Raih Untung dengan Usaha Florist Bersama Pinjaman Dana Online

Siapa sangka banyak pinjaman dana online dialokasikan untuk usaha toko bunga? Kenyataannya, kita sering memerlukan karangan bunga untuk merayakan momen-momen tertentu, termasuk hari ulang tahun, perayaan pernikahan, wisuda, dan lain sebagainya. Belum lagi hari-hari penting seperti Valentine’s Day dan White Day saat permintaan buket bunga meroket.

Namun, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha florist tidak sedikit. Jangan khawatir, modal awal ini bisa Anda dapatkan melalui pinjaman dana online. Bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha florist, mari simak beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum terjun ke bisnis ini.

Prospek Bagus Usaha Florist

Masyarakat modern sekarang ini sangat sering menggunakan bunga untuk merayakan momen spesial atau sekadar memberi selamat kepada teman, keluarga, ataupun rekan bisnis. Hal ini berarti usaha florist memiliki prospek yang cukup bagus.

Momen-momen yang sering dimanfaatkan oleh toko bunga adalah Hari Valentine, pernikahan, wisuda, bahkan pemakaman. Saat-saat seperti ini, toko bunga akan dibanjiri oleh pesanan. Belum lagi momen yang personal seperti ulang tahun, kelahiran, atau ulang tahun pernikahan. Singkatnya, florist tidak akan sulit mencari pelanggan karena begitu banyak momen yang bisa dirayakan dengan karangan bunga cantik.

Baca juga: 5 Hobi yang Menghasilkan Uang Ini Bisa Jadi Prospek Bisnis Online Baru

Lokasi Sangat Berpengaruh

Lokasi merupakan faktor yang penting bagi bisnis apapun, apalagi untuk toko bunga. Jika Anda baru memulai bisnis ini, usahakan untuk mendapatkan lokasi yang strategis agar bisa menarik pelanggan yang lewat. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan kampus atau gedung pertemuan. Saat ada perayaan wisuda atau pernikahan, Anda bisa menjual bunga di lokasi wisuda langsung atau mendapat pesanan dari gedung pertemuan.

Siapkan Modal dengan Pinjaman Dana Online

Sebelum memulai bisnis apapun, tentunya Anda harus menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Modal awal inilah yang sering membuat pelaku usaha jadi ragu untuk membuka bisnis baru. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Dewasa ini banyak layanan pendanaan bagi pengusaha kecil yang ingin membuka usaha. Salah satunya adalah melalui pinjaman dana online.

Pinjaman dana online sudah menjadi alternatif pendanaan yang populer di kalangan masyarakat modern. Selain prosesnya yang tidak sulit, proses pengajuannya pun bisa dilakukan secara online. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari pinjaman dana online. Namun, Anda tidak boleh sembarang mengajukan pinjaman dana online, ya. Pastikan layanan pinjaman dana online yang Anda pilih sudah mendapat izin dari OJK.

Salah satu layanan pinjaman dana online yang terpercaya adalah Modalku. Pinjaman Modalku bebas agunan atau jaminan dengan tenor yang cukup panjang. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa kunjungi laman resmi Modalku.

Baca juga: 5 Tanda Bisnis Anda Membutuhkan Bantuan Modal Usaha

Pelajari Jenis-Jenis Bunga dan Cara Merangkainya

Mempunyai usaha toko bunga, tentu Anda juga harus mengenali berbagai jenis bunga. Dengan begitu, Anda jadi lebih paham jenis bunga mana yang sedang musim dan mana yang sedang susah dicari. Selain itu, Anda juga bisa menentukan perkiraan jangkauan pengiriman bunga ke klien, sehingga bunga akan tetap terlihat segar saat diantarkan.

Pemasukan terbesar toko bunga biasanya datang dari penjualan buket, karangan, dan papan bunga. Kisaran harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung jenis dan besar buket atau karangan yang dijual. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar belajar merangkainya. Cara merangkai bunga bisa Anda pelajari dari internet, buku ataupun kelas merangkai bunga.

Promosikan ke Orang Terdekat Dulu

Kesulitan utama saat membuka bisnis baru adalah mencari pelanggan. Oleh karena itu, Anda bisa mulai memasarkan produk Anda pada kerabat dan teman dekat. Misalnya, teman dekat yang akan mengadakan hajatan, teman kantor, atau tetangga. Dari orang-orang terdekat ini, niscaya bisnis Anda akan mulai dikenali. Jika Anda berhasil memberikan pelayanan yang memuaskan, kerabat dan teman dekat Anda juga akan membantu mempromosikan bisnis Anda ke orang di sekitar mereka.

Baca juga: Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

Cari Distributor yang Terpercaya dan Murah

Setelah menentukan sumber modal untuk toko bunga Anda, kini saatnya Anda mencari distributor terpercaya yang bisa memberikan harga yang bersahabat bagi Anda. Karena bisnis Anda masih baru, sangat penting bagi Anda untuk menemukan distributor yang bisa memberikan bunga dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang murah. Ketika Anda sudah menemukan distributor yang sesuai, Anda bisa menjadikannya sebagai mitra. Siapa tahu Anda bisa mendapat potongan harga di masa depan.

Demikianlah sedikit informasi bagi Anda yang sedang ingin membuka usaha toko bunga. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu bagi usaha Anda!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply