Trik Event Marketing untuk Memperkenalkan Produk Bisnis Online

Event marketing memang ditujukan sebagai cara memperkenalkan produk secara offline. Meskipun kini banyak brand yang mulai beralih ke media pemasaran online, namun tidak sedikit juga yang tetap mengandalkan konsep event marketing ketika ingin merilis produk baru mereka. Tidak bisa dipungkiri juga kalau konsep event marketing ini tergolong efektif dalam meningkatkan pamor sebuah brand.

Manfaat dari Event Marketing

Ketika brand Anda menjalankan event marketing, maka secara langsung Anda mengundang para calon konsumen untuk berinteraksi langsung dengan brand sekaligus produk atau jasa yang ditawarkan. Melalui interaksi ini pula, para calon konsumen bisa lebih memahami value dari sebuah brand, intensi dari mengapa brand tersebut dibuat, dan akhirnya semakin mempererat relatability dari brand Anda.

Sementara itu, brand yang lebih sering aktif menggelar atau bergabung ke sebuah pameran akan lebih mudah dikenal, baik oleh calon konsumen maupun konsumen yang sudah ada. Saat seorang pembeli sedang memilih produk di pasar swayalan, misalnya, mereka tentunya akan memilih produk dari brand yang sudah familiar di mata mereka.

Lihat juga: “Apa itu pemasaran Word of Mouth dan Cara Penerapannya di Bisnis Online?”

Jenis-jenis Event Marketing

Event marketing tidak hanya sekadar pameran saja, ada banyak sekali jenis acara yang bisa dimasukkan ke dalam kategori event marketing. Bahkan acara seperti festival musik atau konser pun bisa dikategorikan sebagai event marketing dari para brand sponsor.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, salah satu cara memperkenalkan produk yang tengah populer adalah dengan menyelenggarakan webinar. Webinar ini serupa dengan talkshow dan seminar namun dilakukan sepenuhnya secara online, sehingga bisa dihadiri oleh peserta dimanapun mereka berada. 

Kemudian, ada juga konferensi yang bertujuan untuk mendidik peserta, misalnya konferensi untuk brand produk makanan organik yang membawakan topik seputar pencemaran lingkungan. Selanjutnya, ada pula workshop yang skalanya lebih kecil dibanding konferensi. Contoh workshop paling umum adalah makeup class yang digelar oleh brand kecantikan. Workshop menghadirkan pakar ahli di bidangnya yang akan mengajarkan keahlian baru ke para peserta.

Sementara bagi brand B2B, biasanya lebih memilih untuk menggelar klien event marketing, yang mana tema acara dirancang sepenuhnya sesuai dengan profil klien. Hanya orang yang mendapatkan undangan saja yang boleh menghadiri acara ini. Terakhir dan yang paling sering digelar di tempat publik adalah tradeshows

Setiap acara yang ditujukan cara memperkenalkan produk masuk ke dalam kategori tradeshows. Brand akan mengundang investor, pelanggan setia, influencers atau bintang tamu ternama, dan media pers. Masyarakat umum yang kebetulan lewat juga dipersilakan untuk mengikuti acara ini. 

Cara Menggelar Event Marketing yang Sukses

Sama seperti strategi marketing lainnya, menggelar event marketing jelas membutuhkan persiapan matang dan modal yang tidak sedikit juga. Terlebih lagi ketika Anda ingin menghadirkan experience terbaik bagi peserta, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. 

  1. Brainstorming untuk perencanaan awal

Bisa dikatakan bahwa ini adalah tahap terpenting ketika Anda ingin menggelar event marketing. Semuanya dimulai dengan memikirkan tema acara, target peserta, lokasi, waktu, rundown acara, pembicara atau bintang tamu, dan anggaran. Semua ini terangkum dalam proposal acara.

Dalam anggaran, Anda bisa memasukkan biaya sewa tempat, konstruksi stand, konsumsi untuk panitia dan/atau peserta, souvenir, dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda persiapkan dengan detail agar nantinya Anda tidak dipusingkan lagi dengan persiapan awal ketika mendekati hari H.

  1. Promosi acara

Event marketing yang akan Anda gelar sudah rampung direncanakan, kini saatnya Anda mempromosikannya. Di era modern ini, cara tercepat dan termurah untuk mempromosikan acara Anda adalah melalui platform media sosial. Sangat disarankan untuk memiliki akses RSVP agar Anda dan panitia lainnya bisa dengan mudah memperkirakan jumlah peserta yang akan datang.

Jika jumlah peserta yang sudah melakukan RSVP ternyata sedikit, maka saatnya bagi Anda untuk semakin gencar mempromosikannya. Mulai dari menyebarkan flyer, memasang poster atau baliho, iklan di TV atau radio, sampai iklan berbayar di internet.

  1. Persiapan sebelum hari H

Banyak hal yang bisa terjadi sebelum hari H. Maka dari itu, Anda harus selalu siaga dan memastikan segala hal terkait event marketing sudah terurus dengan baik jauh-jauh hari. Waktunya bagi Anda untuk mengkonfirmasi desain acara sudah rampung atau belum, melunasi tagihan event marketing, mengambil souvenir pesanan, dan persiapan-persiapan akhir lainnya.

Setelahnya, tinggal melaksanakan event marketing sesuai dengan rundown yang sudah dibuat. Pastikan saja acara berjalan sesuai dengan perencanaan yang dilakukan. Tidak masalah jika ada sedikit modifikasi saat acara berlangsung, asalkan Anda dan panitia acara mampu dengan sigap beradaptasi

Ingin mengimplementasikan event marketing bagi bisnis online Anda? Tentu bisa! Anggaran tidak perlu jadi beban pikiran Anda, gunakan saja fasilitas pinjaman online dari Modalku untuk menggelar event marketing demi mempromosikan brand usaha online Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply