Teknik Sales Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Saat ini, masyarakat lebih tertarik untuk melakukan belanja online. Metode belanja online dianggap lebih efisien karena konsumen tidak perlu membuang waktu untuk sekadar pergi ke toko. Oleh karenanya, sekarang ini pun penjualan bisnis online meroket jauh daripada penjualan secara offline

Produsen atau penjual memanfaatkan berbagai platform e-commerce, website, blog, media sosial untuk mempromosikan produknya dengan cara teknik sales marketing. Teknik tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan. Seperti apa caranya? Simak ulasannya berikut ini! 

Melakukan teknik penjualan tentu perlu bujet dan modal tambahan. Modalku bisa menyediakannya. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman.

Ayo Pinjam Sekarang!

Buat Produk Semenarik Mungkin

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan bisnis online, maka visual produk yang menarik adalah sebuah kewajiban. Semakin menarik visual produk, akan semakin besar rasa penasaran konsumen untuk mencoba atau membeli. Saat konsumen sudah terpikat, Anda dapat meningkatkan jumlah penjualan. 

Jika Anda merasa kesulitan dalam mengambil foto produk untuk tampilan visualnya di katalog online, cobalah untuk menyewa jasa fotografer profesional dan desainer grafis. Tidak masalah merogoh budget untuk menghasilkan teknik sales marketing yang efektif. 

Jaga Komunikasi dengan Pembeli

Teknik sales marketing adalah bagaimana Anda menerapkan komunikasi efektif dan memikat. Berawal dari komunikasi, Anda bisa mendapatkan konsumen sekaligus penjualan produk. Caranya, balas chat pelanggan dengan ramah dan cepat. Jangan ragu menyertakan emotikon dalam balasan chat Anda kepada pelanggan. Untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anda dapat mengirimkan email marketing kepada konsumen jika ada promo atau launching produk terbaru.  

Beri Tester Produk atau Jasa

Memberikan tester produk kepada pelanggan akan meningkatkan persepsi mereka akan kepemilikan sebuah produk. Tujuan awalnya bukan untuk “meminta” konsumen membeli produk, namun memberikan pengalaman kepada konsumen bagaimana produk tersebut bekerja untuk mereka. Bila konsumen sudah merasakan bagaimana produk Anda membantu memudahkan urusan sehari-hari atau berpikir bahwa produk tersebut adalah yang dibutuhkan, maka konsumen tidak akan ragu untuk membeli. 

Contohnya perusahaan penyedia platform musik yang menawarkan gratis akun premium untuk satu bulan. Selama satu bulan, konsumen bisa uji coba bagaimana enaknya memiliki akun premium di platform musik, sehingga tidak diganggu oleh iklan dan bisa skip lagu. Ketika satu bulan tersebut habis dan konsumen sudah merasakan benefit akun premium, ia tidak akan ragu untuk membayar di bulan berikutnya. 

Permudah Proses Pembelian Barang

Salah satu daya pikat belanja online adalah kemudahan yang ditawarkan. Konsumen hanya perlu membuka e-commerce, media sosial, atau website untuk kemudian mencari barang yang diinginkan. Untuk pembayaran, konsumen pun akan dimudahkan dengan berbagai pilihan transaksi online melalui dompet digital, m-banking, kartu kredit, dan kartu debit. Setelahnya, konsumen tinggal menunggu barang datang. 

Nah, teknik sales marketing yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis online adalah mempermudah proses pembelian dan pengiriman. Berikan konsumen pengalaman belanja simple dengan pilihan metode transaksi beragam dan pengiriman yang dapat mereka pilih. Dengan begitu, pelanggan tidak akan ragu belanja di toko online Anda. 

Fokus pada Customer Service dan Promosi Online

Teknik sales marketing customer service adalah bagaimana Anda memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Perlakukan pelanggan maupun calon pelanggan pada level yang sama. Jangan sampai Anda meremehkan beberapa pelanggan dan mengunggulkan pelanggan lainnya. Anda harus bersikap adil terhadap semua pelanggan agar mereka loyal terhadap produk. 

Lalu, jangan lupakan pula promosi online untuk mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki dan menggaet calon pelanggan lainnya. Untuk masalah promosi online, Anda dapat melakukannya dengan beragam cara seperti diskon / potongan harga, gratis biaya kirim, cashback, flash sale, dan lainnya.  

Teknik sales marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis online sebenarnya adalah bagaimana Anda berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen. Mulai dari visual produk menarik, menjaga komunikasi dengan pelanggan, menawarkan tester, mempermudah pembelian barang, hingga promosi online. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply