5 Hobi yang Menghasilkan Uang Ini Bisa Jadi Prospek Bisnis Online Baru

Memiliki pekerjaan yang bermula dari hobi pastinya sangat menyenangkan. Apalagi sekarang ini sudah banyak hobi yang menghasilkan uang agar bisa jadi prospek bisnis online baru. Sebut saja bisnis makanan, pakaian, desain grafis, hingga fotografi. Anda hanya perlu mengandalkan kemampuan pada hobi dan mengubahnya jadi peluang usaha menguntungkan. Namun, bagaimana cara memulainya? Simak ulasannya berikut ini

Lihat juga: “5 Peluang Bisnis Online di Tengah Masa New Normal”

Desain dan Melukis

Keahlian di bidang desain dan lukis tidak dimiliki semua orang. Anda akan sangat beruntung kalau memilikinya dan mampu menjadikannya sebagai hobi. Terlebih bila Anda jeli melihat prospek bisnis online dari hobi yang menghasilkan uang ini. Misalnya, dengan cara membuka open commission di media sosial atau bekerja sama dengan brand untuk membuatkan desain konten promosi mereka. 

Cara memulainya, Anda bisa membuat desain dan lukisan seunik mungkin agar bisa menarik minat konsumen. Berikan sentuhan yang menjadi ciri khas hasil desain Anda. Kemudian, apabila banyak yang tertarik jadikan karya yang telah dibuat sebagai portofolio untuk menggaet lebih banyak klien. 

Masak jadi Bisnis Online Kuliner

Bisnis kuliner jadi salah satu prospek bisnis online yang tak akan pernah padam. Sebab bagaimana pun juga, makanan adalah kebutuhan pokok yang akan terus dicari. Yang penting, Anda tahu kunci sukses bisnis kuliner. Nah, jika Anda memiliki hobi memasak, jangan sembunyikan hobi tersebut untuk diri sendiri. 

Jadikan hobi masak sebagai hobi yang menghasilkan uang. Caranya, pilih satu menu yang Anda kuasai dan sudah pasti membuatnya dengan konsistensi rasa yang tepat. Lalu, buka pre order untuk menu tersebut. Saat ada pesanan, Anda hanya tinggal membuatnya. 

Selain makanannya, bisnis kuliner juga membutuhkan strategi digital marketing yang efektif. Simak ulasannya di sini!

Gaming

Gaming dulunya dianggap sebagai hobi yang tidak ada manfaatnya. Aktivitas bermain game ini dinilai hanya membuang waktu dan uang saja. Namun sekarang, semuanya telah berubah. Gaming tidak lagi menjadi hobi yang tidak bermanfaat, melainkan sebagai hobi yang menghasilkan uang. Bagaimana caranya? 

Biasanya, gamers pemula tidak mau repot beli peralatan gaming yang sulit didapat dan harganya pun mahal. Dari sini, Anda bisa memanfaatkan peluang untuk membuka bisnis online berupa jual beli aksesori, item gaming, hingga akun game. Kalau sasaran konsumennya tepat, gamer berkocek tebal dan tidak mau repot mencari item gaming dari awal, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Satu lagi, Anda juga bisa menjadi YouTuber yang mengulas games terbaru atau mengunggah video playthrough. Selain itu, Anda juga bisa bergabung ke turnamen game dengan join team e-sports. Bila berhasil menang, Anda dan team berkesempatan untuk maju ke turnamen dunia dan meraup uang hingga ratusan juta rupiah.

Bermain Musik

Bermain musik selalu dianggap hobi mahal yang butuh banyak uang. Namun, hobi tersebut bisa jadi prospek bisnis online yang cukup menguntungkan. Misal, Anda membuka kursus musik dengan menyewakan perlengkapan yang sudah dimiliki. Orang yang berminat kursus tidak perlu membawa alat musik sendiri karena bisa menggunakan alat musik yang Anda miliki. Bisa juga membuka online shop yang khusus menjual perlengkapan alat-alat musik.  

Bisnis Online Fotografi

Fotografi juga menjadi hobi yang menghasilkan uang. Apalagi kalau Anda sudah andal dalam memilih obyek dan mencari angle foto yang tepat. Dengan didukung kemampuan editing yang mumpuni, hasil jepretan Anda bisa dijual di situs penyedia stok foto berbayar seperti ShutterStock, Getty Images, iStock Photo, dan lainnya. 

Namun, tentu saja supaya prospek bisnis online di bidang fotografi berjalan lancar, Anda harus selalu meningkatkan kemampuan dalam memotret dan mengedit. Sebab, agar pengguna stok foto berbayar ini tertarik menggunakan foto Anda, hasil jepretan harus stand-out dan dapat menangkap momen dengan tepat. 

Di era modern dan internet canggih, prospek bisnis online sangatlah terbuka lebar. Anda bisa menjadikan aktivitas kegemaran sebagai hobi yang menghasilkan uang. Kalau tekun dan bersungguh-sungguh, hasil pekerjaan yang diawali dari hobi akan mendatangkan untung. 

Namun, tentu saja setiap bisnis membutuhkan modal. Apalagi modal untuk bisnis gaming, fotografi, dan alat musik yang pastinya membutuhkan banyak dana. Belum lagi biaya perawatan perlengkapan fotografi dan alat musik. Butuh dana khusus pula untuk disiapkan.

Penambahan modal merupakan bahan bakar dalam strategi bisnis online. Anda bisa mendapat modal bisnis online mulai dari Rp 3 juta sampai dengan Rp 100 juta. Kembangkan usaha online Anda dengan pinjaman dari Modalku sekarang juga. Segera klik tombol di bawah ini:

Ajukan Pinjaman


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply