha ini perlu Anda miliki untuk menjamin keamanan bisnis. Jika nanti bisnis Anda berkembang, Anda bisa memanfaatkan lisensi sebagai pemberian izin ke pihak lain untuk memproduksi produk jualan yang sebelumnya telah Anda patenkan.

Cari pemasok dan pekerja yang profesional

Terakhir namun tidak kalah penting, Anda perlu mencari pemasok dan pekerja yang profesional. Semakin berkualitas pemasok yang Anda pilih, maka akan semakin berkualitas pula menu yang Anda jual. Cobalah mencari sebanyak mungkin informasi, misalnya dari rekan atau teman yang punya pengalaman bekerjasama dengan pemasok tertentu, sehingga terjamin kualitasnya.

Jika sudah menemukan pemasok yang bisa diandalkan, Anda juga perlu mencari pekerja yang profesional. Mempekerjakan karyawan yang kompeten untuk membantu Anda menjalankan bisnis dapat membawa usaha Anda ke level selanjutnya. Pelayanan yang baik membuat pembeli lebih mungkin untuk datang kembali.

Dalam merekrut pekerja, tentukan sejumlah posisi yang dibutuhkan dan kualifikasi yang tepat untuk setiap jabatan. Menjabarkan job description dan kualifikasi dengan jelas memungkinkan Anda mendapatkan pekerja terbaik.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply