7 Produk Investasi untuk Pemula yang Bisa Dicoba

Apakah pilihan terbaik investasi untuk pemula? Banyak orang tertarik melakukan investasi karena suatu kegiatan menanamkan modal ini dapat memberikan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Investasi memberikan manfaat berupa bantuan dalam memenuhi kebutuhan di masa depan.

Sebagai pemula, Anda mungkin masih bingung memulai jenis produk investasi mana yang paling cocok. Memilih produk investasi memang tidak boleh sembarangan agar Anda bisa memperoleh manfaat maksimal. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, mari simak informasi mengenai 7 produk investasi untuk pemula yang bisa dicoba berikut ini.

Tabungan deposito

Produk investasi untuk pemula ini adalah salah satu pilihan investasi paling aman. Produk investasi jangka pendek yang dimiliki oleh semua bank ini memiliki sistem seperti menabung di bank. Bedanya, Anda tidak dapat menarik uang dari rekening tabungan tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Anda bisa menentukan sendiri jangka waktu tabungan deposito, mulai dari 1 bulan sampai 1 tahun. Jika Anda menyimpan uang di tabungan deposito, jumlah keuntungan yang bisa diperoleh bisa sebesar 4%-5% per tahun, tergantung pada tingkat bunga yang ditetapkan LPS dan bank terkait.

Emas

Produk investasi untuk pemula selanjutnya yang layak Anda pertimbangkan adalah emas. Emas cukup digemari sebagai produk investasi karena memiliki karakteristik harga yang cukup stabil. Jadi, sebagai pemula Anda bisa memilih investasi emas jika ingin melakukan investasi yang tergolong aman. Investasi emas juga memiliki risiko yang tidak terlalu tinggi dan return jangka panjang yang lebih stabil.

Jika tertarik belajar investasi bagi pemula di produk investasi emas, Anda bisa memulai dengan dua cara, yakni secara offline dan online. Cara offline bisa dilakukan dengan membeli emas langsung dari toko emas ataupun lembaga milik pemerintah yang ditunjuk untuk menjual emas. Sedangkan secara online, carilah platform online yang disediakan oleh lembaga atau perusahaan investasi. Keduanya sama-sama baik selama Anda memilih tempat investasi yang aman.

Savings Bond Ritel

Pernah dengar Savings Bond Ritel? Jenis investasi untuk pemula ini juga kerap disebut sebagai Surat Berharga Negara ritel. Untuk pemula, SBR bisa menjadi alternatif investasi yang aman, terjangkau, dan menguntungkan karena memberikan Anda return dalam bentuk kupon yang diberikan pada waktu tertentu.

Hitungannya, kupon yang ditetapkan beragam tergantung pada serinya. Contoh, keluar di awal 2020, Surat Berharga Negara dengan seri SBR009 memiliki nilai kupon sebesar 6,3% per tahun. Jadi, jika Anda membeli SBR seharga Rp5 juta dengan kupon 6,3% per tahun, Anda akan mendapatkan keuntungan bersih Rp315.000 dalam setahun yang akan dibayarkan per bulan.

Reksa dana

Jenis investasi untuk pemula ini sangat populer karena seseorang bisa berinvestasi dengan budget yang sangat rendah, tergantung perusahaan tujuan. Rentang budget-nya dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Jenis investasi online ini akan mengumpulkan dana dalam jumlah yang besar, sehingga memudahkan diversifikasi. Reksa dana hadir untuk mempermudah pemodal melakukan investasi di pasar modal, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Valuta asing

Jenis investasi untuk pemula satu ini merupakan sebuah investasi digital berupa perdagangan mata uang. Kelebihan bertransaksi di pasar valas cukup banyak, misalnya harga jual mata uang yang stabil, jadi tidak akan turun drastis secara tiba-tiba.

Investasi yang juga disebut forex ini menawarkan kenaikan dan penurunan harga terhadap mata uang yang bisa dijadikan keuntungan jika pintar mengambil kesempatan. Kendati cukup berisiko, keuntungan yang didapat dari valuta asing jauh lebih besar dibanding investasi jenis lain jika berhasil.

Asuransi unit link

Unit link merupakan sebuah jenis asuransi yang menggabungkan dua produk keuangan, yakni asuransi dan produk investasi. Perusahaan asuransi akan memberikan Anda pilihan soal penempatan dana yang Anda berikan, bisa di reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, atau pasar uang.

Unit link memiliki manfaat utama sebagai proteksi dan manfaat tambahan terkait investasi tergantung jenis proteksi yang dipilih. Meski menguntungkan, Anda tidak boleh tergesa-gesa karena membeli asuransi unit link tanpa paham betul dengan detail ketentuan isi polis malah akan membuang-buang uang saja.

Pendanaan modal usaha bisa jadi investasi untuk pemula

Terakhir, belajar investasi bagi pemula bisa lewat pendanaan modal usaha. Memulai jenis investasi ini tidak hanya memberikan keuntungan yang layak dipertimbangkan, namun juga memberikan Anda kesempatan untuk membantu permodalan UMKM di Indonesia mengingat uang Anda akan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha.

Pendanaan modal usaha dengan platform Modalku sangat aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, hak-hak yang Anda miliki sebagai investor pastinya terlindungi. Anda bisa memperoleh bunga menarik hingga 17% per tahun dan berbagai keuntungan lain seperti risiko yang terkendali, proses online yang mudah, dan jumlah pendanaan yang terjangkau. Belajar investasi bagi pemula di Modalku pastinya sangat mudah dan menguntungkan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply